Pelatihan dan Pengembangan dalam Manajemen Sumber Daya Manusia

Pelatihan Pengembangan Manajemen Manusia

Manajemen

Banyak definisi yang diberikan terhadap istilah manajemen. Beberapa penulis memberikan pengertian antara lain, Menurut Harold Koontz dan Cyril O’donnel dalam buku Amirallah & Haris Budiyono, Manajemen adalah usaha mencapai suatu tujuan tertentu melalui kegiatan orang lain. Dengan demikian manajer mengadakan koordinasi atas sejumlah aktivitas orang lain yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, dan pengendalian.

Sementara GR. Terry berpendapat bahwa Manajemen merupakan suatu proses khas yang tersiri dari tindakan-tindakan perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, dan pengendalian yang dilakukan untuk menentukan serta mencapai sasaran-sasaran yang telah ditentukan melalui pemanfaatan sumber daya manusia dan sumber-sumber lainnya.

Pelatihan dan Pengembangan 

Pelatihan (training) merupakan proses pendidikan jangka pendek yang menggunakan prosedur sistematis dan terorganisir sehingga tenaga kerja non manajerial mempelajari pengetahuan dan keterampilan teknis untuk tujuan tertentu.

Baca Juga: Mengemas Produk Melalui Pelatihan Produksi Konten

Bacaan Lainnya

Pengembangan adalah usaha untuk meningkatkan kemampuan teknis, teoritis, konseptual, dan moral karyawan sesuai dengan kebutuhan pekerjaan / jabatan melalui pendidikan dan latihan.

SDM (Sumber Daya Manusia)

Sumber Daya Manusia (SDM) adalah manusia yang bekerja di lingkungan suatu organisasi atau disebut juga personil, tenaga kerja, pekerja maupun karyawan. Sumber Daya Manusia adalah potensi manusiawi sebagai penggerak organisasi dalam wujudkan eksistensinya. Sumber daya Manusia (SDM) adalah potensi yang merupakan aset dan berfungsi sebagai modal non-material atau non-finansial di dalam organisasi bisnis, yang dapat diwujudkan menjadi potensi nyata (real) secara fisik dan non-fisik dalam mewujudkan eksistensi organisasi.

Bagaimana Pelatihan dan Pengembangan dalam Manajemen SDM?

Pelatihan dan Pengembangan (Training and Development) merupakan inti dari upaya berkelanjutan untuk meningkatkan kompetensi pegawai dan kinerja organisasi. Pelatihan memberikan peserta didik pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan untuk pekerjaan mereka saat ini. Sedangkan pengembangan melibatkan pembelajaran yang melampaui pekerjaan saat ini dan memiliki fokus yang lebih panjang. Pengembangan mempersiapkan karyawan untuk tetap sejalan dengan perubahan dan pertumbuhan organisasi.

Pelatihan kerja menurut undang-undang No.13 Tahun 2003 pasal I ayat 9 adalah keseluruhan kegiatan untuk memberi, memperoleh, meningkatkan, serta mengembangkan kompetensi kerja, produktivitas, disiplin, sikap, dan etos kerja pada tingkat ketrampilan dan keahlian tertentu sesuai dengan jenjang dan kualifikasi jabatan dan pekerjaan Menurut Marzuki, Pelatihan adalah pengajaran atau pemberian pengalaman kepada seseorang untuk mengembangkan tingkah laku (pengetahuan, skill, sikap) agar mencapai sesuatu yang diinginkan. Pelatihan lebih terarah pada peningkatan kemampuan dan keahlian SDM organisasi yang berkaitan dengan jabatan atau fungsi yang menjadi tanggung jawab individu yang bersangkutan saat ini (current joboriented). Sasaran yang ingin dicapai dan suatu program pelatihan adalah peningkatan kinerja individu dalam jabatan atau fungsi saat ini.

Baca Juga: Peran Sistem Pengendalian Manajemen dalam Perusahaan

Tujuan dilakukannya Pelatihan dan Pengembangan Manajemen SDM guna meningkatkan dan mengembangkan potensi kerja pada diri pekerja untuk meningkatkan kemampuan. Adapun perbedaan tujuan pelatihan dan pengembangan: 

Pelatihan

Tujuan: Peningkatan kemampuan individu untuk kepentingan jabatan saat ini. Sasaran: Peningkatan kinerja jangka pendek. Orientasi: Kebutuhan jabatan sekarang. Efek terhadap karier: Keterkaitan dengan karier relatif rendah.

Pengembangan 

Tujuan: Peningkatan kemampuan individu untuk kepentingan jabatan yang akan datang. Sasaran: Peningkatan kinerja jangka panjang. Orientasi: Kebutuhan perubahan terencana atau tidak terencana. Efek terhadap karier: Keterkaitan dengan karier relatif tinggi.

Dalam Pelatihan dan Pengembangan Manajemen SDM harus melalui tahapan untuk mencapai hasil yang maksimal. Adapun tahapan tersebut adalah: 

a. Identifikasi Kebutuhan

Langkah pertama dalam proses pelatihan dan pengembangan adalah menentukan kebutuhan-kebutuhan spesifik pelatihan dan pengembangan. Dalam lingkungan bisnis yang sangat kompetitif, menjalankan suatu program hanya karena perusahaan-perusahaan lain menjalankannya akan mendatangkan masalah. Pendekatan sistematis untuk menemukan kebutuhan-kebutuhan yang sebenarnya harus dilakukan dengan benar. 

b. Penetapan Tujuan

Pelatihan dan pengembangan harus memiliki tujuan-tujuan yang jelas dan ringkas serta dikembangkan untuk mencapai tujuan organisasi. Tujuan penetapan ini agar terciptanya program pelatihan dan perkembangan yang bermanfaat.

c. Penetapan metode dan sistem penyampaian

Dalam tahap ini melalui metode – metode yang meliputi, Arahan Instruktur, Study Khusus, Permodalan Perilaku, Permainan Peran dan Permainan Peran. Sementara dalam sistem penyampaian mengarahkan penyampaian pelatihan dan pengembangan kepada para peserta.

Baca Juga: Sistem Informasi Manajemen

d. Implementasi program

Program pelatihan dan pengembangan yang dirumuskan secara sempurna akan gagal jika manajemen tidak mampu meyakinkan para peserta akan manfaatnya. Para peserta harus yakin bahwa program tersebut memiliki nilai dan akan membantu mereka mencapai tujuan-tujuan program tersebut.

e. Evaluasi program pelatihan dan pengembangan

Pelatihan dan pengembangan dapat meningkatkan integritasnya dalam perusahaan jika program tersebut menunjukkan manfaat nyata bagi organisasi. Tiga tujuan evaluasi mencakup: memutuskan perlunya melanjutkan suatu program, memutuskan perlunya memodifikasi suatu program, dan menentukan nilai dari pelatihan.

Rizka Fina Aulia
Mahasiswa Universitas Pamulang

Dosen Pengampu: Rifkhan S,Pt., MM

Editor: Diana Pratiwi

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses