Generasi-Z Masih Banyak yang Membuka Mata tentang Aksi Boikot Produk yang Mendukung Israel

Aksi Boikot Produk Israel
Aksi Boikot Produk Israel (Sumber: Oenulis)

Konflik antara Israel dan Palestina pada ahir-ahir ini menjadi topik perbincangan utama di dunia. Peningkatan konflik yang semakin memanas tersebut kembali menimbulkan sejumlah opini dikalangan masyarakat Indonesia terutama pada kalangan Generasi Z yang memberikan respon yang sangat berarti melalui media sosial.

Sebagian dari mereka melakukan gerakan sosial berupa Boikot terhadap produk-produk yang dianggap mendukung Israel seperti McDonals dan Starbuck. Media sosial menjadi sorotan utama bagi kalangan masyarakat Indonesia dan Generasi Z pada gerakan Boikot produk Israel dalam platform seperti X, Facebook, dan Instagram

Kami telah melakukan pengumpulan data menggunakan kuisioner yang diberika kepada 30 orang terutama dikalangan Generasi Z yang mmenggunakan media sosial X.

Bacaan Lainnya

Pada kuisioner yang telah dibagikan selama 1 minggu dari tanggal 22-28 April 2024. Memberikan hasil banyak yang setuju dengan boikot produk-produk yang mendukung Israel tersebut.

Tetapi ada juga yang kurang setuju dengan boikot tersebut karena menurutnya dengan melakukan boikot membuat orang-orang yang bekerja di perusahaan tersebut tidak sejaterah dan bahkan sampai kehilangan pekerjaannya.

Rasa kemanusiaan dan cinta pada saudara seagama pada warga Palestina lah yang menjadi alasan terbanyak teman-teman Gen-Z yang setuju dengan aksi pada gerakan tersebut. Karena menurut mereka banyak yang beranggapan kalau kita membeli produk-produk yang mendukung Israel sama saja kita membantu Israel dalam melakukan serangan.

Baca juga: Membela Palestina: Mengapa dan Bagaimana Memboikot Produk Israel di Indonesia

Media sosial merupakan salah satu media untuk menyuarakan dan memberikan informasi tentang apa saja produk-produk yang mendukung Israel. Dengan adanya media sosial kita dengan mudah menyebarkan dan menerima informasi yang ada. Salah satu media sosial yang bakalan dibahas adalah aplikasi X (Twitter).

Dengan adanya media sosial ini kita bisa mencaritau tentang apapun yang berkaitan dengan boikot mulai dari prouk apa saja, bagaimana kita melakukan boikot, sampai menyarakan tentang aksi boikot tersebut. Didalam aplikasi X kita bisa menerima informasi tersebut melalui tagar (#), beranda, dan pencarian.

Aksi boikot produk-produk yang dilakukan juga berdampak pada UMKM Indonesia sendiri, karena banyak UMKM yang penghasilannya meningkat karena adanya aksi tersebut.

Karena pesaingan pasar mereka bisa dibilang berkurang dan hanya bersaing dengan produk-produk lokal lainya saja. Dan orang-orang yang dulunya sering menggunakan atau membeli produk-produk tersebut jadi berpindah untuk membeli barang-barang dari produk lokal.

 

Penulis:

  1. Rizky Wisnu Nugroho
  2. Rafel Andriyanto
  3. Raihan Zaidan

Mahasiswa Ilmu Komunikasi, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Mata Kuliah: Opini Publik Dan Propaganda
Dosen pengampu: Beta Puspitaning Ayodya, S.Sos., M.A.

Editor: Salwa Alifah Yusrina
Bahasa: Rahmat Al Kafi  

 

Ikuti berita terbaru Media Mahasiswa Indonesia di Google News

Kirim Artikel

Pos terkait

Kirim Artikel Opini, Karya Ilmiah, Karya Sastra atau Rilis Berita ke Media Mahasiswa Indonesia
melalui WhatsApp (WA): 0811-2564-888
Ketentuan dan Kriteria Artikel, baca di SINI

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.