Cara Alternatif Mengurangi Nyeri Persalinan dengan Metode Gym Ball

Gym Ball
Sumber: istockphoto.

Pengertian

Kehamilan merupakan suatu proses alamiah dan fisiologis. Setiap wanita yang memiliki organ reproduksi sehat, jika telah mengalami menstruasi dan melakukan hubungan seksual dengan seorang pria yang organ reproduksinya sehat, sangat besar kemungkinannya terjadi kehamilan.

Apabila kehamilan direncanakan, akan memberi rasa bahagia dan penuh harapan, tetapi di sisi lain, diperlukan kemampuan bagi wanita untuk beradaptasi dengan perubahan yang terjadi selama kehamilan, baik perubahan yang bersifat fisiologis maupun psikologi. Penerapan ini mengidentifikasi keefektifan gym ball terhadap skala nyeri punggung ibu hamil trimester III.

Skala Nyeri Punggung pada Ibu Hamil

Hasil penerapan gym ball menunjukkan terjadi penurunan skala nyeri punggung pada ibu hamil berdasarkan hasil penelitian yang pernah dilakukan sebelumnya yaitu:

Bacaan Lainnya
DONASI
  • skala nyeri 8 (nyeri berat terkontrol) menjadi skala nyeri 4 (nyeri sedang) setelah diberikan tindakan gym ball;
  • sedangkan skala nyeri pada penelitian lain menunjukkan skala sebelum tindakan gym ball yaitu skala nyeri 4-6 (nyeri sedang) menjadi skala nyeri 1-3 (nyeri ringan) setelah diberikan tindakan gym ball.

Pengertian Nyeri pada Metode Gym Ball

Nyeri adalah perasaan yang tidak nyaman yang sangat subjektif dan hanya orang yang mengalaminya yang dapat menjelaskan dan mengevaluasi perasan tersebut. Secara umum nyeri dapat didefinisikan sebagai perasaan tidak nyaman, baik ringan maupun berat.

Nyeri punggung bawah pada ibu hamil trimester III disebabkan oleh perubahan sistem muskuloskeletal yang terjadi akibat pembesaran payudara dan rotasi anterior panggul memungkinkan untuk terjadinya lordosis, sehingga ibu sering mengalami nyeri di bagian punggung dan pinggang karena mempertahankan posisi stabil, beban meningkat pada otot punggung dan kolumna verterbrae.

Salah satu tindakan untuk mengurangi nyeri punggung pada ibu hamil trimester III yaitu gym ball terhadap skala nyeri punggung ibu hamil trimester III.

Skala nyeri setelah penerapan gym ball berdasarkan kedua literatur penelitian sebelumnya mengalami penurunan skala nyeri. Gym ball dapat membantu menurunkan skala nyeri punggung bawah ibu hamil trimester III.

Baca Juga: Asuhan Kebidanan pada Kehamilan

Kesimpulan

Gym Ball merupakan salah satu jenis alat olahraga yang banyak kita gunakan di-gym. Alat ini mirip dengan bola basket dengan ukuran bervariasi dan berat sedikit lebih dari satu kilogram yang terbuat dari lateks, namun mampu mengangkat beban hingga 120 kg.

Bola gimnasium adalah peralatan olahraga yang dirancang khusus yang digunakan untuk memperkuat tubuh bagian atas, termasuk kaki, lengan, punggung, bahu, dan dada.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami beberapa rata-rata dan kategori pengetahuan tentang bola senam yang digunakan di gedung olah raga masyarakat Mojokerto.

Di antaranya pengetahuan tentang bola gimnasium, jenis-jenis latihan bola gimnasium, teknik-teknik bola gimnasium, dan pengetahuan umum tentang bola gimnasium.

Hasil belajar dapat digunakan sebagai pedoman untuk menjelaskan buku olahraga bola kepada siswa, untuk melakukan pembelajaran bola olahraga, dan sebagai alat evaluasi.

Penulis:

Fitria Nursiti Kumala
Mahasiswa Kebidanan Universitas Binawan

Dosen Pengampu: Apriani Riyanti, S.Pd., M.Pd.

Editor: Ika Ayuni Lestari

Bahasa: Rahmat Al Kafi

Ikuti berita terbaru di Google News

Daftar Pustaka

Anggraini, C. S., Dewi, N. R., Ayubbana, S., Dharma, A. K., & Metro, W. (2022). Literatur Review: Latihan Gym Ball Terhadap Nyeri Punggung Bawah Ibu Hamil Trimester Iii Literature Review: Gym Ball Exercise for Lower Back Pain in the Third Trimester of Pregnant Woman. Jurnal Cendikia Muda, 2(2), 168–172. https://heanoti.

Kirim Artikel

Pos terkait

Kirim Artikel Opini, Karya Ilmiah, Karya Sastra atau Rilis Berita ke Media Mahasiswa Indonesia
melalui WhatsApp (WA): 0822-1088-8201
Ketentuan dan Kriteria Artikel, baca di SINI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.