Pandemi Covid-19 sudah ada sejak tahun 2020 hingga sekarang dan itu membuat perubahan muai dari kebiasaan kecil maupun kehidupan sehari hari, masyarakat juga membutuhkan waktu untuk melakukan penyesuaian dari perilaku lama mereka. Dengan adanya dorongan untuk melakukan perubahan masyarakat mulai bisa beradaptasi.
Penerapan social distancing mempengaruhi segala aspek contohnya seperti aspek sosial yang di mana berkerumun dilarang, diwajibkan menjaga jarak dan adanya beberapa protokol kesehatan. Hal tersebut menyebabkan perilaku konsumen dimana daya beli langsung pada masyarakat mengalami banyak penurunan.
Baca Juga: Bisnis Online Dikala Pandemi
Masyarakat lebih memilih untuk berbelanja di marketplace seperti Shopee, Tokopedia, Lazada atau melalui aplikasi Go-food. Dengan membeli online, pembeli tidak harus ke mana-mana dan cukup di rumah saja selain itu juga meminimalisir berpeluangnya tertular Covid-19. Kondisi saat ini perubahan bisa terus berlanjut dan bertahan hingga berjangka panjang.
Rochmatun Nur Laila
Mahasiswa Universitas Sarjanawiyta Tamansiswa
Editor: Diana Pratiwi