Mahasiswa PMM UMM Berbagi Pengalaman: Strategi Efektif Pembelajaran Microsoft Office untuk Siswa Sekolah Dasar

PMM UMM
Kegiatan PMM UMM (Sumber: Dokumentasi Penulis)

Salah satu kegiatan oleh Mahasiswa aktif Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) yaitu melaksanakan program Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM). Kegiatan ini adalah bentuk kontribusi mahasiswa kepada masyarakat.

Pengabdian ini dilakukan oleh Kelompok 47 Gelombang 3 yang dilaksanakan mulai tanggal 19 Januari 2024. PMM ini menjadi sarana bagi para mahasiswa untuk menyalurkan berbagai kegiatan positif kepada Masyarakat.

Kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) ini adalah untuk mengaplikasikan Hilirisasi hasil penelitian Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Kegiatan PMM ini merupakan naungan Direktorat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (DPPM) Universitas Muhammadiyah Malang.

Bacaan Lainnya
DONASI

Kegiatan PMM ini dilaksanakan pada MI Wahid Hasyim III Dusun Jetis, Desa Mulyoagung, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Anggota PMM kelompok 47 Gelombang 3 ini terdiri dari lima orang yaitu Maulana Rayya Fahreza (NIM 2021-178), Arida Prihatini (NIM 2021-181), Naila Putri Yuaninda (NIM 2021-166), Dewi Nur Maulida (NIM 2021-148), dan Reza Farisa Febrianti (NIM 2021-160). Kelompok ini dibimbing dengan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) yaitu, Bapak Luqman Dzul Hilmi, SE., MBA.

Selama ini siswa MI/SD mungkin masih mempunyai pengetahuan yang kurang tentang komputer, salah satunya adalah aplikasi Microsoft Office yang mungkin sangat dibutuhkan di masa depan.

Microsoft Office mungkin terasa kompleks bagi siswa MI yang baru mengenal teknologi. Mereka masih kesulitan untuk menavigasi menu, ikon, dan perintah yang tersedia dalam aplikasi. Serta belum mampu untuk mengoperasikan mouse dan keyboard dengan lancar sehingga kesulitan dalam mengetik atau mengklik secara akurat.

Hal tersebut dikarenakan tidak semua anak memiliki akses terhadap perangkat lunak Microsoft Office di rumah mereka, atau mungkin tidak mendapatkan dukungan yang cukup baik dari lingkungan mereka untuk memahami dan menguasai aplikasi tersebut.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut, PMM kelompok 47 membuat program kerja berupa pembelajaran dan praktik menggunakan aplikasi Microsoft Office. Tujuan pengambilan program kerja tersebut adalah untuk memperkenalkan teknologi komputer, membantu siswa menguasai alat komunikasi seperti Microsoft Word dan Power Point.

Mereka akan belajar cara menulis dokumen, membuat presentasi, dan menyampaikan informasi dengan jelas dan menarik. Selain itu, juga akan membangun keterampilan komputasi dasar seperti mengetik, mengatur dokumen, dan menggunakan perintah dasar pada Microsoft Office.

Dengan adanya program kerja ini diharapkanĀ  siswa MI Wahid Hasyim III dapat menggunakan teknologi ini sebagai alat untuk memperoleh pengetahuan dan mengekspresikan ide-ide mereka dengan lebih efekif. Serta dapat menghadapi masa depan yang semakin tergantung pada teknologi.

Dengan memahami dasar-dasar Microsoft Office, mereka akan mempunyai keunggulan kompetitif di sekolah dan mungkin di dunia kerja di masa depan.

 

Penulis: Naila Putri Yuaninda
Mahasiswa Akuntansi, Universitas Muhammadiyah Malang

Editor: Salwa Alifah Yusrina
Bahasa: Rahmat Al Kafi

 

Ikuti berita terbaru Media Mahasiswa Indonesia di Google News

Pos terkait

Kirim Artikel Opini, Karya Ilmiah, Karya Sastra atau Rilis Berita ke Media Mahasiswa Indonesia
melalui WhatsApp (WA): 0822-1088-8201
Ketentuan dan Kriteria Artikel, baca di SINI