Peran Manusia Tidak Bisa Dikalahkan dengan Perkembangan AI

AI
Ilustrasi: istockphoto

Apakah yang dimaksud dengan perkembangan AI? Perkembangan AI adalah sebuah teknologi yang mampu melalukan pekerjaan yang hampir sama dengan manusia.

AI bertujuan untuk menciptakan teknologi yang bisa berpikir, belajar, berkomunikasi dengan manusia, dan melalukan kegiatan seperti manusia. AI merujuk pada kemajuan dan evolusi di bidang kecerdasan buatan (AI) yang bisa menggantikan tenaga manusia.

Robot digunakan melalukan tugas yang berulang dengan kecepatan yang lebih cepat daripada manusia. Contohnya, yaitu suatu perusahaan industri yang melalukan pekerjaan dengan mesin super cepat yang bertujuan agar barang yang diproduksi banyak.

Bacaan Lainnya
DONASI

Sedangkan, perusahaan yang menggunakan tenaga manusia itu memproduksi barang hanya sedikit yang membuat perusahaan menjadi tidak untung hanya mendapatkan kerugian.

Perkembangan AI terus memengaruhi berbagai aspek kehidupan yang membuat tenaga manusia tidak dibutuhkan lagi. Contohnya, yaitu di dalam perusahaan yang besar ada tenaga robot yang menggantikan tenaga manusia yang mengakibatkan manusia kehilangan pekerjaan.

Dengan adanya tenaga robot membuat manusia di Indonesia menjadi miskin yang mengakibatkan banyak orang yang menjadi pengganguran. Dengan perekonomian di Indonesia semakin hancur yang membuat masyarakat Indonesia semakin miskin.

Namun, apakah peran manusia juga bisa digantikan dengan teknologi? Tentu saja bisa karena robot bisa melalukan pekerjaan yang hampir sama dengan manusia.

Contohnya, yaitu tenaga robot bisa melalukan perkerjaan rumah tangga yang mengakibatkan masyarakat Indonesia dimudahkan dengan segala hal yang untuk melalukan beberapa sesuatu. Sehingga membuat Indonesia menjadi negara yang maju. Tetapi, tanpa manusia robot tidak bisa melalukan sesuatu atau tidak ada tidak ada bumi ini.

Namun, ada pekerjaan yang tidak bisa digantikan oleh manusia, yaitu kreaktivitas, kecerdasan, etika, dan hubungan antar manusia. Misalnya, pekerjaan yang membuat suatu produk yang lebih kreatif itu tenaga manusia tidak bisa digantikan oleh robot.

Peran manusia masih sangat penting karena manusia mempunyai kemampuan untuk beradaptasi dengan situasi yang berubah semakin canggih, tetapi robot tidak bisa mengikuti zaman yang semakin canggih. Robot hanya diciptakan oleh manusia dari kabel yang menjadi satu yang mudah rusak.

Selain itu, ada di bidang kepercayaan dan keamanan yang tidak bisa digantikan oleh manusia. Contohnya, yaitu di bidang kesehatan, meskipun ada teknologi yang canggih untuk melalukan operasi atau bedah seperti bedah robotik, tetapi ada orang yang bertanggung jawab di belakangnya yaitu dokter.

Namun, adanya bedah robotik dokter semakin mudah untuk melalukan operasi yang mengakibatkan ketika dokter melalukan operasi tidak membutuhkan perawat yang banyak.

Ada beberapa pernyataan tentang robot dan AI itu sama. Robot dan AI itu berbeda. Robot adalah suatu perangkat keras yang berfokus pada dunia fiksi yang terdiri dari peralatan mekanis dan elektronik yang melalukan instruksi terbatas sesuai programnya.

AI adalah suatu perangkat yang berfokus pada analisis informasi di sebuah komputer yang dirancang untuk memiliki otak sendiri. AI mencakup berbagai bidang, seperti di bidang pendidikan yang menciptakan aplikasi untuk memberikan jawaban atau soal ditanyakan yang bernama chat GPT.

Robot diciptakan berbagai bentuk seperti manusia, hewan, dan berbagai bentuk beraneka ragam yang sudah didesain oleh pembuatnya. Setiap bentuk robot pasti mempunyai manfaat yang berbeda. Apakah robot bisa bertahan di dalam air? Tentu bisa.

Ada yang menciptakan robot yang ada di bawah air yang bernama Remotely Operated Vehicle (ROV) yang berguna untuk melihat atau mencari barang ketika hilang di bawah air yang dikendalikan oleh Remote Control.

Contohnya, yaitu ketika pesawat jatuh di air maka robot tersebut akan digunakan untuk mencari barang yang hilang, tetapi masih ada manusia yang mencari barang yang hilang di bawah air bukan hanya robot tersebut. Robot hanya membantu mencari barang yang hilang agar lebih cepat.

Robot dengan manusia itu saling berdampingan yang mampu mitra masa depan. Dengan adanya robot pekerjaan kita semakin cepat dan efektif, kita harus memahami kelebihan dan kekurangan satu sama lain.

AI memiliki potensi yang tinggi untuk mendukung pekerjaan manusia yang mampu menganalisis data dengan cepat dan memberikan informasi secara detail untuk perusahaan mengambil keputusan. Dengan adanya AI perusahaan mudah untuk mengambil keputusan karena mempunyai data yang lengkap dan aman tidak ada yang hilang.

Robot memiliki kelebihan, dan juga memiliki kekurangan. Robot hanya terbuat dari kabel yang di satukan secara sensor dan digitar pasti banyak keliru yang diciptakan oleh manusia, yaitu membutuhkan biaya yang besar, banyaknya orang yang menjadi pengangguran yang membuat manusia menjadi malas, dan banyak tenaga manusia yang tidak digunakan. Oleh karena itu, kita tidak seharusnya mengandalkan robot walaupun robot menolong manusia.

Banyak masyarakat yang menyalahgunakan AI yang disebabkan oleh kurangnya kesadaran masyarakat pengguna AI dan kurangnya tanggung jawab AI terutama di bidang pendidikan. Penyalahgunaan AI di bidang pendidikan bisa berdampak negatif dari hasil pembelajaran.

Dampak negatifnya, yaitu banyak penyebaran informasi yang palsu (hoaks), masalah privasi semakin luas, dan ketergantungan pada teknologi. Zaman anak muda sekarang tidak bisa hidup tanpa handphone, bangun tidur pun harus buka handphone. Bahkan, ke kamar mandi pun harus membawa handphone.

Adapun solusi agar peran manusia digantikan dengan robot, yaitu meningkatkan kreativitas individu, meningkatkan kemampuan dengan mengikuti zaman yang modern, dan mengembangkan keterampilan dengan menggunakan teknologi agar kita tidak digantikan oleh robot.

Seseorang yang mengikuti siring zaman yang berlaku itu mempermudahkan kita agar mendapatkan pekerjaan atau tidak dikeluarkan dari pekerjaan.

Contohnya, Andi adalah seorang pekerja di perusahaan yang besar yang pintar dalam mengelola atau menggunakan teknologi itu menyebabkan perusahaan berpikir kalau perusahaan itu mengeluarkan Andi pasti pasti perusahaan akan mendapatkan kerugian yang besar.

Keterampilan teknologi sangat penting untuk dipelajari. Sedangkan bagi masyarakat Indonesia itu tidak beranggap penting untuk mempelajari keterampilan teknologi. Dengan mempelajari keterampilan teknologi itu membuat negara kita menjadi negara yang maju bagi dunia.

Apalagi ada seseorang yang mampu membuat sesuatu yang robot dari teknologi  yang sudah terkenal di dunia, pasti negara lain menganggap bangsa Indonesia bangsa yang hebat.

Jadi kesimpulannya, yaitu sangat penting kita mempelajari ilmu tentang teknologi karena mempelajari ilmu tentang teknologi sangat menguntungkan.

Membuat kita mudah untuk melalukan pekerjaan dan di dalam bidang pendidikan sangat membantu untuk mencari informasi lebih cepat dan efektif. Ketika seseorang tidak mempelajari ilmu teknologi itu mengakibatkan tenaga manusia digantikan oleh robot.

Oleh karena itu, kita harus mengikuti teknologi yang canggih agar kita tidak ditindas oleh robot yang mengakibatkan banyak manusia yang menjadi pengganguran. Tetapi, ada pekerjaan yang tidak bisa digantikan oleh robot.

Robot juga memiliki dampak positif, yaitu membuat perusahaan di Indonesia semakin maju dan tidak bangkrut, kita dipandang negara lain adalah negara yang maju paham dengan teknologi. Walaupun ada tenaga robot, kita tidak boleh mengandalkan robot saja, kita tetap harus berusaha dulu tidak boleh dikalahkan oleh tenaga robot.

Penulis: Silvia Rezi Maryani (2317020016)
Mahasiswa Sistem Informasi Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang

Editor: Ika Ayuni Lestari

Bahasa: Rahmat Al Kafi

Ikuti berita terbaru Media Mahasiswa Indonesia di Google News

Kirim Artikel

Pos terkait

Kirim Artikel Opini, Karya Ilmiah, Karya Sastra atau Rilis Berita ke Media Mahasiswa Indonesia
melalui WhatsApp (WA): 0822-1088-8201
Ketentuan dan Kriteria Artikel, baca di SINI