Pengaruh Lingkungan dalam Perkembangan Anak

anak indonesia

Perkembagan merupakan perubahan-perubahan psikofisis sebagai hasil proses pematangan fungsi-fungsi psikis dan fisik pada diri anak, yang ditunjang oleh faktor lingkungan dan proses belajar pada waktu tertentu menuju kedewasaan (Kartono, 1982).

Para ahli memandang, masa anak usia dini adalah masa yang paling fundamental bagi perkembangan selanjutnya. Masa ini juga dipandang sebagai masa keemasan (golden age), masa sensitif atau masa peka, masa inisiatif dan berprakarsa, dan pengembangan diri.

Salah satu faktor yang berpengaruh terhadap perkembangan anak adalah lingkungan. Adapun yang dimaksud dengan lingkungan adalah semua orang/manusia lain yang mempengaruhi kita. Pengaruh lingkungan sosial itu ada yang kita terima secara langsung seperti dalam pergaulan sehari-hari dengan orang lain, dengan keluarga kita, teman kita, dan sebagainya. Dan ada yang tidak langsung seperti melalui radio, televisi, dengan membaca buku, majalah, surat kabar, dan sebagainya.

Bacaan Lainnya
DONASI

Peranan lingkungan keluarga merupakan salah satu pilar dalam tri pusat pendidikan. Lingkungan keluarga adalah Pilar utama untuk membentuk baik buruknya pribadi manusia agar berkembang dengan baik dalam beretika, moral dan akhlaknya.

Peran Keluarga dapat membentuk pola sikap dan pribadi anak, juga dapat menentukan proses pendidikan yang diperoleh anak, tidak hanya di sekolah akan tetapi semua faktor bisa dijadikan sumber pendidikan. Lingkungan keluarga juga dapat berperan menjadi sumber pengetahuan anak, juga dapat berpengaruh tehadap keberhasilan prestasi siswa.

Lingkungan keluarga harus dapat memberikan dan menyiapkan pendidikan untuk anaknya agar menjadi generasi penerus yang terdidik, yakni melalui jenjang pendidikan sehingga terbentuk dan berkembang pribadi anak yang berkarakter baik, berjiwa sosial, bersikap yang beradab dan terampil dalam skillnya.

Keluarga bagi seorang anak merupakan lembaga pendidikan non formal pertama, di mana mereka hidup, berkembang dan matang. Di dalam sebuah keluarga, seorang anak pertama kali diajarkan pada pendidikan. Dari pendidikan dalam keluarga tersebut anak mendapatkan pengalaman, kebiasaan, keterampilan berbagai sikap dan bermacam-macam ilmu pengetahuan.

Demikian lah, jika kita hubungan kembali antara pembawaan/keturunan dan lingkungan dalam hal pengaruhnya terhadap perkembangan manusia, dapatlah kita tentukan sebagai berikut: Sifat-sifat dan watak kita adalah hasil sifat-sifat antara pembawaan dan lingkungan kita. Interaksi antara keduanya itulah yang menentukan bagaimana hasil/keadaan/perkembangan aspek-aspek tertentu dari manusia.

Rizanati Fikrina
Mahasiswa IAIN Pekalongan

Kirim Artikel

Pos terkait

Kirim Artikel Opini, Karya Ilmiah, Karya Sastra atau Rilis Berita ke Media Mahasiswa Indonesia
melalui WhatsApp (WA): 0822-1088-8201
Ketentuan dan Kriteria Artikel, baca di SINI