Penerapan Flower of Service pada Distributor Tas Branded

UMKM
UMKM tas branded.

Seiring perkembangan zaman yang semakin modern, peminat tas branded semakin banyak. Oleh karena itu, pengembangan UMKM distribusi tas sangat dibutuhkan. Pengembangan usaha UMKM tas branded dapat melalui analisis Flower of Service.

Penerapan Flower of Service dapat membantu pemilik usaha untuk memahami produk yang ditawarkan kepada konsumen dengan baik. Flower of Service memiliki dua komponen utama yaitu pelayanan inti dan pelayanan tambahan. 

Pelayanan utama biasanya untuk memberikan manfaat yang dibutuhkan oleh konsumen seperti rasa puas dalam berbelanja, Sedangkan layanan tambahan bersifat sebagai pendorong nilai tambah produk itu sendiri.

Toko vania aqilla merupakan online/offline shope yang berdiri sejak tahun 2018 dan bergerak di bidang fashion. Store offline nya beralokasikan di Ruko Safron blok G1 No.20, Botania Batam Centre, Batam. Vania Aqila lebih berfokus pada online store, produk yang dijual biasanya dalam bentuk tas, kacamata, sepatu, jam, topi, tali pinggang, kisaran harga produk yang di jual 150.000-500.000.

Bacaan Lainnya

Baca Juga: Penerapan The Flower of Service pada Digital Marketing Loubak Sister

Beberapa dari komponen layanan tambahan Flower of Service sudah diterapkan oleh pemilik UMKM seperti:

  • Sistem pembayaran yang dapat dilakukan dengan e-money;
  • Informasi terkait produk yang dijual sudah jelas;
  • Memberikan saran kepada konsumen yang konsultasi terkait produk yang akan dibeli;
  • Menjamin keamanan dengan memasang CCTV;
  • Melayani konsumen dengan ramah.

Penerapan Flower of Service yang dilakukan dalam rangka membantu meningkatkan UMKM tas branded berupa pengenalan produk melalui sosial media Instagram berupa video promosi.

Dengan harapan dapat membantu pemilik UMKM dalam mempromosikan produk yang ditawarkan melalui sosial media agar produk mereka lebih dikenal oleh para konsumen.

Baca Juga: Analisa dan Penerapan Flower of Service untuk Peningkatan Kualitas Layanan pada UMKM Rumah Makan Padang

Video promosi dapat diakses melalui link di bawah ini:

https://youtu.be/vjw0Op161Vo

Penulis: 
1. Nabila Indah Syahfitri
2. Afiza
3. Noerul Aini
4. Yuni Syafrida
5. Lingga Yudira Manjula
Mahasiswa Manajemen Universitas Internasional Batam

Editor: Ika Ayuni Lestari     

Bahasa: Rahmat Al Kafi

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses