Pendampingan Implementasi Digital Marketing: Upaya Mahasiswa IPB Tingkatkan Pemasaran Produk UMKM

Digital Marketing Mahasiswa IPB

Bogor – Mahasiswa Komunikasi Sekolah Vokasi IPB University melaksanakan program IPB Goes to Field (IGTF) dalam rangka membantu Usaha Mikro Kecil dan Menengah meningkatkan pemasaran produk. Program ini berada di bawah naungan Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) IPB University.

Mahasiswa dibagi dalam 30 kelompok yang akan membantu UMKM di lingkar kampus IPB University. IPB Goes to Field mulai dilaksanakan pada Oktober hingga Desember ini.

Kelompok IGTF 9 mendapatkan kesempatan untuk membantu UMKM Gapoktan Mandiri Jaya yang berlokasikan di Desa Cikarawang, Kecamatan Dramaga, Kabupaten Bogor. Pada hari Jumat (29/10/2021) kelompok IGTF 9 melakukan kunjungan pertama untuk mengetahui lokasi dan kondisi UMKM. Kedatangan kelompok IGTF 9 disambut baik oleh Bapak Ahmad Bastari. S.R selaku pemilik UMKM.

Bacaan Lainnya
DONASI

Baca Juga: Pendampingan dan Pelatihan Pembuatan Produk dari Singkong

Produk yang dihasilkan oleh UMKM Gapoktan Mandiri Jaya, yaitu: butter cookies, brownies ubi khas bogor, teh tubi daun ubi, teh daun ubi jalar, tepung hurip, keripik singkong, keripik daun ubi jalar, keripik pangsit bawang, kacang sembunyi, dan saus sambal cap ibu jari jempol. Selain itu, UMKM Gapoktan Mandiri Jaya juga menjual ubi mentah yang ditanam di lahan sendiri.

Bapak Ahmad mengaku penjualan produk selama masa pandemi COVID-19 menurun. Selain itu, Bapak Ahmad juga memiliki kendala dalam pemasaran karena ada beberapa produk yang belum memiliki sertifikasi halal. Bapak Ahmad memiliki keinginan untuk meningkatkan pemasaran produk, khususnya produk-produk yang merupakan olahan dari tepung ubi.

Guna membantu Bapak Ahmad meningkatkan pemasaran produk, kelompok IGTF 9 mendampingi pengimplementasian digital marketing dalam pemasaran produk UMKM Gapoktan Mandiri Jaya. Langkah awal yang dilakukan kelompok IGTF 9 adalah memberikan edukasi kepada UMKM terkait tata cara penggunaan media digital serta kelebihan penggunaannya dalam pemasaran.

Baca Juga: Sekolah Vokasi IPB Adakan Program IPB Goes To Field, untuk Membantu UMKM di Sekitar Kampus

Setelah itu, kelompok IGTF 9 membantu dalam pembuatan akun e-commerce dan media sosial UMKM yaitu, Shopee, GrabFood, dan Instagram. Setelah pembuatan akun, kelompok IGTF 9 mengambil foto dan video produk sebagai bahan promosi pada e-commerce dan media sosial UMKM.

Kegiatan pendampingan dan pengimplementasian digital marketing yang sedang terlaksana ini bertujuan agar produk UMKM Gapoktan Mandiri Jaya semakin dikenal oleh masyarakat dan dapat meningkatkan minat masyarakat dalam pembelian produk. Kelompok IGTF 9 juga membantu menjembatani UMKM dalam mendapatkan sertifikasi halal melalui IPB Halal Center.

Terlaksananya kegiatan pendampingan dan pengimplementasian digital marketing pada UMKM dalam program IPB Goes to Field ini, diharapkan UMKM yang berada di lingkar kampus IPB University khususnya UMKM Gapoktan Mandiri Jaya dapat berkembang dan semakin berkualitas sehingga dikenal oleh masyarakat luas. Selain itu, program IPB Goes to Field juga diharapkan dapat menjalin hubungan baik antara Mahasiswa Komunikasi Sekolah Vokasi IPB University dan masyarakat.

Baca Juga: Bantu UMKM Coklat Taleus Tingkatkan Penjualan, Mahasiswa IPB Kenalkan Branding Online

Atisah Raihan Fadillah
0831-8233-8400
atisaraihan11@gmail.com
Mahasiswa Sekolah Vokasi IPB University

Editor: Diana Pratiwi

Kirim Artikel

Pos terkait

Kirim Artikel Opini, Karya Ilmiah, Karya Sastra atau Rilis Berita ke Media Mahasiswa Indonesia
melalui WhatsApp (WA): 0822-1088-8201
Ketentuan dan Kriteria Artikel, baca di SINI