Manajemen Bisnis di Era Anak Milenial dan Gen Z

Pendahuluan

Transformasi digital telah mengubah lanskap bisnis global. Dalam era ini, perusahaan tidak hanya dituntut untuk beradaptasi dengan teknologi baru tetapi juga merevolusi cara mereka menjalankan fungsi manajemen.

Fungsi-fungsi inti manajemen tradisional—perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalian (POAC)—tetap relevan, tetapi memerlukan pendekatan baru untuk menghadapi tantangan era digital, seperti disrupsi teknologi, perubahan preferensi konsumen, dan kompetisi global.

Pembahasan

1. Fungsi Perencanaan (Planning)

Era digital memungkinkan perencanaan berbasis data melalui analitik big data. Perusahaan dapat memanfaatkan teknologi ini untuk membuat keputusan strategis yang lebih akurat. Contoh penerapan adalah penggunaan alat prediktif untuk menganalisis tren pasar atau preferensi konsumen.

2. Fungsi Pengorganisasian (Organizing)

Teknologi digital mendukung organisasi yang lebih fleksibel dan berbasis kolaborasi. Struktur organisasi tradisional digantikan oleh model kerja hybrid atau remote, yang difasilitasi oleh platform komunikasi seperti Slack atau Microsoft Teams. Selain itu, otomatisasi tugas administratif meningkatkan efisiensi kerja.

Bacaan Lainnya

Baca Juga: Masa Depan Bisnis di Era Digital

3. Fungsi Pengarahan (Leading)

Pengarahan di era digital memerlukan gaya kepemimpinan yang adaptif dan inovatif. Pemimpin harus mampu memotivasi tim yang tersebar di berbagai lokasi melalui alat digital. Pemanfaatan teknologi seperti AI dalam pengelolaan SDM juga membantu dalam mendukung kebutuhan individu karyawan.

4. Fungsi Pengendalian (Controlling)

Pengendalian bisnis di era digital melibatkan pemantauan real-time melalui dashboard kinerja. Teknologi IoT memungkinkan perusahaan untuk mengontrol operasional secara lebih efisien, sementara alat analitik membantu mengidentifikasi anomali atau potensi risiko dengan cepat.

Baca Juga: Manajemen Bisnis Era Digital dalam e-Commerce

Kesimpulan

Fungsi manajemen bisnis tetap menjadi pilar utama keberhasilan organisasi, tetapi harus diadaptasi agar relevan di era digital. Pengintegrasian teknologi seperti big data, AI, dan IoT menjadi kunci untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi fungsi-fungsi tersebut.

Jadi teman-teman perlu kita ketahui bagaimana cara mendapatkan uang di era gen z sekarang yaitu dengan memanfaatkan adanya HP kita bisa mendapatkan uang seperti contoh kita membuat konten, kita berdagang di Shopee, kita mencari lowongan pekerjaan dengan mudah, dan kita perlu belajar tentang ilmu manajemen bisnis di era gen z sekarang karena apa pun yang kita lakukan bisa menghasilkan uang seperti contoh yang tadi yaitu ada di Shopee dan TikTok.

Penulis: Claudio Nafsyah Dasilva  
Mahasiswa Manajemen Universitas Sultan Agung Semarang

Editor: Ika Ayuni Lestari

Bahasa: Rahmat Al Kafi

Ikuti berita terbaru di Google News

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses