Analisis dan Pengembangan The Flower of Service pada UMKM Bakso Solo Marem

UMKM
UMKM Bakso Solo Marem.

Pengembangan UMKM yang sedang digalakkan oleh pemerintah perlu adanya partisipasi penelitian serta pengabdian dari mahasiswa Universitas Internasional Batam. Peneliti melakukan analisis serta implementasi Flower of Service pada salah satu UMKM di bidang kuliner.  

Dengan nama Bakso Solo Marem yang berada di Tanjung Sengkuang, Batu Ampar, Kota Batam. Bakso Solo Marem menyajikan berbagai varian bakso seperti bakso urat, bakso telur, bakso komplit, dan juga menu lainnya seperti mi ayam beserta minuman. Harga Bakso Solo Marem juga dibanderol dengan harga yang ramah dikantong.

Latar belakang memilih Bakso Solo Marem adalah karena di era teknologi yang semakin maju ini, dalam bidang kuliner baik pemilik usaha maupun pelanggan sangat menguntungkan.

Bacaan Lainnya

Baca Juga: Analisa dan Penerapan Flower of Service untuk Peningkatan Kualitas Layanan pada UMKM Rumah Makan Padang

Pada bidang kuliner banyak cara yang bisa dilakukan pemilik usaha kuliner untuk memulai memperkenalkan kuliner mereka melalui teknologi. Bisnis kuliner melalui online cepat sekali berkembang pesat di berbagai daerah termasuk Kota Batam.

Adanya layanan food delivery seperti GoFood, GrabFood, Shopee Food, dan platform lainnya membantu memudahkan dan memperluas jangkauan pada bidang kuliner.

Flower of service merupakan fasilitas layanan yang terbagi menjadi dua bagian, yaitu layanan fasilitas dan layanan tambahan.

Layanan fasilitas merupakan layanan utama yang harus diterapkan oleh pemilik UMKM yang terdiri dari informasi, order taking, billing, dan payment, sedangkan fasilitas layanan tambahan merupakan layanan yang diterapkan untuk menciptakan nilai lebih.

Layanan fasilitasi adalah jasa untuk menyokong jasa utama UMKM bagaimana cara jasa utama diberikan kepada pelanggan. Layanan fasilitas terdiri dari:

1. Informasi

Informasi sangat penting untuk ditampilkan di media sosial UMKM, karena sebelum melakukan pembelian, customer pastinya mencari infomasi terkait penjualan UMKM. Informasi yang dicari terkait menu yang disediakan, harga, lokasi, jam pelayanan, dan lain sebagainya.

2. Order taking

Order taking merupakan cara pengambilan pesanan. Pemesanan UMKM pada terdapat 2 cara yaitu, secara manual dan melalui food delivery yang dibeli secara online.

3. Billing

Pemesanan akan dicatat manual oleh karyawan sebagai rekapan total.

4. Payment

Payment bisa berupa cash dan scan barcode.

Baca Juga: Analisa dan Penerapan Flower of Service untuk Peningkatan Kualitas Layanan pada UMKM Carwash

Fasilitas layanan tambahan:

Consultation (konsultasi)

  • Memberikan masukan
    Contoh: dapat menanyakan menu yang paling best seller, misalnya bakso urat.
  • Custome
    Contoh: dapat custom jika pelanggan tidak ingin menggunakan mi, sayur seperti daun bawang dan sawi.

Hospitality

  • Greeting (salam)
    Memberikan sapaan pada customer pada saat memasuki warung Bakso Solo Marem.
  • Food & beverages (makanan & minumam)
  • Toilets and washroom
  • Waiting Facility (contohnya memberikan kursi untuk pelanggan yang sedang menunggu pesanan jika memesan take away)

Safekeeping (keamanan)

  • CCTV
    Contoh: pada parkiran Bakso Solo Marem diberikan cctv.
  • Parking (parkiran)

Expections (pengecualian)

Contoh: saat pelanggan mendapatkan kesalahan pada menu yang dipesan pelanggan dapat mengajukan komplain secara langsung kepada karyawan Bakso Solo Marem.

Implementasi yang diterapkan berupa pemberian CCTV kepada pemilik UMKM, yang merupakan salah satu variabel dari flower of service, yaitu safekeeping dan desain feed Instagram.

Penulis: 
1. Diajeng Fadia Islamiyati
2. Evy Rahmawati
3. Kifnisa Bella Agostinan
4. Nasuwa Aulya
5. Silvia Monica Sitorus
Mahasiswa Manajemen Universitas International Batam

Editor: Ika Ayuni Lestari     

Bahasa: Rahmat Al Kafi

Kirim Artikel

Pos terkait

Kirim Artikel Opini, Karya Ilmiah, Karya Sastra atau Rilis Berita ke Media Mahasiswa Indonesia
melalui WhatsApp (WA): 0822-1088-8201
Ketentuan dan Kriteria Artikel, baca di SINI