Mahasiswa FISIP USU Analisis Strategi Pemasaran Produk Tabungan Smart pada Bank Sumut KC Binjai

Mahasiswa Jurusan Administrasi Bisnis Universitas Sumatera Utara (USU)
Mahasiswa Jurusan Administrasi Bisnis Universitas Sumatera Utara (USU)

Mahasiswa S1 Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis 2019, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Sumatera Utara (USU) melaksanakan kegiatan magang kelompok yang dilakukan di Bank Sumut KC Binjai.

Bank Sumut melakukan rebranding produknya yang semula bernama tabungan Martabe menjadi Tabungan SMART pada Kamis (19/05/2022). Hal itu menarik perhatian Mahasiswi Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis (IAB) FISIP USU, yakni Annisa, Putri, dan Akhira untuk melakukan penelitian tentang strategi pemasaran produk tersebut.

Pengajuan penelitian tersebut disetujui oleh Ketua Program Studi IAB FISIP USU Onan Marakali Siregar S.Sos., M.Si. dan Feronica Simanjorang S.Sos., M.AB. selaku dosen pembimbing.

Bacaan Lainnya
DONASI

Baca Juga: Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Turnover Intention Karyawan PT. Bank Sumut

Program magang pada umumnya menjadi salah satu syarat kelulusan bagi mahasiswa. Ketentuan ini dibuat bukan tanpa alasan, mengingat banyak keuntungan program magang yang bisa didapatkan mahasiswa untuk meningkatkan keahlian di dunia kerja.

Tak hanya melakukan penelitian, mahasiswi tersebut ikut serta dalam proses pelaksanaan pemasaran Tabungan SMART pada Bank Sumut Kantor Cabang Binjai yang terletak di Jalan Jendral Sudirman Nomor 16, Kartini, Kecamatan Binjai Kota, Kota Binjai, Sumatera Utara.

Penelitian sekaligus kegiatan magang ini dilakukan pada 1-31 Juli 2022. Pemimpin Seksi Operasional Bank Sumut KC Binjai Amsir Oloan Batubara berperan sebagai Pembimbing Lapangan yang mengarahkan kegiatan dan memberi penilaian magang.

Data-data penelitian yang terkumpul kemudian diolah menggunakan konsep strategi bauran pemasaran. Laporan penelitian magang itu kemudian diberi judul “Strategi Pemasaran Produk Tabungan SMART dengan Pendekatan Bauran Pemasaran pada Bank Sumut KC Binjai”.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk Tabungan SMART merupakan bentuk simplifikasi dari tabungan Martabe. Tabungan Martabe memiliki hingga tujuh jenis produk, sedangkan pada Tabungan SMART hanya memiliki empat jenis produk.

Baca Juga: Kecenderungan Impulsive Buying pada Pengguna Mobile Banking

Dinamakan Tabungan SMART agar menarik dan mudah diingat masyarakat. Tabungan SMART memiliki akronim Simpanan Masyarakat Pilihan Cerdas dan Hemat. Untuk harga tabungan SMART tidak membebankan biaya kartu bagi saldo di atas Rp2.000.000.

Tempat pelayanan nasabah tabungan SMART tersedia di seluruh kantor Bank Sumut yang tersebar. Bank Sumut melakukan promosi menarik dengan memberikan cashback sebesar Rp50.000 bagi 1000 nasabah baru tabungan SMART. 

Orang yang memberikan pelayanan tabungan SMART kepada nasabah yakni Customer Service dan Teller. Secara proses, aktivitas seperti mengecek saldo, transfer, melakukan pembayaran, pembelian pulsa HP dan token listrik, sampai pembayaran PBB dapat melalui melalui Mobile Banking bernama Sumut Mobile tanpa perlu datang ke kantor jika lupa membawa kartu ATM, Sumut Mobile juga menyediakan layanan penarikan uang tanpa menggunakan kartu, cukup dengan melakukan scan barcode yang tertera pada mesin ATM.

Terakhir, bukti fisik yang diterima nasabah tabungan SMART yaitu kartu ATM, buku tabungan, dan penggunaan Mobile Banking.

Penulis:
1. Annisa Azzuhra                      (190907058)
2.
Putri Miftahul Wulandari       (190907080)
3.
Akhira Habrina Tarigan         (190907094)
Mahasiswa Jurusan Administrasi Bisnis Universitas Sumatera Utara (USU)

Editor: Ika Ayuni Lestari

Bahasa: Rahmat Al Kafi

Kirim Artikel

Pos terkait

Kirim Artikel Opini, Karya Ilmiah, Karya Sastra atau Rilis Berita ke Media Mahasiswa Indonesia
melalui WhatsApp (WA): 0822-1088-8201
Ketentuan dan Kriteria Artikel, baca di SINI