Membangun Kreativitas Anak-Anak Membuat Kerajinan Tangan

Kerajinan Tangan
Ilustrasi Kreativitas Anak (Sumber: Media Sosial dari freepik.com)

Kata Pengantar

Puji syukur kita panjatkan kepada Tuhan yang maha esa karena kami dapat menyelesaikan Laporan Akhir Pengabdian Mahasiswa Kepada Masyarakat melalui kegiatan membangun kreativitas kepada anak-anak membuat kerajinan tangan di Yayasan Panti Asuhan dan Dhuafa Pamulang.

Pengabdian kepada masyarakat ini merupakan perwujudan salah satu persyaratan kelulusan Universitas Pamulang. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 02 Mei 2023 di Yayasan Yatim dan Dhuafa Pamulang. Materi yang dipilih untuk mengajarkan anak–anak berkreativitas sejak dini.

Dalam penyusunan laporan akhir pengabdian mahasiswa kepada masyarakat ini, penulis mendapatkan bantuan dan bimbingan dari berbagai pihak, untuk itu penulis mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang terlibat dalam penyusunan laporan ini.

Penulis berharap laporan akhir pengabdian mahasiwa kepada masyarkat ini dapat bermanfaat bagi diri penulis dan semua pihak

Bacaan Lainnya

Bab 1 Pendahuluan

1.1 Latar Belakang

Kreativitas merupakan hal penting dalam kehidupan khususnya pada anak usia dini karena dapat membuat manusia lebih produktif. Selain itu juga meningkatkan kualitas hidup serta dapat mempermudah mencari jalan keluar dari sebuah permasalahan.

Pengembangan kreativitas sangat penting dikembangkan sejak usia dini karena kreativitas sangat berpengaruh sekali dalam pengembangan aspek-aspek perkembangan anak usia dini.

Apabila kreativitas anak tidak dikembangkan sejak dini maka kemampuan kecerdasan dan kelancaran dalam berfikir anak tidak berkembang karena untuk menciptakan suatu produk dan bakat kreativitas yang tinggi diperlukan kecerdasan yang cukup tinggi pula.

Misalnya, ketika anak diminta untuk membuat sesuatu dari bentukbentuk persegi, kalau anak membuat persegi itu menjadi rumah, buku, kotak obat, atau peti maka hal ini menunjukkan kelancaran anak mengungkapkan ide karena ide yang dihasilkan bervariasi, (Sari, 2012). 

1.2 Rumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang diatas, tim PKM merumuskan masalah yang mendasar yaitu :

  1. Bagaimana cara membangun kreativitas pada anak-anak?
  2. Seberapa tinggi antusiasme anak-anak  untuk membuat kreativitas ?

1.3 Tujuan Penulis 

Tujuan dari program pengabdian kepada masyarakat (PKM) ini adalah sebagafi berikut :

  1. Meningkatkan kreativitas kepada anak anak
  2. Memberikan sedikit ilmu membuat kerajinan tangan 

1.4 Manfaat program

Manfaat antaranya yaitu: 

  1. Melatih ketrampilan anak
  2. Melatih kesabaran anak
  3. Melatih ketelitian anak
  4. Upaya mendaur ulang barang bekas
  5. Melatih percaya diri anak

Bab 2 Tinjauan Pustaka

Konsep dan bentuk kreativitas anak usia dini dan orang dewasa sangat berbeda. Kreatif dalam pengertian orang dewasa berarti keberadaan keahlian (expertise), keterampilan (skills), dan motivasi dalam diri (intrinsic task motivation).

Orang dewasa yang kreatif diindikasikan sebagai individu yang memiliki keterampilan teknik prima, berkemampuan sen, dan memiliki bakat. Mereka juga memiliki gaya karya yang mempesona, keterbukaan ide yang  mengagumkan, dan konsentrasi serta ketekunan yang luar biasa.

Anak-anak yang kreatif sensitif terhadap stimulasi. Mereka juga tidak dibatasi oleh frame-frame apapun. Artinya, mereka memiliki kebebasan dan keleluasan beraktivitas. Anak kreatif juga cenderung memiliki keasyikan dalam aktivitas.

Bab 3 Metode Penelitian

3.1 Solusi Pemecahan Masalah     

Berikut adalah beberapa solusi pemecahan masalah sebagai berikut :

1. Menyediakan Akses dan Sumber Daya:

Hal ini meliputi penyediaan bahanbahan kerajinan yang beragam peralatan dan panduan yang jelas tentang cara membuat kerajinan.

2. Stimulasi Kreativitas:

Memberikan tantangan yang menarik dan beragam dan mendorong Mereka untuk berpikir out-of-the-box dan exsplorasi ide-ide baru.

3. Pujian dan Apresiasi:

Berikan pujian yang tulus terhadap kerajinan yang dibuat oleh anak-anak.

4. Kolaborasi dan Sharing:

Mendorong mereka untuk berbagi ide, keterampilan, dan pengalaman, Hal ini dapat meningkatkan krativitas mereka melalui pertukaran gagasan dan inspirasi antar anak.

3.2 Objek dan Sasaran 

Objek dari junal ini adalah Anak-anak Yayasan panti asuhan dan dhuafa yang terlibat dalam kegiatan pembuatan kerajinan tangan. Mereka merupakan subjek penelitian yang akan diteliti mengenai bagaimana kegiatan tersebut dapat membangun kreativitas mereka.

Sasaran dari jurnal ini adalah untuk mengeksplorasi peran kegiatan membuat kerajinan tangan dalam membangun kreativitas anak-anak. Penelitian ini bertujuan untuk memahami dampak positif yang dapat di berikan oleh kegiatan tersebut dalam mengembangkan kreativitas anak-anak.

3.3 Tempat dan waktu

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat telah kami laksanakan pada:

Hari/Tanggal: Minggu, 17 februari 2023

Waktu: Pukul 9:00 AM – Selesai

Tempat: Yayasan Panti Asuhan dan Dhuafa

Tema: Membangun kreativitas anak-anak membuat kerajinan tangan 

3.4 Metode Kegiatan 

Pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan dalam 3 tahapan yaitu :

1. Tahapan pertama

Tahapan pertama yaitu pemaparan bagaimana langkah langkah membuat kerajinan tangan sesuai dengan kerajinan yang akan di buat.

2. Tahapan Kedua

Tahapan kedua yaitu Melakukan pembuatan kerajinan tangan sesuai dengan langkah langkah yang sudah di paparkan.

3. Tahapan ketiga 

Tahapan ketiga yaitu Melakukan games tanya jawab kepada anak-anak Yayasan Panti Asuhan dan Dhuafa.

Tabel 3.1 Rundown Acara kegiatan 

Bab 4 Hasil yang ingin Dicapai

4.1 Hasil dan Pembahasan 

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dan memahami bagaimana kegiatan pembuatan kerajinan tangan dapat membangun kreativitas anak-anak. Berikut adalah hasil dan pembahasan dari penelitian ini:

1. Meningkatkan Keterampilan Kreatif:

 

Melalui kegiatan pembuatan kerajinan tangan anak-anak memiliki kesempatan untuk mengembangkan keterampilan kreativitas mereka.

2. Peningkatan Apresisasi Seni dan Kerajinan:

Mereka belajar mengenai teknik, gaya, dan budaya yang terkait dengan keraajinan tangan. Membantu mereka memahami nilai seni, menghargai kerajinan tradisional, dan mengembangkan rasa estetika.

Bab 5 Penutup

5.1 Kesimpulan  

Berdasarkan pengabdian dan hasil penelitian yang telah disampaikan di atas penulis menyimpulkan bahwa dengan mengembangkan kreativitas yaitu dengan membuat kerajinan tangan dapat memudahkan bagi anak-anak untuk meningkatkan pengetahuan, nilai-nilai potensial serta pembentukan mental seorang anak.

Masa usia anak merupakan periode emas (golden age) bagi perkembangan anak untuk memperoleh pendidikan. Seorang anak perlu mengetahui segala hal yang mengitari kehidupannya untuk merangsang perkembangan kepribadian,psikomotor,kognitif maupun aspek sosial.

5.2 Saran

Berdasarkan pembahasan diatas maka peneliti memberi saran-saran sebagai berikut: Kegiatan kerajinan tangan seharusnnya ada dan dilakukan setiap minggunya di Grya Yatim dan Dhuafa Pamulang.

Dengan demikian melalui kegiatan kerajinan tangan yang sudah diadakan 1 kali peretmuan bisa diterapkan oleh anak-anak untuk mengembangkan kretivitas mereka selama kegiatan sekolah dilakukan secara langsung.

 

Referensi:

https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-5484593/pengertian-kerajinantujuan-jenis-dan-contohnya

https://www.gramedia.com/literasi/kerajinan/

 

Lampiran-Lampiran

Lampiran 1. Biodata Anggota Tim PMKM Dan Dosen pembimbing

Tabel 1 Biodata Anggota Tim PMKM

   1   Nama lengkap   Aulia Maharani
    Program Studi    AKUNTANSI S1
    NIM    201011201025
    Tempat Tanggal Lahir   Tangerang Selatan , 03 Mei 2002
     Alamat email     [email protected]
     
   2  Nama lengkap    Mariana Fransiska Muma 
    Program Studi    AKUNTANSI S1
    NIM   201011200468
    Tempat Tanggal Lahir   Waemunting 06 Oktober 2001
    Alamat email    [email protected]
     
   3   Nama lengkap   Berkat Verify Putra Laia
    Program Studi    AKUNTANSI S1
    NIM    
    Tempat Tanggal Lahir   Tuhegewo, 25 April 2003
    Alamat email    [email protected]

Tabel 2 Biodata Dosen Pembimbing

   1    Nama lengkap dospem dan Gelar  Sunarto, S.E.,M.M.
    Program Studi   AKUNTANSI S1
    NIDN/NIDK   0401039101
    Tempat Tanggal Lahir  
    Alamat email  
    No Telp  

Lampiran 2. Surat Pernyataan Kesediaan Mitra atau IA (Implementation Arrangemen)

Lampiran 3. Surat Tugas 

Gambar 1. Pembukaan PMKM

Gambar 2. Sambutan oleh Dosen 

Gambar 3. Hasil Karya Anak-Anak

Gambar 4. Foto Bersama-sama 

 

Penulis:

  1. Aulia Maharani
  2. Mariana Fransiska Muma
  3. Berkat Veryfi Putra Laia

Mahasiswa Akuntansi, Universitas Pamulang

 

Editor: Salwa Alifah Yusrina
Bahasa: Rahmat Al Kafi

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses