Manuskrip Kašf Al-Huǧub wa-‘l-Astār ʿan Asmāʾ al-Kutub wa-‘l-Asfār

Manuskrip
Ilustrasi Manuskrip (Sumber: Media Sosial dari freepik.com)

“Jas Merah” yang berarti jangan lupakan sejarah adalah salah satu semboyan yang tepat dalam membangun semangat diera modern ini untuk belajar tentang manuskrip.

Mengingat sejarah-sejarah yang terungkap kebanyakan berasal dari tulisan pada manuskrip kuno berusia berabad-abad. diungkap oleh para peneliti.

Di Indonesia sendiri perkembangan islam tak lepas dari pengaruh manuskrip arab yang dibawa dari luar dan berasal dari dalam. Manuskrip-manuskrip tersebut yang kemudian menghasilkan keilmuan-keilmuan dibidang agama berupa sejarah, kajian islam, hingga catatan ilmiah.

Bacaan Lainnya

Wujud sebuah manuskrip berupa tulisan tangan diatas wadah berupa kulit hewan atau kertas yang dikemas menjadi sebuah buku atau gulungan. Diindonesia sendiri Tulisan dan bahasa Bahasa sebuah manuskrip yang masuk bermacam-macam, antara lain :

  1. Tulisan Arab dengan Bahasa Arab
  2. Tulisan Arab atau aksara jawa dengan Bahasa Jawa (Manuskrip Pegon)
  3. Tulisan Arab dengan Bahasa melayu (Manuskrip Pegon Jawi).

Pada penggunaan tulisan Bahasa dan aksara dalam manuskrip nusantara memilki sejarahnya sendiri. pada masa itu adanya proses islamisasi kepulauan melayu dalam kurun waktu yang sangat panjang pada paruhkedua abad ke-13.

Di periode itu banyak terjadi pengadopsian dan penggunaan kosakata Bahasa arab dalam berbagai manuskrip.

Karena bangsa arab memang memiliki keahlian dalam mengadopsi lalu mencerna, mengkritik dan mmberi sumbangan besar yang memunculkan dari imajinasinya berupa gizi intelektual baru dan berbeda.

Kontribusi bangsa arab bukan hanya dinusantara saja, namun juga kebenua-benua sekitarnya seperti afrika bahkan eropa.

Transisi

Pada kesempatan ini, peneliti akan menganalisa teks manuskrip yang berjudul Kašf al-ḥuǧub wa-‘l-astār ʿan asmāʾ al-kutub wa-‘l-asfār yang ditulis oleh Iʻjāz Ḥusayn al-Nīsābūrī Kantūrī pada tahun 1912 dikalkutta india. Beliau adalah seorang ulama’ terkemuka pada masanya yang bernama asli Husain bin Muhammad Quli Al-Kanturi.

Buku ini ditulis dengan tulisan arab dan berbahasa arab pula dengan tinta hitam diatas kulit sepenuhnya, kemudian pada paroses penjilidannya memlaui proses penjahitan sehingga kuat dan tahan lama.

Buku ini kemudia banyak dicetak ulang ke versi yang lebih bagus, namun ada beberapa halaman yang hilang dan tidak jelas.

Informasi

Buku ini berjudul yang Kašf al-ḥuǧub wa-‘l-astār ʿan asmāʾ al-kutub wa-‘l-asfār tulisan Hidayat Husain ini berisi biblioghrapghy dari buku buku tentang ajaran dan sejarah agama islam yang dikumpulkan.

Bibliography tersebut lengkap berisi judul buku denagn pengarannya, serta tahun wafat dan lahir sipenulis.

Pengumpulan bibliography tersebut merupakan inisiatif Husain yang kemudian dibantu oleh Denior ros yang juga pakar ilmu tentang arab pada masa itu.

