Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP UIR Terus Tingkatkan Kualitas Pendidikan

Pekanbaru, 20 Juni 2024 – Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Islam Riau (UIR) terus mengalami peningkatan kualitas dalam menjawab tantangan pendidikan di era digital saat ini.

Dalam sebuah upaya untuk mempertahankan standar mutu yang tinggi, PBSI FKIP UIR telah meluncurkan beberapa inovasi terbaru. Hal ini bertujuan untuk memperkaya pengalaman belajar mahasiswa dan mempersiapkan mereka menghadapi dinamika dunia kerja yang semakin kompleks.

Dekan FKIP UIR, Dr Miranti Eka Putri, S.Pd., M.Ed., menyatakan bahwa tujuan utama dari langkah ini adalah untuk memastikan bahwa lulusan PBSI tidak hanya memiliki pemahaman mendalam tentang sastra dan bahasa Indonesia, tetapi juga mampu mengintegrasikan teknologi dalam proses pembelajaran dan pengajaran.

Bacaan Lainnya
DONASI

Baca juga: Intertekstualitas Sastra pada Puisi “Persetujuan dengan Bung Karno” Karya Chairil Anwar dan Puisi “Tentang Kemerdekaan” Karya Toto Sudarto Bachtiar

“Kami ingin menghasilkan lulusan yang tidak hanya kompeten secara akademis tetapi juga memiliki keterampilan praktis yang relevan dengan kebutuhan industri,” ungkap Dr Miranti

Selain itu, program ini juga menawarkan berbagai kegiatan ekstrakurikuler dan pengembangan diri yang mendukung pembentukan karakter dan kepemimpinan mahasiswa. Dengan adanya kegiatan seperti seminar sastra, lokakarya kreatif menulis, dan kunjungan lapangan ke berbagai situs budaya, mahasiswa dapat mengasah kemampuan mereka di luar lingkungan akademis.

Dalam upaya untuk menjaga kualitas pengajaran, FKIP UIR juga secara aktif melibatkan dosen-dosen berpengalaman dan berdedikasi dalam penyusunan kurikulum yang relevan dan terkini. Kolaborasi dengan para praktisi industri dan komunitas sastra juga menjadi bagian integral dari strategi mereka dalam menghasilkan lulusan yang siap bersaing di pasar kerja global.

Baca juga: Evolusi Sastra: Transformasi dari Masa Lalu ke Masa Kini

Dengan langkah-langkah ini, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP UIR semakin memperkuat posisinya sebagai salah satu lembaga pendidikan terkemuka dalam bidangnya dan memberikan kontribusi yang signifikan bagi pengembangan pendidikan dan kebudayaan di Indonesia.

Penulis: Selvi Attirah

Mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia,Universitas Islam Riau

Editor: Anita Said

Bahasa: Rahmat Al Kafi

Ikuti berita terbaru di Google News

Kirim Artikel

Pos terkait

Kirim Artikel Opini, Karya Ilmiah, Karya Sastra atau Rilis Berita ke Media Mahasiswa Indonesia
melalui WhatsApp (WA): 0822-1088-8201
Ketentuan dan Kriteria Artikel, baca di SINI