Bagaimana Perkembangan E-Government di Indonesia
Perkembangan e-government di Indonesia, pada tahun 2022 Indonesia naik 11 peringkat dari peringkat 88 menjadi peringkat 77.
Indonesia telah menunjukkan komitmen dalam mengembagkan e-goverment dengan beberapa contoh transformasi seperti, layanan online, aplikasi mobile, mudahnya dalam mengakses layanan pemerintah data terbuka, dan pemanfaatan kecerdasan buatan.
Tantangan yang Dihadapi dalam Perkembangan E-Government di Indonesia
- Kesenjangan digital.
- Kurangnya anggaran untuk perkembangan e-government.
- Infrastruktur telekomunikasi dan perangkat keras yang belum memadai.
Baca Juga:Â Perkembangan E-Government, Efektif atau Ancaman?
Beberapa strategi perkembangan e-government adalah pemanfaatan teknologi informasi secara optimal, peningkatan peran dunia usaha, pengembangan sumber daya manusia dan peningkatan e-literacy masyarakat.
Indonesia mengalami peningkatan dalam perkembangan e-government pada tahun 2022, tetapi tak lepas dari tantangannya.
Namun, di balik tantangan tersebut terdapat juga peluang besar, dengan semakin berkembangnya teknologi kita dapat terus meningkatkan kualitas layanan e-government.
Selain itu, e-government juga dapat menjadi pendorong pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia.
Kita juga mempunyai peran penting dalam mendukung perkembangan e-government dengan memanfaatkan layanan online yang tersedia, memberikan masukan kepada pemerintah, dan ikut menyebarkan informasi positif tentang e-government, dan bersama-sama membangun indonesia yang lebih baik.
Penulis: Daratun Nizam
Mahasiswa Prodi Administrasi Publik, Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Raja Haji Tanjungpinang
Editor: Siti Sajidah El-Zahra
Bahasa: Rahmat Al Kafi
Ikuti berita terbaru Media Mahasiswa Indonesia di Google News