Karena dijaman dahulu belum ada teknologi yang bisa menemukan buku yang dicari, demi memenuhi inisiatifnya beliau mencari secara manual yaitu dengan mengelilingi jazirah arab hingga eropa melewati Istanbul diturki dan kanada.

Perjuangan Husain tak sia-sia, perjalanan panjang yang dilaluinya mendapatkan hasil yang memuaskan. Dari jazirah arab hingga eropa, husain berhasil mengumpulkan buku sebanyak 3414 buku.

Buku-buku yang ditemukan spesifik adalah tulisan-tulisan para ulama yang berisi keilmuan-keilmuan dan sejarah islam.

Setelah mengumpulkan buku berserta bibliographnya, beliau menuliskan buku dengan menyertai pengarang hingga tahun lahir dan wafatnya.

Data-data tersebut menghasilkan sebuah buku yang ditulis diatas kulit dengan 3414 halaman dan dijilid dengan jahitan benang lalu diberi judul Kašf al-ḥuǧub wa-‘l-astār ʿan asmāʾ al-kutub wa-‘l-asfār

Berikut adalah halaman kedua awal dan akhir berserta tarnskripsi dan transliterasi manuskrip buku Kašf al-ḥuǧub wa-‘l-astār ʿan asmāʾ al-kutub wa-‘l-asfār;

Transkripsi Manuskrip

Dua Halaman Pertama:

Bismllāhrrōḥmānirroḥīm

Ālẖamdulillāẖi-l waliyyi-munʿam – waṣṣlātu wassalāmu ‘alā rōsūliḥi ẖoiri-l anām – wa āliḥi- lkirōm – wa aṣṣẖābiḥi ḏawi-l iḥtirōm – ilā yaumi-l qiyām – baʿda fayaqūlu-l abdu al mutawakkil ʾalā-l lōẖil- ʿaallām – muḥammad hidayat ḥusain ibni-allāmaẗi al-fahhāmati šamsu-l ʿulamā’ walāyati ḥusain ḥimāhumā allāhu taʿāla al-fawāʾibu wa ḥudūṯi-l ālam – innī lammā kuntu muštaġilan fī ẖidmaẗi dinison ros li ǧamʿi-l kutubi-l arobiyyaẗi wa-l fārisiyyaẗi wa-l qolamiyyaẗi-n nādiẗi-l wuǧūdi lidaulaẗi-l hindi taḥta ḥirōsaẗi-l fāḍili lūḏaʿi-l himāmi – duktūr dīnsūn rous āllaḏī ṣōro min baini ʿulamāʾi-l qirōm – fī taḥqīqi-l ʿulūmi-l ʿarobiyyaẗi – wa tadqīqu-l ʾusūli-l ḥukmiyyaẗi – wa tanqīdu-l funūni-l fārisiyyati – fī aʿla-l maqōmi – wa aġroqo-l ulamāʾu wa-l fuḍolāʾi wa-l ẖowāṣi wa-l ʿawāmi- fī baḥri-l karomi wa-l anʿam – hadāhullōhu taʿāla ḏu-l ǧūdi wa-l ikrōm – bihāḏihi-s saǧǧiyyaẗi-l marḍiyyaẗi – wa-l ẖoṣōʾili-s sinniyyaẗi – ilā mā huwa maḥmūdun ʿinda ǧamīʿi-l auliāʾi-l ʿiẓōm – wa marḍī ʿindar rusul-l kirōm – ʿalaihimu-l ṣolātu wa-l ssalāam – irtakabat ġōroba-l iġtirōbi min baladin ilā baladin – wa mā-l taffat ilā-l ālam wa-l kindi – wa tafaṣṣohati-l ahwāli wa-l asāmi wa safiyyi-l wilādati wa-l wafāti li-l ʿulamāʾi-l aʿlāmi – mina-l firoqi-l muẖtalifati-l aqōʾidi fī-l islāmi -fawaǧadat fī kutubi-l riǧāli wa-l sairi mā ḥaṣola lī bihi-l iṭmīnāni-l tāmi – walākin ḥālati-l ʿulamāʾi-l šaiʿiyyaẗi – wa fuḍolāʾi-l firqoti-l amāmiyyaẗi – tattabiʿt kaṯiron min kutubihim al mauǧūdaẗu ʿindī miṯla roḍōti-l ǧannāt – fī ahwāli-l ulamāʾi wa-l ssādāti – wa muntaḥa-l maqōli – fī asmāʾi-l rrijāli – wa kitābi amali-l āmali – fī ḏikri ulamāʾi ǧabalin ʿāmilin – wa faharosat kutubi-l ššaiʿati limuhammad ibni-l ʿali-l ṭṭūsi wa ġoiriha wa ṭōlaʿat kašfu-l zzunun – ʿn asāmī-l kutubi wa-l funūni – wa kitābu-l ʿalāmaẗi barōkilmān al-almānī-l musammā bitārīẖi al-ʿulūm al-ʿarobiyyaẗ wa fihārisi dāru kutubi miṣro wa istanbūl wa aurubā šamarotu-l ḏīl litaḥqīqi asmāʾi muṣonnifīhim – wa tārrīẖi wilādatihim wa wafātihim – famā waǧadat fī kitābi tārīẖi wa wafātihim biḥaiṯu yazūlu minhu-l ẖifa – wa ablaġo bihi-l munā wa aḥsola bihi-l hanā – wa ašfā  qolbi-l ʿalīli – wa arwā lauʿati-l ġolīi – wa ihtadā ilā sawā’i-l sabīli – faṣorot fī taʿibin wa baylin – wa hamma ṯaqīlin – fawaṣolat fī aṯnāʾi-l safari wa-l murūri – ilā baldaẗi bānkīfūr – fanaẓorot fī dāri kutubiha kitāban mausūman bikašfi-l ḥujūbi wa-l astāri – ʿan asmāʾi-l kutubi wa-l asfāri –  fa haṣola lī min rowiyyatihi-ḷ ṭorbi – wa ḥaḍḍonī ʿalā aẖḏihi-l šauqi wa-l ṭolabi – liʾannī kuntu min zamānin madīdin fī ṭolabi miṯla hāḏā-l kitābi – mā arfaʾa bihi ʿan wujūhi maṭolibī-l ḥiǧābi – fāstaǧazat min nāzūroti dāru-l kutubi – liktābati kašfu-l hujubi – faqobala-l timāsi wa ijāanī – ṯumma lammā faroġo-l kātibu mina-l naqli – aẖoḏat biʾijāzatihi-l aṣlī.

2307  hidāyatu-l muʾminīna wa tuḥfatu-l rōġibīna li-l sayyid niʿmata-l llahi ibni ʿabdulloh ibni ḥusain ibni aḥmad ibni maḥmūd al-husainī al-ǧazāduri-l mutawaffā sanaẗa ṯalāṯīna baʿda-l miʾati wa-l alifi allfahu baʿda taʾlīfi šarḥi-l ibtiṣōri liʾijābati-l timāsi baʿḍo ẖullānihi fī-l ṭohāroti wa-l ṣolāti wa huwa martabun ʿala kuttābīna wajzaẗu-l lafzi wāḍihaẗu-l ʿibāroti awaaluhu alḥamdulillāhillaḏī faqqihnā fī umūri-l dīn wa jaʿala-l ṣolātu qurbānan liʿibādihi-l muttaqīna ilẖ.

Dua Halaman Terakhir:

Ḥarfu-l yāʾi

3408   Āl-yaqīnu fī uṣūlu-l dīni limuḥammadi bni-l murtaḍō al-madʿū bimuḥsin al-kāšī al-mutawaffā sanaẗa biḍʿa wa tisʿīna wa alfin waqoʿa-l farōġo minhu sanaẗa-i ṯnataini wa arbaʿina baʿda-l alfi.

3409   Al-yaqīnu fī-l imāmati li-l alāmati-l ḥillī sabaqo fī kašfu-l yaqīni.

3410   Al-yaqiinu bi-i ẖtiṣōṣi maulāna ʿalī ʿammi bāmirotu-l muʾminīna li-l sayyid riḍō-l dīn ʿalīyyi-ibni mūsā-i bni ṭōwas al-husainī al-mutawaffā sanaẗa arbaʿa wa sittīna wa sittumiʾaẗin qod naqola fīhi-i ẖtiṣōṣi ʿalā ʿalaihi-l ssalamu bi umroẗu-l muʾminīna mimmā yazīdu ʿalā ṯalāṯumiʾati ṭorīq.

3411    Al-yaqinu fī uṣūlu-l dīni li-l šaiẖi abī-l husain alī-i bni hibbatullōhi-i bni ʿuṯmān-i bni aḥmad-i bni ibrōḥim-i bni-l rōbiatu-l mūṣollī

3412   Al-yatīmiyyaẗ li-l sayyid al-ajlu hāšim al-maʿrūf bi-l ʿalāmatu-bni-l sayyid sulaimān-i bni-l sayyid ismaʿīl ibni-l sayyid ʿbdu-l jawād al-kitkānī al-mutawaffā sanẗa sabʿa wa miʾati baʿda-l alfi.

3413   Al-yanabīʿu ummu aẓfar ʿalī isma muṣonnifahu awwaluhu-l ḥamdulillahi robbi-l ālamīn wa ṣollōhu alā muḥammad wa ālihi-l ṭōhirīn.

2314   Al-yūsufiyyaẗ li-l sayyid majid-ibni hāšim-i bni ʿali-i bni murtaḍō-i bni ʿalī-i bni mājid al-ḥusainī al-jid ḥafṣi al-mutawaffā fī-l sanaẗi-l ṯāniyaẗi wa-l ʿišrīna baʿda-l alfi.tamma-l kitābu biʿaunillhi-l maliki-l wahhābi.

Transliterasi:

Dengan menyebut nama allah yang maha pengasih lagi maha penyayang

Segala puji bagi allah sang pelindung dari segala sesuatu – sholawat dan salam kepada rosul kita Muhammad utusan yang terbaik dari yang terbaik – rosul yang dihormati – dan para sahabatnya yang penuh dengan kemuliaan – sampai hari akhir – hamba allah yang selalu bertwakkal yaitu Muhammad hidayat husain bin alamah al fahamah yang merupakan ulama besar  mengatakan – sesungguhnya aku Ketika sedang sibuk mengabdikan diri ditech in asia untuk mengumpulkan buku-buku arab dan Persia yang tertulis langka dengan pena dengan bentuk dari negara hindia dibawah bimbingan E. Denison Ross yang juga termasuk salah satu ulama terhormat – untuk menyelidiki ilmu-ilmu arab – mengaudit asset tata Kelola dari buku tersebut – dan mengkritik seni-seni Persia – diderajat tertinggi –  para ulama, fudhola, khwash dan awwam – dilautan kemuliaan dan kehormatan – allah yang maha dermawan dan bijaksana memberikan petunjuk kepda mereka – dengan pemberian alami yang diridhoinya – dan berkas-berkas tahunan – yang dimana terpuji oleh seluruh nabi dan ulama besar – dan diridhoi oleh rosul yang mulia – dia berpindah-pindah melakukan safar dari negeri ke negara – hingga mengelilingi kanada – guna menyelidiki keadaan, penamaan, tahun lahir dan wafat para ulama sedunia – dari berbagai macam bagian yang berbeda dan kepercayaan yang berbeda didalam islam – dan mereka menemukan pada buku ar-rijal wa ssair belum menemukan hasil yang tepat – tetapi keadaan para ulama dan fudhola dikubu frontal – banyak yang mengikuti buku-buku mereka yang ada seperti roudhootil Jannat – pada ahwal ulama dan pemuka – dan akhir buku – dinama-nama penulis – dan buku-buku yang tersebar – untuk mengingat para ulama terdahulu – dan daftar-daftar buku mahmud bin husain bin ali toss dan lain-lain – kemudian muncul kritik terhadap penamaan buku dan seni  – dan buku prof.brockelman seorang dari jerman yang Bernama “ilmu-ilmu arab dan daftar lahir dan wafat para ulama” dan apa yang ,ereka temukan tentang tanggal lahir dan wafat berdasarkan apa yang tersembunyi – dan menadaptkan apa yang diharapkan – serta menghasilkan sesuatu yang menyenangkan – pada saat perjalanan sampailah mereka disuatu negara yaitu bankifor – kemudian mereka melihat diperrpustakaan bukunya buku dengan tanda “bikasfi-lhujub wal astar an asmail kutub wal asfar”.

