Magang Mandiri di Albanna Digital Sulaiman Yogyakarta (ADSY), Mahasiswa Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Mengelola Pemasaran Digital Marketing Secara Profesional

Albanna Digital Sulaiman
Sumber: Dokumentasi Penulis

Yogyakarta – Mengisi waktu liburan semester, Mahasiswa Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa (FE UST) ikut program magang mandiri di ADSY pada 20 Januari hingga 7 Maret 2025.

ADSY Team Indonesia atau yang kemudian disebut ADSY (Albanna Digital Sulaiman) adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang digital marketing, yang terus tumbuh dan berkembang memasarkan ribuan paket produk bermanfaat kepada para pelanggan di seluruh Indonesia.

Kegiatan magang ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam menerapkan pembelajaran yang diterima selama perkuliahan, terutama dalam bidang pemasaran digital.

Dalam program magang ini, mahasiswa dibimbing oleh Mas Indra selaku kepala di bagian pengelolaan marketplace yang tentunya sudah berpengalaman di bidang pemasaran digital.

Bacaan Lainnya

Mahasiswa mendapatkan pelatihan dalam pembuatan konten kreatif, strategi SEO, serta manajemen iklan berbasis data.

Mahasiswa magang, Ihsan Febriawan, mengaku mendapat wawasan baru tentang bagaimana pengelolaan iklan menggunakan TikTok ads serta pengelolaan biaya iklan.

Baca Juga: Mengelola SDM di Pusat Kelistrikan Kediri: Pengalaman Magang Mahasiswa Manajemen SDM Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa di PT PLN UP3 Kediri

“Magang di sini selain mas-masnya asik, saya juga mendapat banyak pengetahuan baru dalam pemanfaatan TikTok ads,” ujar Ihsan.

Mahasiswa magang terjun langsung dalam pembuatan konten iklan salah satu produk yang dijual Tim ADSY, madu herbapil.

Pada kesempatan ini mahasiswa diberikan kesempatan untuk mengelola akun tiktoknya. Mahasiswa ini bertugas untuk melakukan promosi produk dengan memanfaatkan TikTok ads.

“Saya juga diajari memanfaatkan affiliate TikTok, jadi termotivasi untuk rajin bikin konten, lumayan bisa jadi tambahan uang jajan,” imbuhnya.

Selama periode magang tersebut, mahasiswa UST ini berhasil membuat konten yang telah dilihat lebih dari 50 ribu pengguna hingga penjualan melonjak, bahkan sudah bisa meraup omset hingga 40-50 juta untuk perusahaan.

Hal ini juga menjadikan mahasiswa ditawari untuk menjadi karyawan ADSY secara langsung oleh HR-nya, Mas Alim.

Baca Juga: Pengalaman Mahasiswa Magang di PT Pegadaian Area Yogyakarta

Selain itu, mahasiswa magang juga mengikuti budaya kerja di ADSY, yang mana di perusahaan ini menekankan pada karyawannya untuk selalu beribadah tepat waktu dan menutup pekerjaan sore dengan membaca al-matsurat bersama-sama.

Ini tentunya hal yang baik untuk membentuk karakter mahasiswa yang berakhlak mulia.

Pengalaman magang ini diharapkan dapat menjadi bekal berharga bagi mahasiswa dalam berkarir di industri kreatif di masa mendatang.

 

Penulis: Muhammad Ihsan Febriawan
Mahasiswa Prodi Manajemen, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Dosen Pengampu: Nurul Myristica Indraswari, S.M.B., M.Sc.

Editor: Siti Sajidah El-Zahra
Bahasa: Rahmat Al Kafi

 

Ikuti berita terbaru Media Mahasiswa Indonesia di Google News

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses