Sistem Pengendalian Manajemen terhadap Usaha Online Shop Fashion

pict from Pixabay.

Bagaimana Sistem Pengendalian Manajemen terhadap Para Usaha Online shop?

Berikut ini saya akan menjelaskan tentang sistem pengendalian manajemen terhadap usaha online shop.

Perusahaan Online shop tersebut merupakan tempat saya bekerja dan tugas ini saya buat untuk memenuhi kebutuhan nilai tugas SPM.

Saat ini dunia berada di era 4.0 dan era digitalisasi terutama digitalisasi marketing yang melahirkan perusahaan perintis, startup, ecacorn, unicorn, decacorn, seperti Amazon, Alibaba yang menguasai pasar dunia dengan digitalisasi marketingnya melalui konsumen dengan hanya sentuhan layar smart gadget tanpa  bertemu langsung dengan konsumen, sistem penjualan online sudah mulai berkembang selama 5 tahun terakhir.

Bacaan Lainnya
DONASI

Baca Juga: Digital Marketing Menurut Para Ahli dan Manfaatnya bagi Pelaku Bisnis

Digital marketing merupakan pemasaran yang menggunakan platform yang ada di internet dalam melakukan kegiatan menjangkau para target konsumen, selain itu digital marketing bisa juga disebut sebagai “pemasaran–i, web marketing, online marketing, atau e–marketing atau e–commerce adalah pemasaran produk atau jasa melalui internet” (Hermawan, 2012).

Perubahan cara pemasaran ini memaksa semua perusahaan mengubah sistem penjualan dari sistem konvensional dengan menunggu konsumen datang melakukan transaksi di tempat ke penjualan online dengan sistem jemput bola dengan cara melakukan penawaran barang lewat media sosial seperti Facebook, Instagram, Whatsapp, dan membuat website perusahaan.

Digitalisasi marketing terus berkembang dan diminati oleh para konsumen karena shopping hanya dengan sentuh jempol pada smart gadget, pesan, bayar barang datang tanpa ribet.

Salah satu di antaranya yaitu internet sebagai Advertising Tool yang memiliki tujuan untuk mempromosikan dan menjual produk menggunakan iklan melalui internet dengan media sosial yang telah berkembang untuk melakukan kegiatan jual beli serta memberikan informasi suatu brand yang biasa disebut E-commerce (Arifin, 2003).

Karena hal inilah semua perusahaan mengubah sistem marketingnya ke penjualan online agar lebih dekat dengan konsumennya dan sistem penjualan tersebut telah dilakukan oleh Berqa Project Official.

Sistem penjualannya yaitu dengan cara mengiklankan produk melalui sosial media seperti Facebook dan Tiktok, untuk menarik pembeli dengan memberikan informasi-informasi dan manfaat produk dengan membuat foto atau video yang menarik sehingga konsumen mau untuk mengklik iklan kemudian akan langsung terhubung ke whatsapp.

Disinilah customer service dituntut untuk mampu berinteraksi atau menawarkan produk yang dijual dan meyakinkan konsumen dengan menjelaskan keunggulan dari produk tersebut sehingga konsumen tertarik untuk membelinya.

Baca Juga: Digital Marketing sebagai Upaya Menarik Konsumen Saat Lockdown di Era Pandemi Covid-19, Bagaimana Caranya?

Apa yang Kamu Ketahui tentang Kompensasi Manajemen

Cahayani (2005:77-78) mengemukakan, ”Manajemen kompensasi adalah proses pengembangan dan penerapan strategi, kebijakan, serta sistem kompensasi yang membantu organisasi untuk mencapai sasarannya dengan mendapatkan dan mempertahankan orang yang diperlukan dan dengan meningkatkan motivasi serta komitmen mereka.”

Di dalam perusahaan online shop, kompensasi memiliki pengaruh yang besar dalam menjalankan suatu organisasi atau perusahaan. Dengan adanya kompensasi, setiap individu menjadi terpacu dalam melaksanakan pekerjaan yang terbaik untuk perusahaan.

Termasuk makin tinggi tingkat tanggung jawab, tugas, dan pengawasan maka makin tinggi juga kompensasi yang diterimanya. Perusahaan online shop ini sering menghadapi masalah dalam memotivasi orang-orang yang bekerja di organisasi sehingga mereka mencapai tujuan pemangku kepentingan atau memaksimalkan keuntungan.

Kepemimpinan organisasi ingin mencapai tujuan para pemangku kepentingannya, jika tujuan individu mereka juga tercapai. Salah satu tujuan  bekerja dalam perusahaan online shop adalah untuk memperoleh kompensasi atau balas jasa.

Balas jasa yang diberi perusahaan online shop baju adalah gaji dan tunjangan yang diberikan pada para karyawan. Selain menerima uang di dalam perusahaan online shop juga memiliki bonus berupa hadiah baju.

Di samping gaji, perusahaan online shop memberi bonus karena beberapa alasan, pertama, bonus itu sendiri dapat meningkatkan kinerja perusahaan. Kedua, bonus merupakan sarana untuk menjaga agar karyawan yang baik tidak akan pindah ke perusahaan lain.

Baca Juga: Digital Marketing menjadi Solusi bagi Pebisnis di Masa Pandemi

Terakhir adalah pemilik perusahaan yang mengatur bonus dan menentukan kompensasi yang diberikan kepada karyawan. Dalam bekerja di perusahaan online shop juga memiliki denda. Denda dalam perusahaan online shop itu bermacam-macam, ada barang yang dikirim seharusnya sesuai tetapi kurang maka kompensasinya untuk membayar ongkir yang akan dikirim lagi kepada pihak konsumen.