Dua Halaman Terakhir:

3407 Hidayatul mu’minin dan tuhfaturroghibin karya sayyid ni’matulloh bin Abdullah bin Muhammad bin husain bin ahmad bin mahmud husain al jazaduri meningeal pada tahun 1130 buku ini ditulis setelah buku syarh istibshir untuk menjawab beberapa pertanyaan pengikutnya pada thoharoh dab sholat beliau merupakan penulis kelas atas dengan kafaz yang tepat, kalimat yang jelas pada tulisan tulisannya.

Huruf ya’

3408 Al-yaqin fii ushuluddin karya Muhammad bin mutadho yang terkenal dipangil dengan nama hisain al-kaasyi meninggal pada tahun  1094 dan terjadi kekosongan pada tahun 1042.

3409 Al-yaqin fil imamah lil alamah al halli telah disebutkan pada kasyful yaqin

3410 Al-yaqin dengan pengkhususan maulana ali bamirotul mu’minin karya ridho din ali bin musa bin toss al husaini meninggal tahun 664 m.

3411 Al-yaqin fii ushuluddin karya syaikh abi al husain ali bin hibbatulloh bin utsman bin ahmad bin Ibrahim bin robiah almushlolli.

3412 Al-yatimiyyah karya sayyid hasyim yang dikenal dengan nama alamah bin sulaiman bin ismail bin sayyid abdul jawad al-kitkani meninggal pada tahun 1107.

3413 Al-Yanbi’ ummu izfar nama penulisnya berawalan alhamdulillahi robbil alamin wa shollahu ala Muhammad wa alihit thohirin.

3414 Al-Yusufiyyah karya majid bin hasyim bin ali bin murtadho bin ali bin majid al husaini al jaddu hafshi meninggal pada tahun 1022

Penulis:

  1. Muhammad Bagus Bastary
  2. Dr Iin Suryaningsih, S.S., M.A

Mahasiswa Bahasa dan Kebudayaan Arab, Universitas Al-Azhar Indonesia Jakarta

Editor: Salwa Alifah Yusrina
Bahasa: Rahmat Al Kafi

Referensi:

Hizbullah, Nur, et al. “Manuskrip Arab Nusantara Dalam Tinjauan Linguistik Korpus.” Arabi, 2019.

El-Syahthiy, Isham Muhammad. Instrumen-Instrumen Penenlitian Naskah Arab. Bildung, 2020.

Al-Kanturi, Hidayat Husain. Kašf Al-Huǧub wa-‘l-astār ʿan asmāʾ al-kutub wa-‘l-asfār. Calcutta, Printed at the Baptist Mission Press, the Asiatic Society of Bengal, 1935.

Kirim Artikel

Pos terkait

Kirim Artikel Opini, Karya Ilmiah, Karya Sastra atau Rilis Berita ke Media Mahasiswa Indonesia
melalui WhatsApp (WA): 0811-2564-888
Ketentuan dan Kriteria Artikel, baca di SINI

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.