Tim PKM-PM UMS Melaksanakan Kegiatan Edukasi Mitigasi Bencana Gempa Bumi Melalui Game Big Monopoly berbasis Augmented Reality (AR) dan Debriefing Simulation Bersama Peserta Didik SLB BC Dharma Anak Bangsa

Game Big Monopoly
Tim PKM-PM UMS Bersama Peserta Didik SLB BC Dharma Anak Bangsa (Sumber: Dokumentasi Penulis)

Game Edukasi Big Monopoly berbasis Augented Reality (AR) dan Debriefing Simulation merupakan salah satu program kerja tim PKM-PM Ums yang dilksanakan bersama guru serta peserta didik di SLB BC Dharma Anak Bangsa yang dilaksanakan pada tanggal 19 Juni 2024 dan 20 Juni 2024.

Tim PKM-PM UMS mengajak anak-anak disabilitas di SLB BC Dharma Anak Bangsa untuk belajar mitigasi bencana gempa bumi melalui permainan Big Monopoly berbasis Augmented Reality (AR).

Mengingat Indonesia merupakan negara yang rawan akan gempa dan tingginya ancaman bencana bagi keselamatan jiwa manusia terutama bagi golongan rentan yaitu penyandang disabilitas, maka pembelajaran terkait gempa bumi dirasa penting untuk dilakukan terkhusus bagi anak disabilitas yang secara undang-undang perlu dilindungi dalam upaya penyelamatan bencana.

Bacaan Lainnya
DONASI

Permainan Big Monopoly tercipta karena terinspirsi dari permainan monopoly. Perbedaannya, dalam paper monopoly yang harusnya sebuah negara diganti menjadi jenis jenis mitigasi gempa bumi dan ada 4 jenis kartu yaitu Pra bencana, Saat Bencana, Pasca bencana dan Quiz. Setiap kartu terdapat penjelasan materi serta quiz mengenai mitigasi gempa bumi yang harus dijawab oleh pemain.

Gambar Kartu Monopoly

Big monopoly dapat dimainkan oleh 2-5 anak, cara bermainnya yaitu pemain melempar dadu lalu dijalankan sesuai poin yang didapat dan apabila berhenti disalah satu kotak pemain akan mendapatkan kartu lalu men-scan kartu tersebut dan mendengarkan penjelasan mengenai materi mitigasi bencana.

Permainan ini sudah berbasis Augmented Reality dan terintegrasi langsung dengan Aplikasi di Smartphone. Apabila kartu di scan  maka akan muncul objek 3D dan suara  sebagai penjelasannya.

 

Gambar Objek 3D pada Kartu Big Monopoly
Gambar Implementasi Permainan Big Monopoly

Permainan ini dibuat ramah disabilitas karena sudah berbasis audio-visual, sehingga anak-anak mampu belajar sambil bermain, serta memproyeksikan secara nyata dan melibatkan interaksi panca indera siswa dengan teknologi AR.

Setelah dilakuakan kegiatan implementasi permainan Big Monopoly berbasisi Augmented Reality (AR), kemudian peserta didik diajak untuk melakaukan kegiatan debriefing simulation. Debriefing Simulation merupakan sebuah simulasi bencana dimana peserta didik diajak langsung bermain peran (Role Play) pada saat terjadi bencana dan bagaimana cara mereka menyelamatkan diri pada saat terjadi bencana.

 

Penulis: Tim PKM PM Big Monopoly
Mahasiswa Pendidikan Geografi, PGSD, Pendidikan Teknik Informatika, Universitas Muhammadiyah Surakarta

Editor: Salwa Alifah Yusrina
Bahasa: Rahmat Al Kafi

 

Ikuti berita terbaru Media Mahasiswa Indonesia di Google News

Kirim Artikel

Pos terkait

Kirim Artikel Opini, Karya Ilmiah, Karya Sastra atau Rilis Berita ke Media Mahasiswa Indonesia
melalui WhatsApp (WA): 0822-1088-8201
Ketentuan dan Kriteria Artikel, baca di SINI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.