Komunikasi Internal Salah Satu Kunci Tingkatkan Produktivitas Kerja Karyawan

Komunikasi Internal Salah Satu Kunci Tingkatkan Produktivitas Kerja Karyawan
Sumber: Dokumentasi Penulis

Salah satu mahasiswa Psikologi Universitas Negeri Malang (UM) melakukan penelitian di salah satu perusahaan di Jawa Timur yang bergerak di bidang penyediaan layanan jaringan.

Penelitian yang mendapatkan dukungan dari dana hibah Universitas Negeri Malang (UM) ini merupakan bagian dari program akademik dan bertujuan memberikan wawasan serta pertimbangan perbaikan di lingkungan perusahaan.

Penelitian yang dilakukan oleh Zidni Ilma Nafi’ah di bawah bimbingan dosen Khasdyah Dwi Dewi Setyoningtias, S.Psi., M.A, membahas mengenai komunikasi internal dan produktivitas kerja karyawan yang ada di perusahaan.

Bacaan Lainnya

Salah satu hal yang melatarbelakangi dilakukannya penelitian ini yaitu adanya fenomena-fenomena terkait produktivitas dan kinerja di perusahaan serta adanya pendapat yang menyatakan bahwa produktivitas kerja yang maksimal dari karyawan atau anggota perusahaan dapat membuat perusahaan lebih berkembang dan membantu perusahaan dalam bersaing dengan perusahaan lainnya (Savitri, 2023).

Tak hanya itu, adanya istilah yang disebutkan Bayley & Barrett dalam Pramana (2018), bahwa komunikasi sebagai lifeblood of an organization inilah yang menjadi acuan bagi peneliti untuk melakukan penelitian terkait topik ini.

Baca Juga: Webinar “Find Your Passion, Prepare Your Career” oleh Mahasiswa Psikologi Universitas Negeri Malang untuk Membantu Mempersiapkan Karier Anak Muda

Pelaksanaan penelitian ini sebelumnya juga sudah disetujui dan diizinkan oleh pihak perusahaan khususnya dari pihak regional, sehingga pihak peneliti dapat melakukan penelitian dari berbagai area yang dibawahi oleh perusahaan.

Penelitian dilakukan dengan dua metode yaitu secara online dengan mengisi kuesioner online yang sebelumnya disebarkan oleh pihak regional perusahaan ke berbagai area yang dinaunginya dan secara offline dengan mengisi kuesioner manual di hard file yang disediakan oleh peneliti secara langsung.

Kuesioner yang dibagikan untuk pengumpulan data penelitian ini yaitu kuesioner tertutup, sehingga tidak butuh waktu lama ataupun dikhawatirkan dapat mengganggu pekerjaan karyawan dalam pengerjaannya.

Temuan penelitian yang diperoleh, menyebutkan bahwa adanya pengaruh komunikasi internal terhadap produktivitas kerja karyawan di perusahaan.

Hal ini menunjukkan bahwa salah satu kunci untuk meningkatkan produktivitas karyawan, yaitu komunikasi internal yang efektif. Dengan meningkatkan kualitas komunikasi internal dapat menciptakan lingkungan kerja yang produktif dan menyenangkan bagi seluruh karyawan.

Apalagi melihat tantangan yang dihadapi perusahaan yaitu letak geografis beberapa area yang dinaungi perusahaan lumayan jauh atau dapat dikatakan berbeda pulau. Tentunya sangat penting bagi perusahaan untuk memaksimalkan dan meningkatkan kualitas komunikasi yang ada di internal perusahaan guna meningkatkan produktivitas kerja karyawan.

Zidni selaku peneliti mengaku melalui penelitian ini, Ia berharap temuan penelitian dapat membantu perusahaan dalam mengelola sumber daya manusia (SDM), menjadi referensi atau pertimbangan perusahaan khususnya dalam hal komunikasi internal dan produktivitas kerja karyawan.

 

Penulis: Zidni Ilma Nafi’ah
Dosen Pembimbing: Khasdyah Dwi Dewi Setyoningtias, S.Psi., M.A
Mahasiswa Jurusan Psikologi, Universitas Negeri Malang

 

Editor: I. Khairunnisa

Bahasa: Rahmat Al Kafi

 

Ikuti berita terbaru Media Mahasiswa Indonesia di Google News

Kirim Artikel

Pos terkait

Kirim Artikel Opini, Karya Ilmiah, Karya Sastra atau Rilis Berita ke Media Mahasiswa Indonesia
melalui WhatsApp (WA): 0822-1088-8201
Ketentuan dan Kriteria Artikel, baca di SINI