Menjadi seorang mahasiswa adalah hal yang sangat di impikan oleh seluruh anak bangsa. Hal tersebut merupakan kesempatan unik yang harus dimanfaatkan untuk menambah ilmu dan pengalaman.
Mahasiswa juga sering disebut sebagai agen perubahan atau change careers. Mengapa bisa dikatakan demikian karena kita harus mewujudkan pengabdian kepada masyarakat yang merupakan salah satu komponen dari tiga undang-undang perguruan tinggi.
Tidak hanya itu, schedule sebagai mahasiswa sangat padat. Mulai dari kerja part time, kegiatan perkuliahan, organisasi, penelitian dll.
Baca juga: Manajemen Waktu Ala Mahasiswa Kreatif
Berikut ini tips and trik manajemen waktu yang dapat diterapkan oleh mahasiswa:
1. Membuat Skala Prioritas
Skala Prioritas adalah mengkategorikan jenis-jenis kebutuhan menurut tingkat kepentingannya. Ukuran prioritas membantu seseorang menentukan tujuan dan sasaran utama mereka.
Tindakan prioritas biasanya ditentukan dengan memilih kebutuhan yang paling penting atau yang membutuhkan perhatian segera.
2. Merencanakan Hal yang Akan Dikerjakan
Setiap orang niscaya pernah melakukan perencanaan atau planning. Tanpa disadari, pada kehidupan sehari hari sebenarnya kita telah menciptakan perencanaan. Sebagai contoh, perencanaan singkat saat ingin tidur kita berencana besok ingin bangun pukul 5 pagi, beribadah, mandi, sarapan kemudian ke kantor.
3. Melaksanakan Rencana Sebelumnya
Dalam hal perencanaan tentu ada aksi setelahnya. Oleh karena itu, lakukan kegiatan tersebut sesuai dengan waktu yang sudah disepakati sebelumnya.
4. Membuat Target Pencapaian
Bekerja tanpa target sama seperti berjalan tanpa tujuan. Membuat target pencapaian bukan hanya sekedar identifikasi tetapi juga membuat bahan pertimbanganan lain seperti visi untuk mencapai keinginan. Dengan target pencapaian juga dapat menentukan sukses ataukah tidak nya rencana yang telah kita buat.
Baca juga: Manajemen Waktu antara Organisasi dan Akademik
5. Konsisten Melakukan Sesuatu
Manajemen waktu yang sukses tidak hanya diukur dari jadwal yang baik, tetapi terutama dari tindakan. Menjalankan sebuah rencana tidak semudah yang telah ditulis. Jika sudah memenuhi semua jadwal tersebut, maka akan menghadapi berbagai kendala. Oleh sebab itu, haruslah dalam melakukan sesuatu bersifat konsisten dan berulang ulang.
6. Tidak Menunda Pekerjaan
Menunda pekerjaan bukan hal yang bagus untuk dilakukan, memang hal tersebut sangat menyenangkan jika dilakukan. Tetapi dampak yang ditimbulkan dari menunda pekerjaan dapat membuat pekerjaan yang akan dilakukan terhambat. Seringkali kita menunda pekerjaan hanya demi hal yang sepele, seperti bermalas malasan, bermain medsos bahkan tiduran. Oleh sebab itu apabila kita hendak melakukan pekerjaan maka segeralah dikerjakan.
Penulis: Nina Fitria Ningsih
Mahasiswa Prodi Manajemen Angkatan 2021 Universitas Binawan        Â
Dosen pengampu : Apriyani Riyanti S.Pd,. MP.P
Daftar Pustaka
https://kuliahdimana.id/index.php/berita/read/120/8-Tips-Time-Management-untuk-Mahasiswa