Pada zaman sekarang, kebutuhan untuk mengakses teknologi, informasi, dan komunikasi menjadi hal esensial yang sulit untuk dipisahkan dari kehidupan sehari-hari.
Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, diperlukan produk yang memadai, salah satunya smartphone.
Smartphone sudah menjadi sebuah kebutuhan pokok yang tidak sekadar menjadi alat, namun juga menjadi bagian dari gaya hidup penggunanya (Irfan & Kuswati, 2024).
Salah satunya merek smartphone yang paling sering dikaitkan dengan gaya hidup penggunanya di Indonesia adalah Apple.
Apple telah merilis produk smartphone terbarunya di bulan September 2024, yaitu iPhone 16.
Dilansir dari kumparan.com, sebanyak 12 ribu unit lebih iPhone 16 tercatat telah masuk ke Indonesia per November 2024.
Masyarakat Indonesia diketahui melakukan pembelian iPhone 16 di luar negeri, dikarenakan produk ini belum diperjualbelikan di Indonesia.
Besarnya angka tersebut menunjukkan bahwa masyarakat Indonesia memiliki ketertarikan yang cukup tinggi terhadap produk terbaru keluaran Apple, mengingat waktu perilisannya dan belum adanya izin perjualbelian iPhone 16 secara resmi di Indonesia.
Tingginya ketertarikan masyarakat Indonesia terhadap produk keluaran Apple membuat penulis tertarik untuk mencari tahu apakah loyalitas pelanggan memiliki kontribusi besar terhadap penjualan produk Apple.
Terkhususnya bagi para pengguna produk Apple yang ada pada Fakultas Psikologi Uhamka.
Loyalitas pelanggan adalah komitmen yang dipegang teguh untuk membeli atau berlanggan produk pilihan atau jasa di masa yang akan datang meskipun pengaruh situasional dan upaya pemasaran memiliki potensi untuk menyebabkan konsumen beralih ke produk lain (Kotler & Keller, 2012).
Menurut Griffin (dalam Maulida & Kamila, 2021) ciri konsumen yang loyal diantaranya melakukan pembelian berulang secara teratur, membeli antar lini produk atau jasa, mereferensikan kepada orang lain, dan menunjukkan kekebalan dari daya tarik produk sejenis dari pesaing.
Pendekatan yang digunakan dalam meneliti hal ini ialah dengan metode kuantitatif dengan menggunakan purposive sampling, yaitu penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu (Sugiyono, 2013).
Kriteria yang ditetapkan untuk responden yang akan diteliti adalah: mahasiswa aktif Fakultas Psikologi; menggunakan produk Apple dengan minimal pembelian 2 kali.
Sumber data diperoleh dari penyebaran kuesioner melalui Google Form.
Kuesioner yang dibagikan berisi variabel loyalitas pelanggan yang diukur dengan berdasarkan pada aspek-aspek loyalitas pelanggan menurut Schiffman dan Kanuk (dalam Putri, 2023), yaitu aspek, kognitif, afektif, konatif, dan tindakan.
Skala yang digunakan menggunakan skala yang dikembangkan oleh Amelia (2023) dengan jumlah item sebanyak 30 butir. Pilihan jawaban kuesioner berupa 4 poin skala-likert.
Berdasarkan penyebaran kuesioner yang dilakukan, didapatkan sebanyak 31 responden yang sesuai dengan kriteria yang ditentukan.
Usia responden tersebar pada rentang usia 20-25 tahun. Awal pertama kali para responden memakai produk Apple berkisar dari tahun 2010-2024.
Responden menyebutkan bahwa alasan mereka loyal menggunakan produk Apple karena ditemukan keunggulan pada sistem produk Apple (iOS dan macOS), desain produk, kualitas tangkapan gambar dan suara, serta fitur-fitur yang terdapat dalam tiap-tiap produk Apple.
Produk Apple yang digunakan oleh responden adalah iPhone, iPad, Apple Watch, AirPods, dan MacBook, dengan iPhone sebagai produk yang paling banyak dimiliki.