Adapula jika tidak masuk kerja sehari makan uang transport dan uang makan itu dihitung hanya saat pekerja itu masuk kerja.

Denda tersebut memang dilakukan terhadap pelanggaran yang dilakukan oleh karyawan karena sengaja atau kelalaian dalam bekerja. Maka, denda itu diperlukan sebagai tanggung jawab dari kelalaian atau sengaja bekerja. Agar para pekerja tersebut lebih hati-hati dan teliti dalam bekerja.

Di dalam usaha online shop tempat saya bekerja juga memiliki penyusunan penganggaran dalam sistem pengendalian manajemen perusahaan.

Pada dasarnya, anggaran yang bermakna dan realistis tidak hanya membantu memperkuat kolaborasi karyawan, memperjelas kebijakan, dan mengimplementasikan rencana, tetapi juga kolaborasi yang lebih baik di dalam perusahaan dan tujuan antara manajer dan bawahannya, tetapi juga membantu menciptakan keharmonisan.

Dari pengertian, anggaran (budget) merupakan rencana tertulis mengenai kegiatan suatu organisasi yang dinyatakan secara kuantitatif untuk jangka waktu tertentu dan dinyatakan dalam satuan uang, tetapi dapat juga dinyatakan dalam satuan barang/ jasa.

Dengan adanya anggaran, pemilik perusahaan dapat mengarahkan jalannya kondisi perusahaan. Tanpa anggaran, dalam jangka pendek perusahaan akan berjalan tanpa arah, dengan pengorbanan sumber daya yang tidak terkendali.

Baca Juga: Peluang Bisnis di Era Digital

Lalu, Apa Hubungan Anggaran dengan Perencanaan Strategis Perusahaan Online Shop Fashion Ini?

Hubungan Anggaran dengan perencanaan strategis sendiri adalah perencanaan strategis dan anggaran menyangkut tentang proses tentang proses perencanaan. Perbedaannya terletak pada prosesnya, di mana anggaran berfokus pada satu tahun, tetapi proses perencanaan strategis memakan waktu lebih dari satu tahun, biasanya lima tahun.

di dalam perusahaan online shop sendiri memiliki perencanaan anggaran. Perencanaan anggaran apa yang dilakukan perusahaan online shop tempat saya bekerja? Perencanaan anggaran yang dilakukan antara lain dengan anggaran biaya, anggaran pendapatan, dan anggaran laba.

Anggaran biaya yang dilakukan perusahaan online shop dengan menyusun anggaran tanggung jawab untuk membelanjakan keperluan penjualan maupun packing-an. Biasanya membeli barang untuk jualan cukup banyak.

Dikarenakan di beberapa barang ada yang dibeli oleh customer dengan jumlah yang cukup banyak setiap harinya. Selain untuk membeli keperluan penjualan dan packing-an. Ada juga untuk keperluan membayar ongkos kirim barang belanjaan yang di beli menggunakan jasa sameday di aplikasi ojek online.

Menyusun anggaran tersebut harus sesuai dengan jumlah yang diperlukan dan ditetapkan untuk mengukur keefisienan atau tidak efisien barang tersebut. Selain keperluan penjualan anggaran juga memiliki anggaran yang ditetapkan setiap bulan.

Anggaran biaya terukur ini biasanya digunakan untuk membayar tenaga kerja langsung dengan sesuai jumlah tenaga kerja yang dikeluarkan. Adapula untuk membayar aplikasi keuangan yaitu jurnal setiap enam bulan sekali.

Baca Juga: Lebih Baik Branding atau Marketing pada Saat Memulai Bisnis?

Di dalam anggaran pendapatan terdiri atas penjualan barang fashion yang terjual di marketplace. Anggaran pendapatan ini paling penting daripada anggaran biaya maupun anggaran laba. Karena anggaran pendapatan mengandung elemen ketidakpastian paling besar.

Selain itu, adanya anggaran laba. Anggaran laba sendiri dilakukan setiap setahun sekali. Anggaran laba ini dilakukan review untuk kinerja keuangan perusahaaan apakah perusahaan tersebut laba atau rugi.

Jika laba perusahaan mengharapkan untuk tahun mendatang laba lebih tinggi daripada tahun yang dilakukan riview dan melakukan tindakan tertentu apabila perusahaan tersebut tidak mengalami laba yang memuaskan.

Dengan hal ini, Pekerja memiliki peran penting dalam merencanakan dan mengoordinasikan dalam kegiatan perusahaan online shop ini. Berdasarkan penjelasan paragraf di atas, sistem pengendalian manajemen oleh Berqa Project Official sudah cukup baik.

Penulis: Nurmiati (191011201945)
Mahasiswa Program Studi Akuntansi S1 Fakultas Ekonomi Universitas Pamulang Tangerang Selatan

Dosen Pengampu: Rifkhan S.Pt., M.M., M.Si

Editor: Ika Ayuni Lestari

Kirim Artikel

Pos terkait

Kirim Artikel Opini, Karya Ilmiah, Karya Sastra atau Rilis Berita ke Media Mahasiswa Indonesia
melalui WhatsApp (WA): 0822-1088-8201
Ketentuan dan Kriteria Artikel, baca di SINI