Bursa Calon Walikota Palopo Tahun 2024

Calon Walikota Palopo
Bursa Calon Walikota Palopo (Source: Pixabay.com)

Masa jabatan Walikota Palopo dan Wakil Walikota Palopo 2018-2023 yaitu: HM. Judas Amir dan Rahmat Masri Bandaso telah berakhir. Kota Palopo kini dipimpin oleh Arsul Sani sebagai Pj. Walikota Palopo. Akhir-akhir ini masyarakat Kota Palopo sedang ramai membahas nama-nama yang masuk bursa Calon Walikota Palopo pada Pilkada Tahun 2024.

Beberapa nama muncul dalam bursa Calon Walikota, ada nama lama dan ada nama baru. Berikut beberapa nama yang diisukan masuk dalam bursa Calon Walikota Palopo pada Pilkada atau Pilwalkot 2024.

1. Rahmat Masri Bandaso (RMB)

Rahmat Masri Bandaso
Rahmat Masri Bandaso

RMB sapaan akrab Rahmat Masri Bandaso yang merupakan mantan Wakil Walikota Palopo pada dua periode berbeda kepemimpinan Walikota Palopo. RMB pernah menjadi Wakil Walikota Palopo periode 2008-2013 dibawah kepemimpinan H.P.A Tenriadjeng.

Bacaan Lainnya
DONASI

Pada Pilwalkot Palopo tahun 2013, RMB maju sebagai Calon Walikota Palopo berpasangan Irwan Hamid namun tidak terpilih. Lima tahun tanpa panggung politik, ia kemudian dilamar oleh HM. Judas Amir yang kemudian mengantarnya terpilih menjadi Wakil Walikota Palopo periode 2018-2023.

Saat ini RMB hampir dipastikan maju menjadi Calon Walikota Palopo pada Pilkada 2024. Apalagi hampir dipastikan ia memperoleh rekomendasi Partai Golkar yang ia pimpin yang juga punya peluang kembali memenangkan pemilu 2024. Saat ini Partai Golkar merupakan pemenang pemilu tahun 2019 di Palopo yang menempatkan salah satu kadernya menjadi Ketua DPRD Palopo.

RMB dipastikan maju pada Pilwalkot Palopo 2024 ditandai dengan mulai terpasangnya Baliho RMB Walikotaku di berbagai tempat di Kota Palopo.

2. Akhmad Syarifuddin Daud (Ome)

Ome
Akhmad Syarifuddin Daud (Ome). (Sumber: Tribunnews)

Ome sapaan akrab Akhmad Syarifuddin Daud merupakan mantan Walikota Palopo periode 2013-2018 pendamping HM Judas Amir. Pada Pilwalkot 2018 ia maju bertarung menghadapi mantan pasangannya HM Judas Amir, namun ia gagal terpilih.

Saat ini, Ome menjabat sebagai Dewan Pengawas BPJS pusat. Ome diperkirakan maju lagi pada Pilkada Palopo 2024.

3. Haidir Basir (HB)

HB
Haidir Basir. (Sumber: Tribun-Timur.com)

HB atau Haidir Basir merupakan mantan birokrat yang saat ini menjadi Ketua DPD PPP Kota Palopo. Pada tahun 2013, HB maju sebagai Calon Walikota Palopo berpasangan dengan dr. Thamrin Jufri. Namun ia gagal terpilih pada putaran kedua berhadapan dengan Judas Amir.

Saat ini, Haidir Basir diprediksi maju sebagai Calon Walikota Palopo pada Pilwalkot 2024. HB memberi sinyal dengan berbagai alat peraga sosialisasinya.

4. Farid Kasim Judas (FKJ)

FKJ
Farid Kasim Judas. (Sumber: Ideatimes)

FKJ atau Farid Kasim Judas merupakan anak angkat dari HM Judas Amir (Walikota Palopo 2013-2018 dan 2018-2023). Saat ini ia merupakan birokrat yang menjabat beberapa jabatan strategis di Kota Palopo selama 10 tahun terakhir. Informasi terbaru, ia sedang proses mengundurkan diri dari ASN.

Farid Kasim Judas diprediksi maju sebagai Calon Walikota Palopo pada Pilkada 2024.

5. Budi Sada

Budi Sada
Budi Sada (Sumber: Tribun-Timur.com)

Budi Sada merupakan mantan birokrat yang setelah pensiun terjun ke politik. Ia pernah maju mendampingi Ome (Akhmad Syarifuddin Daud) pada Pilwalkot 2018 namun tidak terpilih.

Saat ini ia merupakan Ketua Partai Gelora Palopo. Ia diprediksi maju pada Pilkada Palopo 2024.

6. Rahmat Al Kafi (Kafi)

Rahmat Al Kafi
Rahmat Al Kafi

Kafi atau Rahmat Al Kafi merupakan mantan Ketua Umum Pengurus Besar IKAMI Sulsel Periode 2020-2022. Ia merupakan aktivis yang merantau ke Malang lalu kemudian ke Jakarta. Saat ini ia menggagas Gerakan AMPO atau Gerakan Anak Muda Palopo. Ia disepakati menjadi Ketua Umum Gerakan AMPO oleh pendiri gerakan.

Selain sebagai aktivis ia juga berbisnis di bidang media. Ia menjadi Founder beberapa media di Indonesia, antara lain: WijaToLuwu.com, PemiluNews.com, SiswaIndonesia.id, Media Mahasiswa Indonesia dan MajalahSepakbola.com

Ia didorong maju sebagai Calon Walikota atau Calon Wakil Walikota Palopo pada Pilkada 2024 mewakili anak muda untuk bersaing dengan nama-nama besar lainnya.

7. Kamal Dakka

Kamal Dakka
Kamal Dakka. (Sumber: Ideatimes)

Kamal Dakka dikenal sebagai pengusaha dalam berbagai bidang. Ia diisukan maju pada Pilkada Palopo 2024.

Tanggung Jawab seorang Walikota Palopo

Seorang walikota Palopo memiliki tanggung jawab besar terhadap kesejahteraan dan perkembangan kota. Berikut adalah beberapa hal yang seorang walikota harus lakukan:

a. Pengelola Anggaran

Walikota harus mengelola anggaran dengan bijak dan transparan. Ia harus mampun meningkatkan PAD agar dapat berinovasi banyak dengan tersedianya anggaran. Walikota harus memastikan alokasi anggaran untuk berbagai sektor seperti pendidikan, kesehatan, infrastruktur, dan keamanan.

b. Pembangunan Infrastruktur:

Serang walikota wajib merencanakan dan melaksanakan proyek-proyek infrastruktur yang mendukung pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat. Selain itu harus bisa menjaga dan memperbarui infrastruktur yang sudah ada.

c. Pendidikan dan Kesehatan

Kepala Daerah harus memastikan pelayanan dan fasilitas pendidikan yang berkualitas serta menyediakan pelayanan kesehata yang baik, terjangkau bahkan gratis kepada masyarakat.

d. Pengembangan Ekonomi

Kepala daerah harus mampu meranca merancang kebijakan untuk peningkatan investasi dan penyediaan lapangan kerja. Selain itu, ia juga harus mendukung perkembangan sektor usaha kecil dan menengah.

e. Keamanan dan Ketertiban

Seorang Walikota harus bekerjasama dengan aparat keamanan untuk menjaga ketertiban dan keamanan kota. Selain itu wajib mengembangkan program-program pencegahan kejahatan.

f. Pelestarian Lingkungan

Hal yang harus diperhatikan juga oleh Calon Walikota adalah melakukan kebijakan dan program yang harus mendukung upaya-upaya pelestarian lingkungan. Hal ini dapat mencegah terjadinya bencana banjir dan bencana alam lainnya. Selain itu, wajib juga untuk menjga kebersihan kota dari sampah dan limbah.

g. Partisipasi Masyarakat

Seorang pemimpin tidak boleh bekerja sendiri. Walikota harus mendorong partisipasi aktif warga dalam proses pengambilan keputusan, membuka pintu kritik dan aktif melakukan musyawarah dengan masyarakat untuk menampung aspirasi mereka.

h. Pengelolaan Transportasi dan Mobilitas

Pengelolaan transportasi merupakan salah satu hal penting yang harus dikerjakan oleh seorang Walikota. Penataan transportasi publik dan pribadi harus menjadi agenda penting. Selain itu, harus disediakan jalur jalan kaki dan sepeda yang cukup.

i. Inovasi Teknologi

Seorang walikota selayaknya memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan layanan publik dan efisiensi administrasi. Selain itu, ia harus mendorong perkembangan teknologi yang mendukung pertumbuhan ekonomi.

j. Hubungan Antarpemerintah

Tidak kalah penting adalah seorang walikota wajib nmenjaga hubungan antar pemeritah baik hubungan dengan pemerintah pusat atau sesama pemerintah daerah.

k. Tanggapan Krisis

Pada situasi krisis, seorang walikota harus mampu menghadapi situasi-situasi kritis dan mampu melakukan penyelesaian pasca krisis.

l. Etika Kepemimpinan

Bagian paling penting dan akhir adalah menjaga etika kepemimpinan. Seorang Walikota harus menunjukkan integritas dan etika kepemimpinan yang tinggi. Ia harus mampu berkomunikasi secara efektif dengan warga dan pihak-pihak terkait.

Seorang walikota harus memiliki visi jangka panjang untuk memastikan pertumbuhan yang berkelanjutan dan peningkatan kualitas hidup bagi warga kota. Selain itu, keterlibatan dan kerja sama dengan masyarakat dan pihak terkait lainnya sangat penting untuk mencapai tujuan bersama.

Pos terkait

Kirim Artikel Opini, Karya Ilmiah, Karya Sastra atau Rilis Berita ke Media Mahasiswa Indonesia
melalui WhatsApp (WA): 0822-1088-8201
Ketentuan dan Kriteria Artikel, baca di SINI