Tips dan Trik Manajemen Waktu untuk Mahasiswa

manajemen waktu mahasiswa

Menjadi seorang mahasiswa adalah hal yang sangat di impikan oleh seluruh anak bangsa. Hal tersebut merupakan kesempatan unik yang harus dimanfaatkan untuk menambah ilmu dan pengalaman.

Mahasiswa juga sering disebut sebagai agen perubahan atau change careers. Mengapa bisa dikatakan demikian karena kita harus mewujudkan pengabdian kepada masyarakat yang merupakan salah satu komponen dari tiga undang-undang perguruan tinggi.

Tidak hanya itu, schedule sebagai mahasiswa sangat padat. Mulai dari kerja part time, kegiatan perkuliahan, organisasi, penelitian dll.

Baca juga: Manajemen Waktu Ala Mahasiswa Kreatif

Bacaan Lainnya

Berikut ini tips and trik manajemen waktu yang dapat diterapkan oleh mahasiswa:

1. Membuat Skala Prioritas

Skala Prioritas adalah mengkategorikan jenis-jenis kebutuhan menurut tingkat kepentingannya. Ukuran prioritas membantu seseorang menentukan tujuan dan sasaran utama mereka.

Tindakan prioritas biasanya ditentukan dengan memilih kebutuhan yang paling penting atau yang membutuhkan perhatian segera.

2. Merencanakan Hal yang Akan Dikerjakan

Setiap orang niscaya pernah melakukan perencanaan atau planning. Tanpa disadari, pada kehidupan sehari hari sebenarnya kita telah menciptakan perencanaan. Sebagai contoh, perencanaan singkat saat ingin tidur kita berencana besok ingin bangun pukul 5 pagi, beribadah, mandi, sarapan kemudian ke kantor.

3. Melaksanakan Rencana Sebelumnya

Dalam hal perencanaan tentu ada aksi setelahnya. Oleh karena itu, lakukan kegiatan tersebut sesuai dengan waktu yang sudah disepakati sebelumnya.

4. Membuat Target Pencapaian

Bekerja tanpa target sama seperti berjalan tanpa tujuan. Membuat target pencapaian bukan hanya sekedar identifikasi tetapi juga membuat bahan pertimbanganan lain seperti visi untuk mencapai keinginan. Dengan target pencapaian juga dapat menentukan sukses ataukah tidak nya rencana yang telah kita buat.

Baca juga: Manajemen Waktu antara Organisasi dan Akademik

5. Konsisten Melakukan Sesuatu

Manajemen waktu yang sukses tidak hanya diukur dari jadwal yang baik, tetapi terutama dari tindakan. Menjalankan sebuah rencana tidak semudah yang telah ditulis. Jika sudah memenuhi semua jadwal tersebut, maka akan menghadapi berbagai kendala. Oleh sebab itu, haruslah dalam melakukan sesuatu bersifat konsisten dan berulang ulang.

6. Tidak Menunda Pekerjaan

Menunda pekerjaan bukan hal yang bagus untuk dilakukan, memang hal tersebut sangat menyenangkan jika dilakukan. Tetapi dampak yang ditimbulkan dari menunda pekerjaan dapat membuat pekerjaan yang akan dilakukan terhambat. Seringkali kita menunda pekerjaan hanya demi hal yang sepele, seperti bermalas malasan, bermain medsos bahkan tiduran. Oleh sebab itu apabila kita hendak melakukan pekerjaan maka segeralah dikerjakan.

Penulis: Nina Fitria Ningsih
Mahasiswa Prodi Manajemen Angkatan 2021 Universitas Binawan         

Dosen pengampu : Apriyani Riyanti S.Pd,. MP.P

Daftar Pustaka

https://kuliahdimana.id/index.php/berita/read/120/8-Tips-Time-Management-untuk-Mahasiswa

http://fisip.moestopo.ac.id/storage/Buku/buku-04-taufiquokhman-konsep-dan-kajian-ilmu-perencanaan-belum-isbn.pdf

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses