Fitur Tik-Tok sebagai Media Esensial Bisnis “The Power of Tik-Tok untuk Bisnis yang Powerful”

Setiap bisnis yang berjalan tentu memiliki tujuan utama berupa provit sebagai keuntungan bisnis mereka, sedari dulu hingga kini media pendukung untuk menjembatani sebuah bisnis terdiri dari metode tradisional hingga modern.

saat ini, dunia industri 4.0 menuntut kita untuk jauh lebih kreatif dalam manjalankan strategi bisnis ditambah lagi dengan kondisi saat pandemi yang membatasi ruang gerak kita dalam menjalankan bisnis. Bisnis yang gemilang harus diimbangi dengan strategi promosi yang matang.

Saat ini, pebisnis mempunyai peluang yang lebih besar untuk mempromosikan bisnisnya ke target pasar yang tepat dengan cara yang efektif. Tik-Tok adalah jawabannya.

Bacaan Lainnya
DONASI

Baca Juga: TikTok Mengandung Konten Negatif? Yakin?

Aplikasi Tik-Tok yang masuk di Indonesia pada tahun 2017, pada mula nya hanya dikenal sebagai media enterteiment atau hiburan semata, semakin hari menjadi sebuah platform yang tak disangka menjadi peluang baik untuk menjalankan sebuah bisnis.

Menurut Bogor.suaracom dalam artikelnya menjelaskan bahwa Tik-Tok memiliki kenaikan di tahun 2020  didukung dengan adanya pandemi COVID-19 juga menjadi faktor utama di mana pelaku bisnis dituntut untuk kreatif dalam menjalankan bisnis mereka dari rumah.

Tik-Tok menjadi media yang sangat tepat untuk mempromosikan bisnis, dilihat dari pengguna Tik-Tok yang semakin hari semakin tinggi, Tik-Tok juga menjadi aplikasi yang berbeda dari aplikasi lainnya yang berfokus menampilkan konten berupa video.

Di mana durasi yang mereka miliki jauh lebih lama dari pada konten snap video yang ada di Instagram, sehingga bisnis dengan jenis apapun akan lebih detail dan mudah dalam menjalankan bisnis mereka melalui Tik-Tok.

Saat ini Tik-Tok sudah dimasuki oleh beberapa influencer, sehingga untuk melakukan endorsement kepada para influencer ini bisa dilakukan di aplikasi Tik-Tok. Selayaknya seorang influencer tentu mereka memiliki  fansbase yang tentunya akan mengikuti influencer dan membawa mereka kedalam Tik-Tok.

Baca Juga: Pentingnya Keluar dari Zona Nyaman Bagi Remaja yang Kecanduan Scroll Tiktok

Kelebihan lain dari fitur Tik-Tok lainnya yaitu memfasilitasi para pelaku bisnis dengan fitur mereka seperti Tik-Tok Shop untuk mempermudah pengguna Tik-Tok berbelanja, strategi Tik-Tok dalam menarik penggunanya dalam aplikasi mereka yaitu memberikan diskon untuk para pengguna yang melakukan transaksi dengan aplikasi mereka.

Tentu saja hal ini berhasil pemikat para pengguna aplikasi ini karena diskon yang mereka berikan tergolong cukup besar. Tik-Tok juga memanfaatkan budaya orang-orang yang menjadikan Tik-Tok sendiri sebagai media hiburan di waktu kosong.

Tentunya ini merupakan kesempatan yang empuk untuk pelaku bisnis menyelipkan bisnis mereka agar meningkatkan awareness pengguna Tik-Tok terhadap bisnis yang kita jalani. Kelebihan lain dari aplikasi Tik-Tok, mereka bisa mendeteksi konten yang selalu ditonton penggunanya.

Seperti contoh A suka melihat konten berupa fashion, Tik-Tok bisa membaca kebiasaan tersebut dan akan selalu menampilkan konten berupa fashion untuk si A. sehingga pelaku bisnis berupa fashion juga akan sering dimunculkan dalam beranda si A.

Dalam hal ini Tik-Tok mempermudah pelaku bisnis untuk mengenali target pasar mereka. Adanya fitur Live Streaming juga memudahkan pengguna Tik-Tok mengetahui kondisi barang secara nyata dan 4 dimensi, di mana calon konsumen dapat langsung berkomentar dan langsung tersampaikan kepada pelaku bisnis.

Terakhir, selain Tik-Tok menjadi aplikasi yang mudah dalam mempromosikan bisnis, tentunya kelebihan lainnya pelaku bisnis tidak dipungut biaya apapun dalam melakukan kegiatan promosi mereka, baik itu mengunggah video, maupun live streaming.

Dengan aplikasi yang sudah tersedia, pelaku bisnis hanya perlu mengasah lebih dalam strategi kreatif dalam berbisnis untuk mendapatkan keuntungan dan peluang yang lebih besar, jadi tunggu apalagi? Mari berbisnis dengan cerdas!

Penulis: Novi Putri
Mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi BINUS Malang

Editor: Ika Ayuni Lestari

Kirim Artikel

Pos terkait

Kirim Artikel Opini, Karya Ilmiah, Karya Sastra atau Rilis Berita ke Media Mahasiswa Indonesia
melalui WhatsApp (WA): 0822-1088-8201
Ketentuan dan Kriteria Artikel, baca di SINI