Permudah Bisnis dengan Akuntansi

Akuntansi
Ilustrasi: istockphoto

Banyak orang beranggapan bahwa akuntansi adalah suatu pekerjaan menghitung uang, namun sebenarnya akuntansi tidak sesederhana itu. Dalam kehidupan harian, akuntansi menjadi salah satu ilmu yang sering digunakan khususnya pada dunia bisnis.

Secara umum, akuntansi merupakan rangkaian proses keuangan yang melibatkan pencatatan transaksi, pengelompokan, pengolahan, dan penyajian data. Data yang disajikan dalam akuntansi ditujukan untuk pihak internal dan pihak eksternal suatu perusahaan atau bisnis.

Pihak internal perusahaan yang dimaksud adalah orang-orang dalam perusahaan yang berkepentingan untuk mengetahui informasi keuangan perusahaan, contohnya manajer divisi, staf akuntansi atau karyawan. Kebalikan dari pihak internal, pihak eksternal adalah orang-orang atau organisasi di luar perusahaan yang membutuhkan informasi keuangan tentang perusahaan, misalnya investor atau pemegang saham, pemasok, dan pemerintah.

Bacaan Lainnya
DONASI

Sesuai dengan pengertiannya, tujuan akuntansi secara umum dalam bisnis yaitu untuk mencatat bukti transaksi, mengelompokkan, mengolah dan menyajikan data. Kegiatan-kegiatan akuntansi tersebut tentunya akan sangat mempermudah perusahaan menganalisis keuangan yang ada di perusahaan.

Akuntan akan membuat laporan keuangan yang berisikan informasi terkait kinerja keuangan, posisi keuangan, dan arus kas pada keuangan perusahaan. Pada akhirnya laporan keuangan tersebut akan dijadikan bahan pertimbangan bagi perusahaan agar perusahaan terus dapat berkembang.

Akuntansi tentu berperan yang besar dalam dunia bisnis. Peran pertama yaitu sebagai penyedia informasi keuangan bagi suatu perusahaan. Informasi laporan keuangan suatu perusahaan dapat dijadikan bahan pertimbangan guna menstabilkan bahkan meningkatkan performa perusahaan.

Laporan pembukuan atau laporan keuangan akan disusun sedemikian rupa agar rapi dan  tertata. Peran kedua akuntansi yaitu sebagai alat pengendali keuangan, dengan semua informasi yang telah disusun maka sangat mempermudah perusahaan menentukan langkah selanjutnya dalam pengambilan keputusan, sehingga apabila perusahaan mengalami kerugian atau keuntungan perusahaan dapat menindaklanjuti hal tersebut dengan bijak.

Peran akuntansi yang ketiga adalah sebagai penghubung dengan pihak eksternal. Para akuntan sebagai pelaku akuntansi akan membawa laporan keuangan untuk pertimbangan bagi pihak eksternal apakah perusahaan tersebut memenuhi kriteria para investor.

Seiring dengan perkembangan zaman, akuntansi pun mengalami proses transformasi. Proses tersebut tentunya tidak selalu berjalan lancar. Ada tantangan dalam menghadapi proses tersebut. Contohnya peralihan sektor akuntansi bisnis ke digital.

Beberapa orang ada yang masih takut akan peralihan ke digital, mereka merasa khawatir akan keamanan data perusahaan yang dapat bocor, padahal hal tersebut dapat teratasi jika kita menggunakan software yang aman. Software biasanya akan menyediakan paket keamanan yang mendukung sehingga data perusahaan dapat terjamin aman.

Dapat disimpulkan bahwa akuntansi merupakan serangkaian proses dimulai dari pencatatan, pengelompokan, pengolahan dan penyajian data yang tujuannnya untuk membantu perusahaan dalam pengelolaan keuangan perusahaan.

Akuntansi juga membantu perusahaan untuk mengambil keputusan mengenai tindakan yang akan dilakukan perusahaan jika mengalami rugi ataupun untung. Kemudian peran akuntansi dalam dunia bisnis sangatlah besar mulai dari penyedia informasi keuangan, sebagai alat pengendali keuangan, dan penghubungan antara pihak internal dan pihak eksternal perusahaan.

Mengikuti perkembangan zaman akuntansi pun menghadapi tantangan dalam proses transformasi, contohnya peralihan akuntansi dari akuntansi bisnis ke digital. Untuk mengatasi hal tersebut tentu kita harus berani mengikuti perkembangan zaman dengan memilih software teraman dan terpercaya.

Penulis:

Cinta Nurul Aisyah Adianto
Mahasiswa S-1 Akuntansi Universitas Tidar

Editor: Ika Ayuni Lestari

Bahasa: Rahmat Al Kafi

Ikuti berita terbaru di Google News

Daftar Pustaka

Sia, V. 2023. Akuntansi : Pengertian, Jenis, Manfaat, Tujuan, dan Fungsi  https://www.jurnal.id/id/blog/pengertian-akuntansi-dan-pentingnya-dalam-bisnis/ diakses pada 7 November 2023. Pukul 15.45 WIB, Magelang.

Cyan. 2022. 15 Bidang Bidang Akuntansi serta Penjelasannya https://www.jurnal.id/id/blog/bidang-akuntansi-serta-penjelasannya/  diakses pada 15 November 2023. Pukul 07.34 WIB, Magelang.

SoM, P. 2022. Inilah Fungsi dan Peranan Penting Akuntansi dalam Bisnis!   https://ppmschool.ac.id/peranan-akuntansi-dalam-bisnis/ diakses pada 8 November 2023. Pukul 18.10 WIB, Magelang.

Aliyah, S . 2023. Tantangan Akuntan di Masa Kini https://jurnalpost.com/tantangan-akuntan-di-masa-kini/53303/  diakses pada 8 November 2023. Pukul 20.49 WIB, Magelang.

Kirim Artikel

Pos terkait

Kirim Artikel Opini, Karya Ilmiah, Karya Sastra atau Rilis Berita ke Media Mahasiswa Indonesia
melalui WhatsApp (WA): 0822-1088-8201
Ketentuan dan Kriteria Artikel, baca di SINI