Pembuatan Pojok Baca oleh Mahasiswa UNTAG Surabaya yang Tergabung dalam Program Kampus Mengajar 5

Pojok Baca
Dokumentasi Pojok Baca (Sumber: Dokumentasi Penulis)

Proses pembelajaran tidak luput dengan adanya aktivitas membaca. Pintu kesuksesan dapat kita raih melalui membaca, karena membaca merupakan sumber ilmu pengetahuan.

Membaca, sebuah aktivitas yang bertujuan untuk meguasai atau memahami makna tulisan. Salah satu bentuk keterampilan berbahasa ialah membaca. Selain itu membaca menjadi salah satu komponen atau potongan dari komunikasi tulisan.

Minat baca merupakan suatu keinginan yang dilakukan untuk memahami atau menguasai makna dan kata-kata yang ada dalam sebuah teks. Sehingga seorang pembaca dapat mengerti isi dari sebuah teks tersebut.

Bacaan Lainnya

Dengan adanya minat baca, seseorang dapat menemukan sebuah informasi atau makna yang terdapat dalam suatu bacaan.

Selain itu, membantu membangun pola komunikasi diri sendiri, dan mampu membantu meningkatkan jiwa intelektual dengan kesadaran dan kegembiraan yang akan terlihat pada diri sendiri. Kegiatan membaca merupakan sebuah kegiatan yang dideikasikan untuk diri sendiri.

Kegiatan membaca dipengaruhi oleh banyak faktor, misalnya faktor lingkungan, perkembangan teknologi, kurang adanya motivasi, dan sarana yang kurang memadai.

Pada UPT SD Negeri 197 Gresik ditemukan situasi dimana tingkat minat baca pada siswa-siswinya rendah. Hal ini dapat terjadi akibat rendahnya literasi di sekolah dan juga kurangnya sarana pendukung di sekolah atau kelas.

Adanya permasahalan tersebut Mahasiswa Kampus Mengajar 5 membuat program kerja berupa ‘Pembuatan Pojok Baca’.

Pojok baca merupakan kegiatan atau aktivitas yang memanfaatkan sudut ruang kelas untuk digunakan sebagai tempat menempatkan atau mengkoleksi buku dari para siswa-siswi disetiap kelas.

Pembuatan pojok baca bertujuan untuk mengenalkan kepada siswa beragam sumber bacaan untuk dimanfaatkan sebagai media, sumber belajar, serta memberikan pengalaman membaca yang menyenangkan (kemendikbud, 2016:13).

Selain itu pojok baca juga mampu merangsang siswa untuk lebih gemar membaca dan memiliki daya pikir yang baik, mendekatkan buku pada siswa sehingga siswa lebih tertarik untuk membaca.

Harapan kami pojok baca dapat digunakan sebagaimana fungsinya oleh siswa-siswi dan guru yang ada disana.

 

Penulis: Anggun Dea Pitaloka
Mahasiswi Administrasi Negara, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

 

Editor: Salwa Alifah Yusrina
Bahasa: Rahmat Al Kafi

Kirim Artikel

Pos terkait

Kirim Artikel Opini, Karya Ilmiah, Karya Sastra atau Rilis Berita ke Media Mahasiswa Indonesia
melalui WhatsApp (WA): 0811-2564-888
Ketentuan dan Kriteria Artikel, baca di SINI

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.