Lobi dalam komunikasi bisnis
Lobi adalah kegiatan sehari-hari yang sebenarnya tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia. Pada prinsipnya, lobi diimplementasikan sebagai pendekatan untuk pengembangan negosiasi. Diyakini bahwa jika lobi berfungsi dengan baik, negosiasi akan berhasil.
Jika semuanya berjalan dengan baik, lobi dan negosiasi akan berhasil. Dalam komunikasi bisnis, negosiasi adalah proses dua pihak atau lebih dengan kepentingan atau konflik yang sama dan bernegosiasi hingga kesepakatan tercapai.
Menurut Pramono (1997), lobi yang menggunakan kiat untuk mempengaruhi orang dan membangun hubungan yang bermanfaat. Maschab (1997) menekankan bahwa lobi adalah segala bentuk upaya yang dilakukan oleh satu pihak untuk menarik pihak lain atau mendapatkan dukungan.
Fungsi lobi adalah untuk melindungi berbagai kepentingan kita (perusahaan atau individu), membuka komunikasi, memperlancar upaya negosiasi, serta meningkatkan sinergi dengan pihak lain.
Pendekatan yang dilakukan dalam upaya lobi juga bermacam macam, bisa dilakukan dengan melakukan pendekatan dengan pengambil keputusan, melalui orang dekat atau lingkaran sang pengambil keputusan, melakukan pendekatan ke masyarakat maupun secara organisasional.
Lobi dan negosiasi kerap terjadi dalam berbagai kegiatan, baik itu politik, sosial, sampai pada berbagai kegiatan bisnis. Lobi dan negosiasi adalah proses yang berbeda namun berkaitan. Ada kalanya lobi dilakukan terlebih dahulu lalu dilanjutkan dengan negosiasi.
Namun dalam negosiasi juga sering dilakukan lobi jika terdapat hal-hal yang tidak dapat dipecahkan dalam proses negosiasi. Lobi dalam negosiasi berfungsi untuk melakukan pendekatan sehingga keputusan dapat diperoleh lebih awal dan tidak berbelit belit.
Perbedaan lobi dan negosiasi
Lobi adalah pendekatan yang dilakukan agar terjadi kerjasama antara kita dengan sasaran lobi dan kegiatan melobi adalah suatu bentuk pendekatan yang tidak resmi. Sedangkan negosiasi adalah proses tawar-menawar antara kita dengan sasaran lobi untuk mencapai suatu kesepakatan.
Teknik lobi dalam bisnis
Selain mengetahui arti serta fungsi lobi, ada beberapa teknik yang harus dikuasai agar komunikasi bisnis berjalan dengan lancar, teknik lobi dalam bisnis antara lain adalah:
1. Menganalisis kondisi atau keadaan saat itu;
2. Menentukan partner dan kompetitor bisnis;
3. Mengidentifikasi kelompok kecil yang akan menentukan iklim opini;
4. Membentuk koalisi atau partner bisnis.
Dalam melaksanakan teknik negosiasi ada empat pendekatan yang harus dilakukan oleh pelaku bisnis yaitu:
1. Bergaining;
2. Kompromi;
3. Win-lose;
4. Win-win solution.
Dari empat teknik di atas, teknik yang paling efektif adalah win-win solution di mana kedua belah pihak memperoleh manfaat yang sama.
Pada strategi ini, kedua belah pihak berada pada posisi yang menguntungkan karena dalam perundingan diupayakan menciptakan suasana yang memberikan kesan tidak ada pihak yang kalah dengan mengetengahkan pemberian atau keuntungan yang terbaik secara jujur dan adil.
Intinya pada teknik ini lebih mengutamakan keputusan yang tidak berat sebelah, sama-sama bisa menerima keputusan tanpa keterpaksaan.
Penulis:
1. Firdasari Nurul Ain
2. Fida Amanda Putri
Mahasiswa Jurusan Akuntansi Universitas Pamulang
Editor:Â Ika Ayuni Lestari