Pada 20 Mei 2022 yang lalu, NCT Dream datang ke Indonesia untuk tampil pada festival Allobank yang membuat banyak sekali penggemar berantusias dengan kedatangan mereka.
Kedatangan mereka ke Indonesia tidak hanya tampil pada acara musik tersebut tetapi mereka juga berkunjung ke beberapa destinasi di Jakarta salah satunya ialah restoran Lara Djonggrang yang memiliki makanan khas Indonesia yang beragam.
Mereka mencoba beberapa makanan autentik Indonesia seperti rendang, soto, ayam bakar, dan juga yang paling populer terdapat nasi goreng dan mi goreng. Bintang Korea tersebut sangat menyukai dan berebut hidangan ayam bakar karena bumbunya yang manis dan gurih.
Baca Juga: Efektivitas Penggunaan Brand Ambassador Korea bagi Brand Skincare Lokal di Kalangan Masyarakat
Setelah mereka menyantap makanan terenak nomor satu di dunia menurut CNN, beberapa member penasaran dengan alat musik tradisional yang berada di sana, mereka memainkannya dengan nada lagu mereka yang berjudul “Life Is Still Going On” yang ternyata bisa dimainkan dengan alat musik tradisional asal Jawa tersebut.
Ini bukan kali pertama member NCT memberikan sebuah konten yang mempromosikan kebudayaan Indonesia, mereka juga pernah mengunjungi Museum Batik di Jakarta.
Para member yang terkagum-kagum akan motif kain batik yang beragam dan sulit untuk digambar ini membuat salah satu member mereka percaya kain batik tersebut hanya dicap. Namun mereka dibuktikan sendiri dengan sejarah dan motif kain batik yang berbeda tiap goresannya.
Pada konten Youtube tahun 2019 tersebut akhirnya mereka berkesempatan untuk membatik hanya dengan selembar kain kecil dengan motif bunga dan mega mendung, mereka mencoba mengukir pada kain tersebut dengan canting, dan akhirnya mereka bangga akan hasil dari membatik tersebut.
Budaya-budaya yang ditampilkan di beberapa konten Youtube NCT Dream tidak hanya bertujuan untuk me-notice penggemar Indonesia saja, melainkan juga memperkenalkan kepada penggemar internasional akan budaya Indonesia.
Baca Juga: Hubungan Baik Indonesia dan Korea Selatan
Nilai-nilai budaya yang terkandung dalam konten tersebut sangat bermanfaat tentunya bagi penggemar Indonesia, terutama mereka yang masih remaja tidak terlalu banyak mengetahui budayanya sendiri melainkan budaya Korea.
Namun dengan adanya konten seperti ini dapat menjadikan penggemar lokal semakin mencintai budayanya sendiri dan patut berbangga pula karena idol kesukaannya juga mengetahui budaya Indonesia.
Masih banyak konten-konten budaya Indonesia yang diperkenalkan kepada member NCT dan penggemar Indonesia yang semakin banyak menyukai NCT, hubungan timbal balik ini sangat baik bagi Indonesia dan Korea yang saling bekerja sama membangun perekonomian melalui pertukaran budaya.
Penulis: Annora Athalia Risanti
Mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Bina Nusantara
Editor: Ika Ayuni Lestari
Redaktur Bahasa: Rahmat Al Kafi