Instagram adalah sosial media yang hampir digunakan semua orang, guna berbagi foto dan video yang memungkinkan pengguna mengambil foto, video, menerapkan filter digital, dan membagikannya ke berbagai layanan jejaring sosial, termasuk milik Instagram sendiri.
Dapat memudahkan mempromosikan produk dan layanan dengan berbagai fitur bawaan Instagram. Kesempatan menjangkau audiensi lebih luas dan yang belum pernah mengenal brand Anda sebelumnya, meningkatkan angka penjualan bisnis Anda.
Produk fashion terdiri dari berbagai macam barang seperti baju, celana, tas, sepatu, topi, gelang, dan sebagainya dalam arti lain segala sesuatu yang dikenakan pada tubuh, baik dengan maksud melindungi tubuh maupun memperindah penampilan tubuh.
Baca Juga: Pengaruh Kegunaan Brand Ambassador dalam Memperkenalkan Produk di Kalangan Masyarakat
Busana pada umumnya adalah suatu ekspresi atau ungkapan pribadi yang tidak selalu sama untuk setiap orang. Kebutuhan akan fashion didasari oleh adanya kebutuhan dan keinginan konsumen. Konsumen biasanya sangat peka terhadap informasi yang mendukung keputusannya. Seorang pemasar harus bisa mengkomunikasikan untuk membantu konsumen merasa nyaman dengan pilihan mereknya.
Mengapa Instagram bisa mempengaruhi tingkat penjualan suatu produk?
Instagram merupakan aplikasi sosial media yang sangat tepat untuk memasarkan produk apapun terlebih lagi produk fashion yang mana di zaman sekarang para remaja gemar mencari rekomendasian fashion-nya dari berbagai seleb Instagram, tak hanya itu hampir setiap orang yang berbelanja di Shopee karena awal mulanya Ia melihat iklan brand tersebut di pencarian Instagram.
Para konsumen dapat menyukai suatu brand atau produk tertentu hanya karena iklan di Instagram yang menarik perhatiannya, seperti memperlihatkan foto-foto yang menarik dalam sebuah feeds akan membuat produk tersebut terlehat lebih bagus dan lebih cantik ataupun dalam sebuah reels yang memperlihatkan looks produk tersebut yang dikenakan langsung.
Meskipun demikian iklan di Instagram dapat lebih menarik konsumen dan membuat tingkat penjualan semakin tinggi bila menggunakan jasa endorsement seleb Instagram atau selebgram yang tengah naik daun.
Misalnya suatu brand produk baju sederhana yang memakai jasa endorsement dari selebgram cantik terkenal Rachel Venya, tentunya produk baju tersebut akan terlihat mewah dan mengundang para followers Rachel Venya untuk membeli produk tersebut, terlebih setelah mereka mengetahui harga terjangkau dari brand tersebut.
Tingkat penjualan akan meningkat dan followers akun brand tersebut menjadi melonjak tinggi yang akan membuat postingan produk brand tersebut semakin mudah berkeliaran di searching-an Instagram.
Baca Juga: Instagram sebagai Proses Media Komunikasi Pemasaran
Maka dari itu Instagram disebut sosial media yang sangat tepat untuk memperkenalkan suatu produk agar laris, dengan penggunaan yang tepat dan pandai memilah jasa endorsement tentunya akan memberikan feedback yang baik terhadap penjualan. Dengan begitu modal yang dikeluarkan untuk membayar jasa endorse akan berbalik.
Jadi, Instagram adalah sosial media tertepat untuk penjualan suatu produk karena dalam Instagram seorang pemasar bisa mengkreasikan feeds-nya agar produk terlihat menarik untuk dibeli, dan menggunakan jasa endorsement sehingga produk atau brand akan lebih dikenal dan meningkatkan penjualan. Maka dari itu banyak sebuah pemasar usaha memasarkan produknya di akun Instagram.
Penulis: Causa Neria Mahanani
Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
Editor: Ika Ayuni Lestari
Bahasa: Rahmat Al Kafi