Inovasi adalah elemen krusial dalam mendorong pertumbuhan ekonomi dan meningkatkan daya saing daerah.
Perubahan dari ekonomi berbasis industri ke ekonomi berbasis pengetahuan menegaskan bahwa pengetahuan dan inovasi semakin menjadi faktor penentu dalam kemajuan ekonomi.
Inovasi Desa mahasiswa UIKA Bogor yang melakukan pengabdian di Desa KarihkilUIK Kecamatan Ciseeng Kabupaten Bogor yang berkolaborasi antar semua fakultas. Inovasi Desa ini mengembangkan inovasi desa berbasis potensi yang ada di Desa Karihkil.
Pengembangan inovasi desa tersebut diawasi oleh Dosen Pendamping Inovasi Desa Dr. Abdul Karim H., M.Sk , Movi Riana R., S.s., M.A. , dan Indah Sri R., S.Pd., M.Pd.
Dalam sambutan pelaksanaan kegiatan Bimbingan Teknis Inovasi Desa Karihkil tepatnya di RT 04 RW 03 (Jum’at, 18/8/2023), Ketua RT 04 RW 03, Abdul Ghofar, mengatakan bahwa inovasi desa yang dikembangkan dari potensi yang ada di Desa Karihkil sangat baik.
Potensi dimaksud salah satunya adalah jajanan yang masih jarang ditemui di Desa Karihkil. Makanan-makanan yang sedang trend belakangan ini masih sangat susah ditemui.
Saat hadir dalam acara pelaksanaan tersebut, Ketua RT 04 RW 03 Desa Karihkil, menyambut baik inovasi desa yang ditujukan untuk mengembangkan makanan-makanan tradisional yang dikembangkan lagi sehingga menjadi lebih modern di Desa Karihkil.
Ujung tombak pembuatan makanan-makanan tradisional tersebut adalah seluruh lapisan masyarakat di desa untuk mengembangkan inovasi desa yang bersumber dari makanan-makanan tradisional.
Kue pancong tradisional diperbaharui menjadi Kue Pancong Lumer (kebaruan/novelty) dalam tujuh aspek. Enam aspek terkait produk, yaitu:
- Jenis (kind), biasanya hanya menggunakan gula namun sekarang bisa mengunakan toping lain,
- Bentuk (form), biasanya berbentuk cetakan kue pancong dan lumer,
- Ukuran (size), biasanya per pcs kecil dibuat menjadi lumer mengikuti bentuk cetakan,
- Tampilan permukaan (texture), tampilan lumer diatas dan lembut didalam,
- Rasa (taste), rasa original dengan gula dikembangkan menjadi berbagai macam rasa seperi keju, coklat, tiramisu, oreo,
- Kemasan (package), diberi kemasan sterofoam dan plastik.
- Sedangkan satu aspek terkait nonproduk, yaitu mind set/culture set, yang berhubungan dengan perubahan pola pikir dan budaya masyarakat desa.
Pancong lumer yang dibuat untuk kebutuhan subsisten sehari-hari diproduksi sebagai usaha ekonomi produktif untuk meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan bagi masyarakat desa.
Penulis: Kelompok 31
Mahasiswa Universitas Ibn Khaldun Bogor
Editor: Salwa Alifah Yusrina
Bahasa: Rahmat Al Kafi