Strategi PT. Telkom Indonesia dalam Membangun Eksistensi di Era Transformasi Digital Pendidikan SMK

Era Transformasi Digital Pendidikan SMK
Dokumentasi Kegiatan Mahasiswa (Sumber: Dokumentasi Penulis)

Pendidikan merupakan salah satu sektor yang mengalami perubahan signifikan dengan adanya transformasi digital. Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi telah membuka peluang baru dalam meningkatkan kualitas dan efisiensi pembelajaran.

Salah satu tingkatan pendidikan yang juga terpengaruh oleh transformasi digital adalah pendidikan sekolah menengah kejuruan (SMK).

SMK memiliki peran penting dalam membekali siswa dengan keterampilan praktis yang relevan dengan dunia kerja.

Pendidikan merupakan salah satu sektor yang mengalami perubahan signifikan dengan adanya transformasi digital. Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi telah membuka peluang baru dalam meningkatkan kualitas dan efisiensi pembelajaran.

Bacaan Lainnya

Salah satu tingkatan pendidikan yang juga terpengaruh oleh transformasi digital adalah pendidikan sekolah menengah kejuruan (SMK).

SMK memiliki peran penting dalam membekali siswa dengan keterampilan praktis yang relevan dengan dunia kerja.

Salah satu perusahaan yang berperan penting dalam mendukung transformasi digital di pendidikan SMK adalah PT. Telkom Indonesia (Persero) Tbk.

Perusahaan ini termasuk salah satu perusahaan telekomunikasi terbesar di Indonesia yang telah mendedikasikan diri untuk berperan aktif dalam memperkuat sektor pendidikan melalui berbagai inisiatif dan strategi yang inovatif.

Strategi yang diimplementasikan oleh PT. Telkom Indonesia (Persero) Tbk adalah kemitraan yang erat dengan lembaga pendidikan SMK.

Melalui kolaborasi yang kuat antara perusahaan dan guru SMK, perusahaan berupaya untuk memahami kebutuhan spesifik dari dunia pendidikan dan menyediakan solusi yang relevan.

Dengan memahami perspektif guru dan siswa SMK, perusahaan dapat merancang program-program pelatihan yang sesuai, meningkatkan kompetensi digital siswa, dan memperkuat kurikulum pendidikan yang berfokus pada keterampilan 4.0.

Strategi ini meliputi pengembangan infrastruktur digital, pelatihan guru, pengembangan konten digital yang relevan, serta kemitraan dengan sekolah untuk implementasi solusi digital.

Strategi ini bertujuan untuk menciptakan ekosistem pendidikan yang mendukung penggunaan teknologi digital secara efektif di SMK.

Pengembangan infrastruktur digital yang handal telah membantu meningkatkan konektivitas dan akses internet di sekolah-sekolah SMK, sehingga memungkinkan implementasi solusi digital yang efektif.

Pelatihan guru dalam penggunaan teknologi digital juga membantu meningkatkan kompetensi guru dalam memanfaatkan teknologi dalam proses pembelajaran, yang pada gilirannya memperkuat pengalaman belajar siswa.

Selain itu, pengembangan konten digital yang relevan memastikan ketersediaan materi pembelajaran yang sesuai dengan kurikulum dan kebutuhan siswa SMK.

 

Penulis: Ryan Fiqih TriHidayat
Mahasiswa Administrasi Bisnis, UPN “Veteran” Jawa Timur

 

Editor: Salwa Alifah Yusrina
Bahasa: Rahmat Al Kafi

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses