Dalam rangka Pengabdian Masyarakat, Mahasiswa UTM kelompok KKNT-45 yang didampingi oleh Dosen Pembimbing Lapangan yaitu Bapak Hisnuddin Lubis, S.Sos., M.A. melakukan Pendampingan Kegiatan Belajar Mengajar dengan menggunakan media pembelajaran Tiga Dimensi di kelas 3 UPT SDN 236 Gresik.
Penanggung jawab dari program kerja “Pendampingan Kegiatan Belajar Mengajar dengan menggunakan media pembelajaran Tiga Dimensi” yaitu Nala Izza Choironi mahasiswa semester 6 program studi ekonomi pembangunan.
Sasaran dari kegiatan mengajar ini yaitu siswa-siswi kelas 3 UPT SDN 236 Gresik yang berjumlah 27 anak dan dilaksanakan selama 3 kali pertemuan yaitu tanggal 27 Mei, 04 Mei, dan 11 Juni 2022 pada pukul 07.00-09.30 WIB.
Pada pertemuan pertama, kegiatan belajar mengajar dengan tema “Cuaca dan Pengaruh Perubahan Cuaca terhadap Kehidupan Manusia” serta “Mengenal Pecahan Sederhana” dengan menggunakan media pembelajaran tiga dimensi yaitu papan lingkar cuaca ajaib dan pohon pecahan.
Sedangkan pada pertemuan kedua, kegiatan belajar mengajar dengan tema “Energi dan Perubahannya” serta “Hak dan Kewajiban Anak” dengan menggunakan media pembelajaran visual 3D tancap kartu gambar.
Pada pertemuan ketiga, kegiatan belajar mengajar dengan tema “Praja Muda Karana” serta “Aku Suka Berpetualang” dengan menggunakan media pembelajaran mading 3D rambu-rambu lalu lintas. Di sela-sela proses belajar mengajar juga terdapat ice breaking guna meningkatkan semangat siswa dalam mengikuti pembelajaran agar tidak merasa bosan dan mengantuk.
Serta di akhir pembelajaran juga terdapat pembagian hadiah bagi siswa-siswi yang paling aktif saat pembelajaran. Sehingga metode yang digunakan dalam proses pembelajaran tematik yaitu menggunakan media pembelajaran tiga dimensi sebagai alat bantu dalam penyampaian materi.
Media pembelajaran tiga dimensi merupakan media yang tampilannya dapat diamati dari arah pandang mana saja dan mempunyai dimensi panjang, lebar, dan tinggi.
Baca Juga: Pengabdian Masyarakat: UTM Adakan Pelatihan Pentol Jamur Tiram
Media pembelajaran tiga dimensi yang digunakan dalam kegiatan mengajar dibuat sendiri dengan menggunakan beberapa alat dan bahan seperti kertas karton, gabus/ sterofoam, kertas buffalo, bulpoin, spidol, pensil warna, penggaris, paku tusuk sterofoam, gunting, tusuk kayu, lem, isolasi, serta print gambar, dan tulisan.
Tingkat pemahaman siswa pasca penggunaan media pembelajaran tiga dimensi dalam kegiatan pembelajaran tematik di kelas 3 UPT SDN 236 Gresik yaitu dari total keseluruhan siswa kelas 3 yang berjumlah 27 anak sangat aktif dan antusias dalam sesi tanya jawab.
Hal ini dikarenakan mereka lebih mudah memahami pelajaran dengan menggunakan bantuan penjelasan dari media pembelajaran tiga dimensi dibandingkan dengan penjelasan materi dengan metode ceramah.
Oleh karena itu, manfaat dari penggunaan media pembelajaran tiga dimensi dalam kegiatan pembelajaran tematik di kelas 3 UPT SDN 236 Gresik dapat mempermudah siswa dalam memahami pelajaran, membantu meningkatkan hasil belajar siswa, dapat memberikan pengalaman belajar kepada siswa serta meningkatkan motivasi dan semangat siswa dalam belajar.
“Dengan adanya model pembelajaran tersebut diharapkan para guru dapat memiliki kreatifitas untuk menciptakan inovasi model pembelajaran yang lebih menarik dan tidak terkesan monoton agar dapat memudahkan siswa dalam memahami materi pelajaran yang diberikan sehingga dapat meningkatkan mutu pembelajaran,” ungkap Nala selaku penanggung jawab kegiatan mengajar.
Baca Juga: Sistem Rekrutmen Guru Berbasis pada Kualitas
Pendampingan Kegiatan Belajar Mengajar dengan menggunakan media pembelajaran Tiga Dimensi di kelas 3 UPT SDN 236 Gresik sangat didukung dan diapresiasi oleh seluruh guru dan Kepala Sekolah UPT SDN 236 Gresik.
Penulis: Nala Izza Choironi
Program Studi Ekonomi Pembangunan, Universitas Trunojoyo Madura
Editor: Ika Ayuni Lestari