Kolaborasi QRIS dan Media Sosial Tingkatkan Laba sekaligus Jejak Pasar UMKM Kota Pangkalpinang

UMKM
Dokumentasi Kegiatan Mahasiswa (Sumber: Dokumentasi Penulis)

Tidak dapat dipungkiri bahwa saat ini melejitnya perkembangan teknologi turut menjamur di Kota Pangkapinang dan menjadi bagian krusial dalam UMKM.

QRIS dan Media Sosial merupakan teknologi yang tidak dapat terpisahkan dari aktivitas UMKM.

Penggunaan QRIS telah menjadi tren pada industri UMKM di Pangkalpinang. Keberadaan QRIS telah memberikan kontribusi besar dalam mengoptimalkan pemasaran UMKM di Pangkalpinang.

Bacaan Lainnya
DONASI

Penggunaan QRIS memungkinkan UMKM untuk mengakomodasi berbagai preferensi pembayaran pelanggan dan meningkatkan kenyamanan dalam bertransaksi, serta dapat menghindari kerugian akibat transaksi tunai palsu.

Dengan demikian, QRIS memberikan keuntungan yang signifikan bagi UMKM di Pangkalpinang.

Selain itu, penggunaan Media Sosial menjadi sarana yang tepat untuk memperluas jejak pasar bagi UMKM Kota Pangkalpinang.

Melalui media sosial UMKM dapat membangun brand awareness yang lebih luas, menjangkau pelanggan potensial yang lebih banyak, dan membangun hubungan yang saling menguntungkan dengan pelanggan.

Bayangkan saja, dengan satu postingan di Instagram atau Facebook, produk UMKM tersebut dapat dilihat oleh ribuan bahkan jutaan orang. Tentu saja ini membuka peluang yang sangat besar untuk meningkatkan penjualan dan mencapai pasar yang lebih luas.

Kolaborasi antara QRIS dan media sosial memiliki potensi yang luar biasa untuk memperluas jejak pasar dan meningkatkan keuntungan UMKM di Pangkalpinang.

Media sosial adalah sarana yang efektif untuk memperluas jangkauan produk atau jasa UMKM, sementara QRIS adalah alat pembayaran yang memungkinkan transaksi yang cepat dan mudah.

Dengan memanfaatkan sinergi ini dengan baik, UMKM di Pangkalpinang dapat mengoptimalkan efektivitas pemasaran mereka, memperluas basis pelanggan, dan meningkatkan keuntungan bisnis mereka.

Oleh karena itu, sangat penting bagi UMKM Pangkalpinang untuk memanfaatkan potensi sinergi ini secara optimal dan terus beradaptasi dengan perkembangan teknologi dan tren terkini.

Di masa depan, kolaborasi ini juga bisa menjadi model bisnis yang diterapkan pada UMKM di seluruh Indonesia, sehingga memberikan dampak positif yang lebih besar pada perekonomian negara.

 

Penulis: Shella Pratamawati
Mahasiswi Akuntansi, Universitas Bangka Belitung

 

Editor: Salwa Alifah Yusrina
Bahasa: Rahmat Al Kafi

Kirim Artikel

Pos terkait

Kirim Artikel Opini, Karya Ilmiah, Karya Sastra atau Rilis Berita ke Media Mahasiswa Indonesia
melalui WhatsApp (WA): 0822-1088-8201
Ketentuan dan Kriteria Artikel, baca di SINI