Kenapa Etika Bisnis itu Penting Banget di Era Modern, termasuk untuk Makanan?
Di zaman yang modern ini, menjalankan bisnis itu nggak cuma cari untung, tapi juga soal bagaimana cara kita membuat seseorang itu percaya dan merasa nyaman.
Etika bisnis adalah kuncinya!
Mau dibidang apapun, termasuk makanan, etika ini sudah seperti “panduan hidup” agar bisnis kita tetap jujur, transparan, dan tidak merugikan siapapun.
Di era modern ini, semua orang mudah sekali untuk mencari reputasi bisnis lewat internet, menjalankan bisnis dengan etika itu bukan cuma buat kita “disayang” pelanggan, tapi juga bikin bisnis kita bertahan lama dan terlihat profesional.
Untuk Jajanan Crispy, etika bisnis itu juga penting banget. Bukan cuma soal jajanannya yang enak, tapi juga soal bagaimana kita memperlakukan pelanggan, menjaga lingkungan. Bayangin aja, kalau pemilik Jajanan Crispy tidak jujur soal harga atau ngasih jajanan yang mau basi, siapa yang bakal balik lagi? Nah, makanya, etika itu bikin pelanggan makin percaya dan setia.
Membangun hubungan yang kuat dengan konsumen melalui etika, transparansi dan akuntabilitas adalah langkah penting dalam mencapai keberhasilan jangka panjang seperti Jajanan Crispy ini.
Seperti yang dikatakan ibu sri, “Memilih bahan yang berkualitas, pengelolaan yang bersih dan keterbukaan dalam semua prosesnya. Gak hanya itu, kami juga memastikan bahwa pelayanan yang saya berikan jujur dan ramah, supaya konsumen merasa dihargai dan nyaman. Dengan etika yang dijaga, kepercayaan konsumen pun tumbuh”.
Selain dari itu, ada transparansi yang jadi kunci utama Jajanan Crispy. Sebab, bukan hanya berfokus pada varian menu tapi juga melihatkan bahan yang digunakan dan proses dalam pembuatannya. Adapaun soal akuntabilitas, kami selalu bertanggung jawab dengan setiap transaksi, jadi konsumen tahu kalau ada masalah, kami siap bantu! Kerpercayaan konsumen semakin kuat, deh!
Jika tadi dari pihak Jajanan Crispy, sekarang dari pihak konsumen.
Dari sisi konsumen tentu merasa sangat senang, apalagi saat tau jika Jajanan Crispy ini adalah perusahaan yang jujur dan peduli kepada konsumennya. Konsumen bukan hanya membeli makanannya, tapi juga mendukung Jajanan Crispy yang punya prinsip. Kalau konsemen merasa dihargai, tentu hal itu akan menjadi alasan konsumen akan kembali lagi, bahkan akan mengajak orang terdekatnya untuk ikut berlangganan ke Jajanan Crispy ini.
Intinya, transparansi dan akuntabilitas adalah resep rahasia yang bikin hubungan dengan konsumen semakin erat! Dengan perusahaan yang beretika, bukan cuma bisnis yang untung, tapi loyalitas konsumen juga semakin kuat. Dan itu yang bikin Jajanan Crispy tetap jadi pilihan pertama!
Dalam dunia usaha makanan yang semakin kompetitif, menerapkan etika bisnis menjadi kunci untuk membangun kepercayaan konsumen. Dengan berfokus pada praktik yang transparan dan akuntabel, makanan tidak hanya dapat menarik pelanggan baru tetapi juga menciptakan loyalitas jangka panjang.
Keuntungan dari nilai etika ini tidak hanya meningkatkan reputasi bisnis, tetapi juga memberikan dampak positif bagi masyarakat dan lingkungan. Oleh karana itu, menjadikan etika sebagai bagian integral dari strategi bisnis adalah langkah cerdas untuk mencapai keberlanjutan dan kesuksesan di masa depan.
Penulis: Anisa Putri Wulandari
Mahasiswa Akuntansi, Universitas Muhammadiyah Malang
Editor: Salwa Alifah Yusrina
Bahasa: Rahmat Al Kafi
Ikuti berita terbaru Media Mahasiswa Indonesia di Google News