Abstrak
Minat belajar siswa dalam pembelajaran IPA di sekolah dasar seringkali menjadi tantangan bagi guru. Media pembelajaran yang menarik dapat menjadi solusi untuk meningkatkan keterlibatan siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi efektivitas penggunaan Canva sebagai media pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar IPA siswa sekolah dasar.
Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subjek siswa kelas V SDN 01 Kota Baru.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Canva dapat meningkatkan minat belajar dan pemahaman konsep IPA siswa secara signifikan.
Kata Kunci: pembelajaran IPA, media Canva, sekolah dasar, minat belajar
Pendahuluan
Pembelajaran IPA di tingkat sekolah dasar bertujuan untuk menanamkan pemahaman konsep dasar ilmu pengetahuan alam serta mengembangkan rasa ingin tahu siswa.
Namun, banyak siswa yang merasa pembelajaran IPA sulit dan kurang menarik. Penggunaan media pembelajaran inovatif, seperti Canva, dapat membantu guru menyampaikan materi secara visual dan interaktif sehingga lebih mudah dipahami oleh siswa.
Landasan Teori
Pembelajaran IPA di SD
Pembelajaran IPA dirancang untuk memberikan pengalaman langsung kepada siswa agar memahami konsep ilmiah. Pendekatan yang menarik diperlukan untuk memfasilitasi pembelajaran ini.
Media Pembelajaran Canva
Canva adalah platform desain grafis berbasis web yang memungkinkan pengguna membuat presentasi, poster, dan materi visual lainnya dengan mudah. Media ini dapat digunakan untuk menyusun materi pembelajaran yang menarik dan interaktif.
Metode Penelitian
Penelitian ini menggunakan metode PTK yang terdiri dari empat tahap: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 25 siswa kelas V SDN 01 Kota Baru. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan kuesioner minat belajar siswa.
Hasil dan Pembahasan
Desain Media Pembelajaran dengan Canva
Guru menggunakan Canva untuk membuat presentasi dan infografis tentang konsep-konsep IPA, seperti siklus air dan fotosintesis.
Desain yang menarik dan penggunaan warna serta animasi mempermudah siswa memahami materi.
Peningkatan Minat Belajar
Hasil observasi menunjukkan bahwa siswa lebih antusias mengikuti pembelajaran dengan media Canva. Berdasarkan kuesioner, 84% siswa menyatakan lebih termotivasi belajar IPA setelah menggunakan media ini.
Pemahaman Konsep
Peningkatan hasil belajar siswa juga terlihat dari nilai rata-rata tes pemahaman yang meningkat dari 70 pada siklus pertama menjadi 85 pada siklus kedua.
Kesimpulan
Penggunaan Canva sebagai media pembelajaran terbukti efektif meningkatkan minat dan pemahaman siswa dalam pembelajaran IPA di sekolah dasar. Guru disarankan untuk memanfaatkan teknologi ini dalam proses pembelajaran untuk menciptakan pengalaman belajar yang lebih menarik.
Saran
- Guru perlu mengikuti pelatihan untuk meningkatkan keterampilan menggunakan Canva.
- Penelitian lebih lanjut dapat dilakukan untuk mengukur efektivitas Canva dalam mata pelajaran lain.
Penulis: Jaziroh Fajarrini
Mahasiswa Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Ngudi Waluyo
Daftar Pustaka
Arsyad, A. (2019). Media Pembelajaran. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Sudjana, N. (2020). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Website Canva. (2024). www.canva.com
Editor: Siti Sajidah El-Zahra
Bahasa: Rahmat Al Kafi
Ikuti berita terbaru Media Mahasiswa Indonesia di Google News