Efektivitas Penggunaan Brand Ambassador Korea bagi Brand Skincare Lokal di Kalangan Masyarakat

Beberapa tahun ini, skincare menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat Indonesia. Sehingga penjualan skincare di Indonesia meningkat. Saat ini penjualan skincare lokal pun memiliki daya minat yang tinggi dan mendapat sambutan hangat di lingkungan masyarakat.

Penjualan skincare saat ini semakin mudah dengan adanya pembelian online melalui e-commerce. Di Indonesia, perawatan mengenai kecantikan semakin digemari oleh para pelaku bisnis. Dalam kondisi ini telah dibuktikan dengan tingginya penjualan skincare di e-commarce dalam kategori produk kecantikan dan perawatan tubuh.

Menurut Compas.co.id, pada tahun 2021, kategori perawatan kecantikan memiliki penjualan di e-commerce sebesar 46.8%.  Tak hanya itu, total penjualan untuk kategori ini di marketplace sudah mencapai angka Rp40 Miliar.

Bacaan Lainnya
DONASI

Baca Juga: Mahasiswa Akademi Farmasi Surabaya Berbagi Ilmu tentang Cara Mengenali Masa Kedaluwarsa Skincare Bersama Siswa SMK Farmasi Surabaya

Kegiatan untuk transaksi paling banyak digunakan pada marketplace Shopee dengan angka 85.5%, dibandingkan dengan Tokopedia dengan angka sebesar 14.2%. Saat ini, sudah sangat banyak brand skincare local yang tersedia.

Bahan-bahan yang dibuat untuk kulit masyarakat Indonesia yang termasuk ke dalam iklim tropis, brand skincare local dapat lebih cocok daripada brand skincare luar negeri yang mayoritas berikilim dingin. Penjualan pada brand local skincare dapat dikatakan sangat pesat, karena pada bulan Februari 2021, total penjualan transaksi  di marketplace mencapai angka 1,2 juta.

Brand-brand lokal saat ini pun sudah sudah banyak sekali pilihan sehingga memudahkan para penggunanya. Brand-brand lokal yang sudah tidak asing lagi dikalangan masyarakat di antaranya MS Glow, Scarlett Whitening, Somethinc, Avoskin, dan lain sebagainya.

MS Glow yang didirikan pada tahun 2013 ini memiliki total penjualan sebesar Rp 38,5 Miliar. Brand ini memiliki banyak produk skincare yang diracik untuk merawat berbagai jenis kulit. Selain MS Glow, Scarlett juga memiliki banyak pengguna.

Produk yang satu ini juga dapat bersaing dengan brand skincare internasional seperti Innisfree dan Laneige yang memiliki total penjualan hampir Rp60 Juta. Brand lokal ini banyak digandrungi oleh masyarakat Indonesia karena memiliki beberapa produk favorit yang mampu memenuhi rangkaian skincare rutin mereka, di antaranya body scrub hingga shampoo.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Skincare untuk Membantu Perbaiki Skin Barrier Kamu

Namun, produk yang banyak digemari oleh masyarakat dari Scarlett adalah Acne Serum itu sendiri.

Di Indonesia, Korean wave atau demam korea, peminatnya mengalami peningkatan setiap tahunnya. Fenomena K-Pop memberikan dampak yang cukup signifikan bagi dunia hiburan hingga dunia perekonomian.

Munculnya Korean wave sebenarnya sudah ada sejak beberapa tahun silam, di mana para remaja hingga dewasa menikmati musik dan drama korea. Hal ini menyebabkan brand lokal menggunakan artis hingga idol Korea sebagai brand ambassador produk mereka.

Hal ini dapat menciptakan peningkatan Brand Awareness produk lokal di kalangan masyarakat dengan benar, karena produk yang mendapatkan promosi oleh artis atau idol Korea memiliki citra yang baik di masyarakat luas.

Semua produk yang memiliki kerja sama dengan artis atau idol Korea, terutama artis yang disukai oleh penggunanya, akan dengan mudah untuk membeli produk mereka tanpa pikir panjang. Demam Korean wave tidak hanya terjadi di Indonesia saja, tapi hingga mancanegara.

Pemilihan artis Korea sebagai brand ambassador merek lokal juga akan menjadi pemicu perluasan jangkauan pasar hingga mencapai pasar internasional, karena secara tak sengaja akan menarik pengusaha asing untuk melakukan penanaman saham atau modal.

Baca Juga: Tips Memilih Skincare untuk Memutihkan Wajah

Semua yang dilakukan oleh bintang Korea akan didukung oleh para penggemarnya. Saat idola mereka menjadi brand ambassador dari brand lokal, maka akan ada keinginan untuk membeli dan melakukan promosi tanpa diminta. Hal tersebut dapat memicu peningkatan penjualan sebuah brand lokal.

Kesuksesan musik dan drama Korea Selatan ini semakin menarik minat industri hiburan di Indonesia. Begitu juga semakin banyak jumlah penggemar dari artis-artis Korea Selatan yang menarik hati masyarakat tanah air.

Ditambah dengan penggemar yang memiliki kebiasaan untuk membeli produk yang dipromosikan oleh idol atau artis mereka sebagai bentuk dukungan terhadap artis atau idol mereka. Hal ini menjadi alasan yang kuat mengenai brand Indonesia yang menjadikan artis Korea sebagai Brand Ambassador produk mereka.

Karena artis Korea tersebut dapat diyakini akan meningkatkan sebuah penjualan produk brand lokal. Pada awal tahun 2022, sudah terpantau kurang lebih 3 brand skincare lokal yang memilih artis Korea sebagai brand ambassador mereka.

Brand tersebut antara lain Somethinc dengan NCT Dream pada Januari 2022, Whitelab dengan Oh Sehun EXO pada Februari 2022, dan MS Glow dengan Cha Eunwoo Astro pada bulan Februari 2022. Belakangan ini sudah banyak artis atau idol Korea yang menjadi brand ambassador skincare dari brand skincare lokal.

Baca Juga: Wajah Berjerawat? Skincare yang Mengandung Propolis Bisa jadi Solusi

Brand skincare lokal menjadikan ini seperti ajang perlombaan dalam menjadikan artis Korea, mulai dari aktor hingga idol. Memang tidak dapat dipungkiri bahwa Lee Min Ho, Kim Seon Ho, Song Joong Ki, Han So Hee, dan artis korea yang lainnya memiliki pesona sehingga dapat menarik minat masyarakat tanah air.

Namun, tak sedikit masyarakat kurang setuju terhadap penggunaan artis Korea sebagai brand ambassador skincare lokal. Para penggemar K-Pop dan K-Drama yang setia tidak akan memikirkan untuk membeli produk skincare lokal yang menjadikan idolnya sebagai brand ambassador.

Tanpa memperlihatkan secara rinci isi dan kandungan dalam produk. Menurut sudut pandang brand lokal, kondisi seperti ini menjadikan sebuah cara marketing yang patut untuk dicoba. Seperti yang telah dikatakan, para penggemar melakukan segalanya dengan kekuatan mereka untuk mendapatkan produk yang diiklankan oleh idola mereka.

Ketika sebuah merek mengumumkan bahwa brand ambassador dari brand tersebut adalah artis favorit mereka, penggemar berkumpul untuk membeli dan menyebarkan informasi tentang merek perawatan kulit lokal.

Seperti Scarlett yang menggaet Song Joong Ki sebagai brand ambassador mereka, penjualan Scarlett meningkat secara signifikan. Pada saat itu Song Joong Ki berada di puncak popularitasnya setelah beberapa waktu lalu vakum dengan kembali bermain drama Korea.

Baca Juga: Skincare Natural dan Multifungsi? Kamu Wajib Cobain!

Para penggemar pun sangat antusias sehingga promosi Scarlett menjadi berkembang dan transaksi di marketplace menjadi meningkat. Tak hanya brand ambassador-nya saja, Scarlett juga melakukan beberapa promosi dengan artis-artis ternama di tanah air yang menjadikan Scarlett menjadi terkenal lagi.

Dalam melakukan promosi, Scarlett juga melibatkan sang brand ambassador-nya di beberapa event mereka. Pengumuman perilisan brand ambassador dinilai sangat tepat, karena pada saat itu, tidak banyak produk skincare yang menggunakan artis korea sebagai brand ambassador produk mereka.

Dari pernyataan di atas dapat disimpulkan bahwa brand ambassador sangat penting bagi sebuah produk. Apalagi saat ini tren Korea Selatan menjadi salah satu hal yang diminati oleh penggemar. Para penggemar akan melakukan apapun demi kesetiaan pada sang idol atau artis Korea.

Walaupun terjadi pro dan kontra terhadap brand lokal yang menggaet sang artis Korea sebagai brand ambassador-nya. Namun, pada akhirnya brand skincare lokal pun dapat meningkatkan sebuah perekonomian yang ada di tanah air.

Penulis: Almieraisha Mutiara
Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka

Editor: Ika Ayuni Lestari

Redaktur Bahasa: Rahmat Al Kafi

Kirim Artikel

Pos terkait

Kirim Artikel Opini, Karya Ilmiah, Karya Sastra atau Rilis Berita ke Media Mahasiswa Indonesia
melalui WhatsApp (WA): 0822-1088-8201
Ketentuan dan Kriteria Artikel, baca di SINI