Konsep Tri N “Niteni, Nirokake, Nambahi” Jadi Solusi CV Savita Indonesia dalam Menghadapi Tantangan di Era Pemasaran Digital

Pemasaran Digital
Kegiatan Mahasiswa UST (Sumber: Dokumentasi Penulis)

Yogyakarta – Mahasiswa Program Studi Manajemen Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa (UST) melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat pada CV Savita Indonesia.

Kegiatan ini memiliki tema Pemasaran Berbasis Nilai: Implementasi Ajaran Tamansiswa Tri N “Niteni, Nirokake, Nambahi” dalam Strategi Pemasaran Digital dan dilaksanakan dibawah bimbingan dosen Ibu Tri Ratna Purnamarini, S.E., AK.,M.M.,CPHRM.

Dalam kegiatan pengabdian Abdimas yang dilaksanakan pada hari Senin tanggal 7 Oktober 2024 bertempat di organisasi perusahaan CV Savita Indonesia yang dikelola oleh bapak Farus selaku manajer CV Savita Indonesia. CV ini bergerak di bidang supplier penyediaan bahan makanan cafe dan resto yang berkualitas.

CV Savita Indonesia didirikan pada tanggal 8 Maret 2022, yang beralamat di RT.1, Ngabean Kulon, Sinduharjo, Kec. Ngaglik, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55581. Usaha ini memiliki tujuan untuk memanfaatkan peluang pasar yang berada di wilayah Jogja. Sebagai daerah dengan terdapat banyak cafe dan resto, serta memberikan prospek yang menjanjikan bagi supplier penyedia bahan makanan.

Bacaan Lainnya

Permasalahan yang dihadapi perusahaan ini saat ini adalah kurang profesionalnya penjualan dan tim sales, yang belum sepenuhnya fokus. Selain itu, promosi juga belum memanfaatkan media sosial secara optimal karena keterbatasan pengetahuan dalam bidang tersebut.

Pada pengabdian masyarakat ini mengangkat konsep ajaran Tamansiswa berupa Trilogi Tamansiswa, yaitu Tri N terdiri atas ‘’Niteni, Nirokake, dan Nambahi’’ yaitu untuk sharing mengenai segala sesuatu bisa ditempuh dengan cara “mengenali dan mengingat” sesuatu yang dipelajari (niteni), menirukan sesuatu yang dipelajari (nirokake) serta mengembangkan sesuatu yang dipelajari (nambahi).

Untuk mengatasi masalah ini, kami mahasiswa dari program Abdimas, melakukan penyuluhan dan sharing dengan perusahaan dengan membuat dan mengelola media sosial sebagai sarana promosi agar jangkauan pasarnya lebih luas. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan penjualan secara signifikan.

Karena penjualan CV Savita selama ini menawarkan produknya secara langsung ke resto dan cafe satu per satu. Tim Abdimas UST memperkenalkan konsep Tri N “Niteni, Nirokake, Nambahi” yang menekankan pada mengamati, meniru, dan melakukan pengembangan atau inovasi pemasaran digital. Konsep ini diharapkan mengatasi masalah pemasaran CV Savita yang selama ini lebih fokus mewarkan produknya secara langsung ke resto atau cafe.

Saat ini, pencapaian utama CV Savita adalah menjaga fokus pada pengembangan perusahaan, karena membangun bisnis tidaklah mudah. Ke depan, CV Savita memiliki impian untuk memperluas jangkauan penjualan dan membuka cabang baru. Saat ini, CV Savita dalam tahap proses pembukaan cabang di Kota Malang, Jawa Timur.

 

Penulis:

  1. Alfin Dwi Paryanto
  2. Ria Garnita
  3. Rizka Ayu Septiani
  4. Lindawati
  5. Ketut Aldo
  6. Petrus Renol Reo
  7. Tri Ratna Purnamarini S.E., AK.,M.M.,CPHRM

Mahasiswa Program Studi Manajemen, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Editor: Salwa Alifah Yusrina
Bahasa: Rahmat Al Kafi

 

Ikuti berita terbaru Media Mahasiswa Indonesia di Google News

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses