Sosialisasi Pentingnya Copywriting dalam Pemasaran Digital bagi UMKM

Foto oleh: Windy Sulistyowati

Telah terlaksana sosialisasi UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) pentingnya copywriting dalam pemasaran digital. Kegiatan ini dilaksanakan di Kelurahan Desa Jeruksawit, Kecamatan Gondangrejo, Kabupaten Karanganyar, pada pukul 09.00 WIB sampai 11.00 WIB pada Selasa (16/08/2022).

Sosialisasi ini merupakan salah satu program kerja individu dari kelompok 27, dalam acara kegiatan KKNT-MBKM Universitas Slamet Riyadi Surakarta, yang didampingi Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), Dewi Saptantinah Puji Astuti, S.E., M.Si., Ak..

Dalam kegiatan ini, lima usaha yang hadir di antaranya, pengusaha wedang uwuh, pengusaha makanan pukis, pengusaha kerajinan tangan seperti, kerai, kroso/keranjang pisang, dan senar gitar.

Baca Juga: Meningkatkan Omzet Bisnis UMKM Dengan Go Digital

Bacaan Lainnya

“Sosialisai ini diikuti oleh beberapa usaha yang di Desa Jeruksawit, dan hanya diikuti oleh dua perwakilan setiap UMKM,“ ungkap Windy selaku pemateri dalam kegiatan ini.

Selain itu, Windy menjelaskan kegiatan sosialisasi ini sangat dibutuhkan pelaku UMKM untuk mengembangkan produk dalam penjualan di jejaring media sosial. Dengan adanya sosialisasi tentang pentingnya copywriting, pemilik usaha dapat menarik pembeli lewat tulisan yang menarik.

“Sosialisasi ini sangat menarik dan bermanfaat untuk pemilik usaha, terutama usaha yang belum berjualan di media sosial,“ ucap salah satu pemilik usaha kerai.

Kegiatan sosialisasi berlangsung.

Selain menjelaskan pemasaran digital di zaman yang semakin maju ini, pelaku UMKM berhak mengetahui pengertian dari copywriting, manfaat copywriting, kelebihan dan kekurangan copywriting dalam mendukung usaha di masa serba digital.

Copywriting sendiri sangat dibutuhkan dalam sebuah usaha untuk mempromosikan usaha yang dijual di platform media sosial, seperti Facebook, Instagram, Twitter, Blog, dan lainnya. Copywriting sendiri juga disebut penulisan di media sosial, digunakan untuk banyak hal salah satunya yaitu sebagai mempromosikan barang di e-commerce.

Baca Juga: Upaya Bank Indonesia Mendukung Ekonomi Lokal melalui Produk UMKM

Tujuan kegiatan ini, agar semua pelaku usaha yang ada di Desa Jeruksawit dapat mengenal pengertian copywriting, dan menambah wawasan juga pengetahuan copywriting dalam pemasaran digital. Dalam kegiatan ini, tidak hanya pemilik usaha yang hadir tetapi juga staf kelurahan ikut hadir dalam sosialisasi.

Diharapkan, sosialisasi dapat memberikan manfaat dan pandangan untuk setiap orang yang hadir dalam penulisan untuk barang yang dijual di media sosial.

Penulis: Windy Sulistyowati
Mahasiswa Jurusan/ Prodi Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Slamet Riyadi Surakarta

Editor: Ika Ayuni Lestari

Bahasa: Rahmat Al Kafi

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses