Bagaimana Artikel dan Copywriting dapat Menjadi Nilai Jual yang Lebih untuk Perusahaan

Magang
Kegiatan Magang di Perusahaan Mesin Kasir (Sumber: Dokumentasi Penulis)

Magang merupakan kegiatan yang sudah tidak lagi asing bagi kalangan para mahasiswa. Magang sendiri merupakan suatu kegiatan yang bertujuan sebagai pelatihan kerja untuk meningkatkan keterampilan dalam suatu bidang yang telah diperoleh dalam universitas.

Bahkan dari Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya sendiri menetapkan magang sebagai syarat untuk kelulusan.

Tujuan dari magang ini berguna untuk mahasiswa dapat mengetahui praktik kerja dengan turun langsung ke lapangan kerja, sehingga tidak hanya sekedar menerima teori yang telah disampaikan dari kampus saja.

Bacaan Lainnya

Program magang ini juga bertujuan untuk membentuk keterampilan dan kesiapan akan dunia kerja.

Pada saat ini banyak juga perusahaan yang memberikan kuota dan kesempatan bagi para mahasiswa dari berbagai universitas untuk melaksanakan magang di perusahaan tersebut.

Saya Gallen Aryasatya sebagai Mahasiswa Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya berkesempatan untuk melaksanakan kegiatan magang di suatu perusahaan mesin kasir.

Pada saat pelaksanaan magang berlangsung saya berkesempatan mempelajari bagaimana penerapan tugas dari seorang komunikasi pemasaran dalam membuat sebuah artikel dan copywriting tentang penjualan produk perusahaan tersebut sehingga bisa menjadi daya tarik yang lebih bagi para pembacanya.

Proses Pembuatan Copywriting dan Artikel Perusahaan

Selama satu bulan magang dari tanggal 31 Juli sampai tanggal 4 September saya ditempatkan pada divisi marketing tepatnya sebagai divisi komunikasi pemasaran pada perusahaan tersebut.

Perusahaan tersebut memiliki website yang dikhususkan untuk memuat banyak informasi dalam bentuk artikel tentang tips-tips bisnis sukses, cara promosi dalam berbisnis dan cara sukses untuk berbisnis, serta artikel tentang penjualan produk perusahaan itu sendiri.

Setiap harinya, saya ditugaskan untuk membuat empat artikel dengan menggunakan gaya dan bahasa versi saya sendiri, yang nantinya artikel versi saya ini mampu menarik bagi para pembacanya.

Tentunya dalam membuat artikel ini tidak boleh asal-asalan, ada beberapa hal yang harus diperhatikan seperti gaya bahasa, pesan dan informasi yang akan dimuat, dan gambar-gambar pendukung pesan dan informasi yang akan disampaikan nantinya di dalam artikel yang nantinya akan dipublikasikan dan dilihat oleh para pembacanya.

Kegiatan magang ini dilakukan dari hari Senin sampai hari Sabtu mulai dari pukul 08.30-17.00 WIB. Selama kegiatan magang ini saya saling bertukar ide dengan para anggota divisi komunikasi pemasaran lainnya.

Ide-ide tersebut nantinya akan dikumpulkan menjadi sebuah bahan untuk langkah selanjutnya dalam mengerjakan proyek-proyek tersebut nantinya.

Selain itu juga setiap pagi harinya para karyawan melakukan yel-yel untuk mengawali aktivitas kerja agar lebih semangat dan juga sebelum mengerjakan tugas masing-masing para karyawan melakukan briefing dan melakukan evaluasi.

Kegiatan Magang didampingi oleh Pembimbing Magang

Tak hanya membuat sebuah artikel tentang tips-tips tentang bisnis, cara-cara untuk sukses berbisnis dan cara untuk memulai bisnis online, saya juga ditugaskan untuk membuat sebuah copywriting tentang penjualan produk perusahaan tersebut.

Tentunya kita berpikir bahwa artikel dan copywriting merupakan suatu hal yang sama, namun dari persamaan tersebut ada sedikit perbedaan yang sangat signifikan bagi para pembacanya.

Disini saya akan sedikit menjelaskan dimana perbedaan dalam membuat artikel dan copywriting tentang penjualan produk.

Menurut saya, dalam membuat artikel ini sebagai seorang komunikasi pemasaran, saya dituntut untuk menyampaikan sebuah informasi sebanyak-banyaknya kepada para pembaca.

Misalnya ada konten tentang “8 Tips cara sukses bisnis Online” disini saya hanya menjelaskan dan memberikan informasi sebanyak-banyaknya terkait tema tersebut.

Sedangkan, pada pembuatan copywriting sebenarnya sama halnya seperti membuat artikel namun yang menjadi pembeda yaitu dalam sebuah kalimat atau paragraf dalam copywriting terdapat unsur-unsur iklan dan promosi sebuah produk yang nantinya membuat pembacanya tertarik membeli produk tersebut.

Dalam pembuatan copywriting ini saya dituntut untuk secara kreatif dan tanpa sadar mampu mempersuasif bagi para pembacanya.

Dalam proses publikasinya juga tidak semua artikel dan copywriting yang saya buat dapat dimuat pada website perusahaan tersebut. Namun pembimbing magang saya memfilter terlebih dahulu setiap konten yang sudah saya buat.

Tak hanya saya membuat artikel dan copywriting saja, pembimbing magang saya juga menugaskan untuk mencari siapa saja kompetitor dan apa saja kelebihan dan kekurangan dari produk kompetitor.

Setelah mencari itu semua pembimbing saya menugaskan untuk membuat daftar rekap yang nantinya akan dikumpulkan berupa data dan akan menjadi bahan dalam membuat copywriting sebagai perbandingan produk.

Pada pengalaman magang ini tentunya saya mendapatkan banyak sekali ilmu-ilmu yang saya belum dapatkan sebelumnya. Dan juga memperoleh bagaimana praktik dan penerapan teori nya secara langsung.

#KomunikasiUntag #UnderstandingEnpowering #KitaUntagSurabaya #UntukIndonesia #UntagSurabayaKeren #EcoCampus #KampusKompeten 

Penulis: Gallen Arya
Mahasiswa Ilmu Komunikasi, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Editor: Salwa Alifah Yusrina
Bahasa: Rahmat Al Kafi

Kirim Artikel

Pos terkait

Kirim Artikel Opini, Karya Ilmiah, Karya Sastra atau Rilis Berita ke Media Mahasiswa Indonesia
melalui WhatsApp (WA): 0811-2564-888
Ketentuan dan Kriteria Artikel, baca di SINI

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.