Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Turnover Intention Karyawan PT. Bank Sumut

Beberapa mahasiswa Universitas Sumatera Utara, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis melaksanakan program magang serta penelitian di PT. Bank Sumut. Dalam kegiatan ini pembahasan yang akan diangkat adalah mengenai Turnover Intention karyawan.

Peningkatan turnover intention tidak semata berpatok pada divisi tertentu tetapi hampir pada setiap divisi pada PT. Bank Sumut. Dari data dalam satu tahun belakangan ini turnover intention tidak terjadi pada divisi tertentu saja bahkan lebih banyak terjadi pada kalangan karyawan milenial.

Karena karyawan yang kategori milenial butuh kenyamanan bukan sekadar pekerjaan karena kalau dibandingkan tempat lain pekerjaan masih banyak dan berbagai profesi yang berbeda-beda, untuk itu kenyamanan bekerja merupakan hal yang utama. Hal ini sejalan dengan penjelasan dari Bapak Munthasir Prabowo.

Baca Juga: Pengelolaan Bank Wakaf Mikro sebagai Solusi Mengatasi Disparitas Ekonomi

Bacaan Lainnya

“Kebanyakan penyebab turnover intention itu berasal dari keluhan karyawan yang milenial yaitu kenyamanan dan rasa bosan.”

Waktu yang dibutuhkan untuk merekrut karyawan baru setelah adanya turnover akibat adanya turnover intention juga membutuhkan proses yang cukup lama. Hal ini dibenarkan oleh Bapak Munthasir Prabowo.

”Idealnya Divisi Sumber Daya Manusia membuka lowongan pekerjaan, memberikan tenggat waktu untuk menyampakan pengalaman dan kemampuannya setelah melakukan lamaran pekerjaan, kalau dengan menerapkan tindakan seperti ini Divisi Sumber Daya Manusia menganggap terlalu lama menghabiskan waktu sedangkan waktu yang dibutuhkan untuk mengisi kekosongan pekerjaaan ini harus segera diisi dengan pegawai yang baru.

“Untuk itu Divisi Sumber Daya Manusia sudah memiliki bank data apabila seorang pegawai melakukan turnover intention, dan karyawan itu sendiri harus melakukan koordinasi ke Divisi Sumber Daya Manusia, jadi nantinya Divisi Sumber Daya Manusia hanya melakukan proses akhir terhadap penggantian karyawan baru.”

“Perekrutan ini juga dibantu dengan penggunaan website untuk memudahkan si calon karyawan untuk mengirimkan datanya ke Bank Sumut yang nantinya akan dikumpulkan oleh pihak Bank Sumut untuk dipilih menjadi pegawai di Bank Sumut,” tutupnya.

Baca Juga: Kecenderungan Impulsive Buying pada Pengguna Mobile Banking

Oleh karena itu upaya yang dilakukan oleh Bank Sumut khususnya Divisi Sumber Daya Manusia adalah membuat karyawan nyaman dengan penyediaan fasilitas yang menunjang kenyamanan, seperti yang dikatakan oleh Bapak Munthasir dengan upaya yang dilakukan divisi Sumber Daya Manusia dalam memperkecil turnover intention adalah membuat para karyawannya nyaman dengan lingkungan kerja dan memfasilitasi karyawan dengan beberapa fasilitas yang dapat menunjang kenyamanan karyawan terutama karyawan yang termasuk kategori milenial.

Penyediaan fasilitas oleh Bank Sumut di antaranya adalah penyediaan Wifi, computer, tempat kerja yang nyaman, tidak memberi tekanan bekerja kepada karyawan serta pengadaan event-event tertentu bersama seluruh staf perusahaan Bank Sumut.

Pemenuhan kebutuhan para karyawan dianggap penting dan perlu untuk diperhatikan demi kenyamanan dan kelangsungan kerja karyawan.

Penulis:
1. Nurul Hafiza
2.
Fandika Wira Mulya
3.
Syahraini Harefa
4.
Sabita Julianda Putri
5.
Sarah Vera Indah Siburian
Mahasiswa Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis Universitas Sumatera Utara

Editor: Ika Ayuni Lestari

Bahasa: Rahmat Al Kafi

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses