Mumpung Masih Muda, Kembangkan Dirimu!

Setiap orang pasti memiliki keinginan untuk memperbaiki diri menjadi manusia yang lebih baik dengan tujuan tertentu dan pastinya setiap individu memiliki proses yang berbeda. Untuk itu, menjadi pribadi yang lebih baik bisa dimulai dari hal kecil seperti:

Menghindari Orang-Orang yang Negatif
Mereka tidak akan membuatmu berkembang, pola pikirmu juga akan ikut negatif jika kamu tidak memiliki konsistensi dalam memegang prinsip. Dengan berbagai drama yang terjadi akan sangat menguras energimu. Hidup ini hanya sekali, pastikan kamu memilih orang yang tepat untuk ada di kehidupan kamu. Di dunia ini terdapat 7 milyar manusia, jadi jangan khawatir untuk melepaskannya. Masih banyak orang yang bermanfaat untuk hidupmu.

Mencoba untuk Mengenali dan Mengidentifikasi Kelemahan Diri
Sudah menjadi kodrat bahwa manusia memiliki kelebihan dan kekurangan. Inilah saatnya manusia berperan sebagai makhluk sosial. Salah satu caranya yaitu dengan memperhatikan apapun bentuk kritikan yang kamu dapatkan, kamu juga bisa menggunakan sifat atau sikap tertentu sebagai alat ukur untuk membentuk kamu menjadi manusia yang kamu inginkan.

Keluar dari Kebiasaan Buruk
Ketika kamu menyadari apa yang kamu lakukan itu tidak baik maka kamu harus membentuk komitmen untuk tidak melakukannya lagi, cari tahu faktor yang mempengaruhinya, dan fokus terhadap hal positif.

Membaca Buku Setiap Hari
Apa yang kamu baca akan menambah pengetahuan dan membentuk pola pikir baru, hal ini akan mendukung kamu dalam mengembangkan diri kamu.

Belajar dari Orang-Orang yang Sulit
Belajar untuk berurusan dengan orang-orang yang sulit akan mempermudah hidupmu dalam bertemu orang baru dan menambah relasi.

Belajar Bahasa Baru
Hal ini sangat bermanfaat dalam meningkatkan pengetahuan dalam ruang lingkup global, selain memudahkan kamu dalam mengikuti perkembangan teknologi, bahasa asing juga sangat berpengaruh dalam dunia industri dan juga usaha. Hal ini akan baik untuk kehidupan kamu kedepannya!

Mempelajari Hobi Baru
Mengambil hobi baru juga akan menstimulus otak kamu untuk tetap berkembang dan menyerap ide-ide baru, dengan mempelajari hal baru maka pengetahuan kamu pun semakin luas.

Memulai Olahraga Rutin
Kamu harus mencintai diri sendiri dengan cara menjaga kesehatan dengan membuat jadwal gym atau olahraga yang kamu sukai.

Melupakan Masa Lalu
Merupakan masa lalu, karena hidup terus berjalan, yang perlu kamu lakukan adalah memikirkan langkah selanjutnya. Misalnya merencanakan untuk melanjutkan studi ataupun karir.

Mempunyai cita-cita, kamu harus tau apa yang ingin kamu capai dalam beberapa tahun ke depan dan pikirkan bagaimana cara untuk mencapainya.

Untuk menjadi pribadi yang lebih baik tentunya dibutuhkan konsistensi. Kamu harus optimis dan rajin mengevaluasi apapun yang terjadi di kehidupan kamu dan juga lingkungan sekitar agar bisa berproses dan bekembang sesuai harapan. Semoga berhasil!

Nikita Sukma Mulia Pradani
Mahasiswa Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Semarang

Baca Juga:
Retorika untuk Mengguncang Dunia
Perlunya Ruang Publik yang Dialektis
Menulis, Ya Menulis Saja

Kirim Artikel Opini, Karya Ilmiah, Karya Sastra atau Rilis Berita ke Media Mahasiswa Indonesia
melalui WhatsApp (WA): 0822-1088-8201
Ketentuan dan Kriteria Artikel, baca di SINI

1 Komentar

Komentar ditutup.