Potensi Bisnis Petshop yang Tidak Terduga

UMKM
Sumber: Pemilik toko Pethouse di Jalan Selarong. Kab. Bantul bersama Muhammad Affidianto Arrusda Mahasiswa Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa.

Pada saat ini, banyak orang yang gemar merawat hewan peliharaan. Hewan peliharaan yang dimaksud, seperti kucing, anjing, marmut, dan sebagainya. Penyuka hobi ini juga tak ada batasannya, baik dari kalangan muda hingga tua dan juga pria maupun wanita.

Namun, hobi tersebut tidak dibarengi dengan kegemaran para pemilik dalam merawat hewan peliharaannya. Banyak pemilik yang tidak ingin repot dalam merawat hewan peliharaannya. Para pemilik juga banyak yang lebih mempercayakan perawatan hewan mereka kepada jasa grooming.

Peluang usaha itu disadari oleh Iin Risti Octaviani. Mahasiswi lulusan D3 Kesehatan Hewan Universitas Gadjah Mada tahun 2020 itu, mendirikan usahanya dari bulan Januari tahun 2020. Berawal dari sekadar mencoba membuka jasa grooming di rumah, dan jasa delivery.

Bacaan Lainnya

Baca Juga: Membuka Bisnis di Tengah Pandemi

Ternyata mendapat respon positif dari masyarakat sekitar yang ingin meng-grooming-kan hewan peliharaan mereka. Pada tanggal 3 April 2022 akhirnya bisa membuka toko petshop sendiri. Petshop yang dinamakan dengan nama pethouse beralamat di Jalan Selarong, Pendowoharjo, Sewon, Kabupaten Bantul, Yogyakarta.

Nama Pethouse sendiri memiliki filosofi bahwa petshop yang menjadi rumah bagi hewan peliharaan. Pethouse menyediakan makanan, obat, aksesoris, vitamin, perlengkapan hewan, grooming, dan penitipan bagi hewan-hewan khususnya kucing dan anjing.

Makanan kucing dan anjing yang tersedia sendiri dibagi menjadi dua kategori yaitu makanan kering dan basah. Grooming yang ditawarkan di Pethouse terbagi menjadi tiga macam antara lain grooming basic (shampo biasa), grooming dengan pengobatan (shampo kutu dan jamur), grooming premium (shampo kutu dan jamur + conditioner + perawatan).

Baca Juga: Steril pada Kucing Bukan Berarti Tidak Sayang

Untuk penitipan hewan anabul dikenakan biaya mulai dari Rp20.000. Selain letak tokonya yang strategis, Pethouse memiliki keunggulan layanan delivery dan biaya perawatan hewan yang relatif murah.

“Omset yang didapat dari bisnis ini lumayan, yang dulunya hanya menjual empat karung jenis makanan, sekarang sudah bisa menjual 20 karung jenis makanan,“ jelas Iin Risti octaviani.

Harapan dari pemilik Pethouse kedepannya bisa menjadi klinik bagi hewan-hewan khususnya kucing dan anjing.

Penulis:
1. Muhammad Affidianto Arrusda
Mahasiswa Prodi Manajemen Semester 3 Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta.
2. Ignatius Soni Kurniawan, S.E., M.Sc.
Dosen Fakultas Ekonomi Prodi Manajemen Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta.

Editor: Ika Ayuni Lestari

Bahasa: Rahmat Al Kafi

Kirim Artikel

Pos terkait

Kirim Artikel Opini, Karya Ilmiah, Karya Sastra atau Rilis Berita ke Media Mahasiswa Indonesia
melalui WhatsApp (WA): 0822-1088-8201
Ketentuan dan Kriteria Artikel, baca di SINI