Yogyakarta –Pada liburan semester kali ini Mahasiswa Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa (FE UST) Yogyakarta berkesempatan mengikuti kegiatan magang yang telah dijadwalkan oleh Prodi Manajemen pada tanggal 20 Januari hingga 7 Maret 2025.
Peserta magang berkesempatan menjalani kegiatan magang di Hotel Christine Yogyakarta dengan bidang yang diambil adalah pemasaran atau promosi Hotel Christine melalui media sosial.
Kegiatan magang ini memiliki tujuan untuk dapat meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam mengaplikasikan pembelajaran yang diterima selama perkuliahan, terutama di bidang pemasaran media sosial.
Hotel Christine merupakan salah satu akomodasi perhotelan yang terletak di kawasan pusat kota Yogyakarta. Hotel Christine menawarkan kenyamanan dan akses yang mudah serta dekat dengan berbagai tempat wisata yang ada di Kota Yogyakarta seperti Keraton Yogyakarta, Malioboro, dan Taman Sari.
Hal ini membuat hotel ini sangat cocok untuk wisatawan bahkan juga untuk perjalanan bisnis. Dari penjelasan tersebut tentunya membuat Hotel Christine sangat cocok dijadikan sebagai tempat magang guna meningkatkan kemampuan dan sebagai media pembelajaran bagi mahasiswa UST Yogyakarta.
Dalam kegiatan magang ini peserta magang dibimbing langsung oleh Mbak Riski sebagai front officer dan Mbak Syifa sebagai kasir.
Untuk beberapa tanggung jawab dan tugas yang dilakukan oleh peserta magang di antaranya adalah agar dapat menarik minat pengunjung untuk menginap, Hotel Christine memerlukan peningkatan promosi pemasaran hotel.
Peningkatan promosi pemasaran hotel dilakukan dengan pembuatan konten video atau foto promosi melalui media sosial. Selain itu, peserta magang juga berkesempatan untuk belajar pengalaman baru dengan membantu tugas resepsionis, housekeeping dan kasir Hotel Christine.
Hasil dari tugas dalam pemasaran media sosial bagi Hotel Christine tersebut menghasilkan 3 konten promosi video dan beberapa konten promosi dalam bentuk pamflet yang disebarkan melalui media sosial Instagram dan WhatsApp.
“Saya merasa terbantu dan mendapatkan pengalaman magang mengenai membuat konten promosi hotel di sini,“ imbuh Ivana selaku peserta magang.
Tentunya hal ini menjadi pengalaman baru bagi peserta magang yang bermanfaat dan dapat menambah soft skills dan pengetahuan dalam mengerjakan tanggung jawab di bidang pemasaran.
Selain itu, dengan bantuan para pegawai hotel yang ramah dan tekun membuat proses pelaksanaan magang menjadi lancar dan tanpa ada kendala apapun.
Kesan yang baik ini membuat mahasiswa Prodi Manajemen FE UST Yogyakarta menjadi betah dan bisa lebih termotivasi dalam mengerjakan setiap tugas dan tanggung jawab yang diberikan.
Penulis:
- Ivana Nava Prasanda (2022008204) Mahasiswi Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta.
- Nurul Myristica Indraswari S.M.B., M.Sc., Dosen Pembimbing Lapangan Magang Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta.
Editor: Ika Ayuni Lestari
Bahasa: Rahmat Al Kafi
Ikuti berita terbaru di Google News