Apa itu Manajemen?

Pentingnya Manajemen

Apa itu Manajemen? Manajemen adalah ilmu yang hampir digunakan di banyak bidang. Sehingga setiap orang harus mengetahui apa itu manajemen dan pentingnya manajemen. Media Mahasiswa Indonesia akan berbagi pengetahuan tentang pentingnya manajemen.

Manajemen itu Apa Sih?

Manajemen berasal dari kata manage yang berarti mengelola, mengatur, merencanakan, mengusahakan, dan memimpin. Secara etimologi manajemen merupakan seni untuk melaksanakan dan mengatur. Jadi dapat disimpulkan manajemen adalah proses perencanaan, pengorganisasian, dan pengawasan berbagai sumber daya organisasi agar dapat mencapai tujuan organisasi dengan cara yang efektif dan efesien.

Terdapat empat fungsi manajemen, yaitu Planning (perencanaan), Organizing (pengorganisasian), Actuating (pengarahan), dan Controlling (pengendalian). Manajemen tidak hanya diperlukan pada sebuah organisasi, manajemen juga diperlukan oleh setiap individu.

Bacaan Lainnya
DONASI

Manajemen pada Organisasi

Manajemen pada sebuah organisasi sangatlah penting. Mengapa? Karena keberhasilan suatu organisasi bergantung pada manajemen yang ada. Manajemen yang baik, akan membawa organisasi kepada kesuksesan pada setiap kegiatannya. Manajemen yang baik juga dapat menciptakan keharmonisan dan keselarasan pada setiap anggota organisasi.

Dengan begitu, setiap orang yang terlibat pada organisasi tersebut dapat bekerja sama dengan baik demi mewujudkan tujuan bersama. Manajemen memiliki beberapa bidang, diantaranya ada bidang pemasaran, bidang operasional, bidang keuangan, dan bidang sumber daya manusia. Orang yang bertanggung jawab atas sebuah manajemen disebut dengan manajer. Menurut tingkatannya, manajer dibedakan menjadi 3, yaitu top manager, middle manager, dan first line manager.

Manajemen pada Diri Sendiri

Selain pada organisasi atau suatu perusahaan, manajemen diri juga tak kalah pentingnya. Setiap individu pasti memiliki cita-cita atau impian yang ingin diwujudkan. Sama halnya pada perusahaan, untuk mencapai cita-cita atau impian tersebut dibutuhkan manajemen diri yang baik. Tercapainya kesuksesan juga cita-cita dimasa mendatang bergantung pada diri kita saat ini.

Maka dari itu manajemen diri sangat penting untuk masa depan kita. Untuk itu kita butuh perencanaan dan pengaturan diri yang merupakan bagian dari manajemen diri. Manajemen diri membantu diri kita dalam mengelola diri baik pikiran, perasaan, ucapan, dan perbuatan yang dilakukan sehingga dapat berkembang dengan baik.

Sebelum bisa mengatur orang lain atau sebuah organisasi, seorang individu tersebut harus bisa mengatur dirinya sendiri. Yang mana di dalamnya terdapat perencanaan di masa mendatang, mengatur jadwal kegiatan, melakukan pengendalian diri agar tidak menyimpang dengan rencana awal yang telah ditentukan.

Manfaat Manajemen

Manajemen memiliki manfaat, diantaranya:

  1. Tercapainya tujuan secara efektif dan efisien
  2. Mendapatkan hasil yang maksimal
  3. Terkendalinya segala kegiatan yang telah direncanakan
  4. Menjaga keseimbangan di antara tujuan-tujuan yang ingin dicapai
  5. Menciptakan peningkatan produktivitas
  6. Menumbuhkan sikap profesional dalam diri
  7. Membantu dalam menentukan strategi untuk mencapai tujuan
  8. Memudahkan proses pencapaian tujuan

Mengapa kita Butuh Manajemen?

Karena manajemen dapat memudahkan dalam pencapaian tujuan. Dalam proses usaha untuk mencapai suatu tujuan kita butuh sebuah perencanaan yang matang, pengorganisasian yang baik, serta pengarahan dan pengendalian pada setiap proses dalam upaya mewujudkan cita-cita atau tujuan.

Yang mana itu bagian dari fungsi manajemen. Selain itu, dalam manajemen juga ada tahap evaluasi, dimana segala kegiatan yang dilakukan dengan rencana yang telah ditetapkan dan output yang dihasilkan apakah sudah sesuai dengan yang diharapkan dan membawa perubahan yang lebih baik atau belum.

Jika perbandingan antara hasil-hasil yang diperoleh dengan tingkat pencapaian tujuan dirasa masih kurang, maka dilakukan upaya perbaikan pada manajemen yang ada. Manajemen yang baik sudah semestinya ada pada setiap organisasi maupun individu. Dengan begitu segala kegiatan yang kita lakukan dapat berjalan lancar dan mendapatkan hasil yang maksimal.

Titin Sari Rahayu
Mahasiswa Prodi S1 Akuntansi
Universitas Pamulang

Dosen Pengampu : Rifkhan S.Pt., MM

Editor: Diana Pratiwi

Kirim Artikel

Pos terkait

Kirim Artikel Opini, Karya Ilmiah, Karya Sastra atau Rilis Berita ke Media Mahasiswa Indonesia
melalui WhatsApp (WA): 0822-1088-8201
Ketentuan dan Kriteria Artikel, baca di SINI