Pembelajaran merupakan bantuan yang diberikan pendidik agar dapat terjadi proses pemerolehan ilmu dan pengetahuan, penguasaan kemahiran dan tabiat, serta pembentukan sikap dan kepercayaan pada peserta didik. Dengan kata lain, pembelajaran adalah proses untuk membantu peserta didik agar dapat belajar dengan baik.
E-Learning memberikan siswa akses mudah ke pendidikan di mana pun mereka berada. Selain itu, E-Learning juga menawarkan proses pembelajaran optimal yang sesuai dengan setiap kebutuhan siswa.
Bentuk peran orang tua pun sangat penting dalam meningkatkan minat belajar siswa yaitu Memberikan motivasi dengan cara memeriksa tugas yang diberikan oleh guru serta memberikan arahan dan memberikan nasehat agar anak lebih giat untuk belajar, orang tua sebagai pembimbingan ketika anak belajar di rumah, maka dari itu peran orang tua dalam pembelajaran daring saat ini sangatlah dibutuhkan meskipun terdapat beberapa kendala yang dilalui oleh para orang tua.
Peran Orang Tua dalam Pendampingan Pembelajaran
Dalam konteks ini, peran orang tua menjadi semakin vital sebagai pendamping utama pembelajaran anak di rumah berikut ini beberapa aspek peran orang tua dalam membimbing pembelajaran daring anak :
1. Peran orang tua sebagai fasilitator
Orang tua berperan sebagai fasilitator utama dalam pembelajaran daring dengan menyediakan perangkat pembelajaran seperti smartphone, laptop, atau tablet serta menciptakan ruang belajar yang nyaman dan kondusif.
2. Peran orang tua sebagai pembimbing
Orang tua bertanggung jawab untuk mendampingi anak saat mengikuti pembelajaran online dan dapat membantu menjelaskan materi yang kurang dipahami oleh anak serta membimbing anak dalam mengerjakan tugas-tugas sekolahnya.
3. Peran sebagai motivator
Orang tua perlu menjadi motivator dengan cara memberikan semangat dan dorongan positif untuk memberikan pujian atas pencapaian anak supaya anak tetap optimis dalam belajar.
4. Peran sebagai pengawasan
Pengawasan orang tua dapat dilakukan dengan sering memperhatikan penggunaan gadget anak agar sesuai dengan kebutuhan pembelajarannya serta memastikan anak dalam mengikuti jadwal pembelajaran dengan tertib juga memantau perkembangan belajar dan dapat mengumpulkan tugasnya tepat waktu.
Peran orang tua dalam pembelajaran daring siswa SD sangatlah crucial dan multidimensi. Keberhasilan pembelajaran daring tidak hanya bergantung pada kualitas pengajaran dari sekolah, tetapi juga pada keterlibatan aktif orang tua dalam mendampingi proses belajar anak. Dengan pemahaman yang baik tentang peran-peran tersebut dan penerapan strategi yang tepat, orang tua dapat membantu mengoptimalkan pembelajaran daring anak sehingga tujuan pendidikan tetap dapat tercapai meski dilakukan dari rumah.
Baca Juga: Peran Orang Tua dalam Membantu Mengembangkan Kreatifitas Anak dalam Membaca Buku di Rumah
Tips Efektif Mendampingi Pembelajaran Daring
- Tunjukkan empati dan kesabaran dalam membimbing
- Berikan contoh disiplin dan manajemen waktu yang baik
- Ciptakan suasana belajar yang menyenangkan
- Berikan waktu istirahat yang cukup
- Terapkan komunikasi dua arah yang efektif
- Pantau kesehatan fisik dan mental anak
- Berikan apresiasi atas usaha anak
Penting untuk diingat bahwa setiap anak memiliki karakteristik dan kebutuhan yang berbeda dalam pembelajaran. Oleh karena itu, orang tua perlu fleksibel dalam menerapkan berbagai strategi dan terus beradaptasi sesuai dengan kebutuhan anak. Dengan kolaborasi yang baik antara orang tua, guru, dan siswa, pembelajaran daring dapat menjadi pengalaman yang positif dan bermakna bagi perkembangan pendidikan anak.
Penulis:
1. Anzeli Novelia Siahaan
2. Novita Febriyanti Br Tarigan
3. Chyntia Vionita Br Sembiring
4. Lestari
5. Lakota Dronggi
Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Quality
Dosen Pengampu: Hasni Suciawati S.Pd.,M.Pd
Editor: Ika Ayuni Lestari
Bahasa: Rahmat Al Kafi
Ikuti berita terbaru di Google News