Responden pengguna produk Apple di Fakultas Psikologi terdiri atas 26 responden perempuan dan 5 responden laki-laki, dengan sebaran mahasiswa dari semester 4 (12,9%), semester 6 (74,2%), dan semester 8 (12,9%).
Berdasarkan hasil kuesioner, ditemukan 17 responden pernah melakukan pembelian produk Apple sebanyak 2 kali, dan 14 responden pernah melakukan pembelian produk Apple lebih dari 3 kali.
Jumlah produk yang dimiliki tiap responden berkisar pada 1 produk (17 responden), 2 produk (10 responden), 3 produk (3 responden), dan 4 produk (1 responden).
Hasil skor loyalitas responden yang terkumpul menunjukkan nilai rata-rata sebesar 85,94.
Rata-rata tersebut menunjukkan bahwa sebagian besar responden memiliki tingkat loyalitas yang cukup tinggi terhadap produk Apple.
Skor loyalitas tertinggi ditemukan sebesar 105, sementara skor loyalitas terendah sebesar 63.
Berdasarkan skor-skor tersebut, tampak bahwa mahasiswa Fakultas Psikologi Uhamka yang menggunakan produk Apple memiliki tingkat loyalitas yang tinggi.
Apple merupakan salah satu perusahaan penyedia alat untuk mengakses teknologi, informasi, dan komunikasi yang cukup diminati di Indonesia.
Fenomena terkait tingginya pengguna produk Apple menarik untuk diteliti, khususnya dalam lingkungan mahasiswa Fakultas Psikologi Uhamka.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan melalui kuesioner.
Berdasarkan hasil penyebaran kuesioner, dapat disimpulkan bahwa pengguna perempuan menjadi pengguna produk Apple terbanyak, dengan mahasiswa semester 6 yang mendominasi.
Kebanyakan mahasiswa pengguna produk Apple sudah pernah melakukan pembelian sebanyak dua kali, dengan produk iPhone sebagai produk yang paling banyak dimiliki.
Rata-rata skor loyalitas pada mahasiswa pengguna produk Apple juga cukup tinggi, yaitu sebesar 85.94.
Temuan ini mencerminkan loyalitas pengguna terhadap kualitas dan manfaat produk yang ditawarkan.
Penulis:
1. Nursafa Annisa Zakia
2. Muhammad Danuarta Fathurrahman
3. Nasya Isnaini Khoisiyah
Mahasiswa Prodi Psikologi, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
Dosen Pengampu: Alvin Eryandra
Referensi
Amelia, P. (2023). Pengaruh Citra Merek Terhadap Loyalitas Pelanggan Pengguna Iphone Pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Medan Area (Doctoral dissertation, Universitas Medan Area).
Irfan, M. A., & Kuswati, R. (2024). Dampak Pengalaman Merek Terhadap Keterlibatan Merek Dan Ekuitas Merek Yang Dimediasi Oleh Brand Love Studi Pada Pelanggan Apple Di Indonesia. YUME: Journal of Management, 7(2), 967-979.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2012). Marketing Management. Edisi 14. Global Edition. Pearson Prentice Hall.
kumparanBISNIS. (2025, Januari 13). Jumlah iPhone 16 Masuk RI Melonjak, Jadi 12 Ribu per November 2024. Kumparan. https://kumparan.com/kumparanbisnis/jumlah-iphone-16-masuk-ri-melonjak-jadi-12-ribu-per-november-2024-24IOjXOGP15/full.
Maulida, C. N., & Kamila, A. D. (2021). Pengaruh K-POP brand ambassador terhadap loyalitas konsumen. Kinesik, 8(2), 137-145.
Sugiyono. (2013). METODE PENELITIAN KUANTITATIF, KUALITATIF, DAN R&D. Alfabeta Bandung.
Editor: Siti Sajidah El-Zahra
Bahasa: Rahmat Al Kafi
Ikuti berita terbaru Media Mahasiswa Indonesia di Google News