Tim PKM-PM Melaksanakan Pembuatan Dongeng Kolaboratif Bersama Guru dan Peserta Didik SLB BC Dharma Anak Bangsa

Kegiatan pembuatan dongeng kolaboratif merupakan salah satu program kerja tim PKM-PM UMS yang berkolaborasi dengan guru dan peserta didik SLB BC Dharma Anak Bangsa. Kegiatan ini dilaksanakan pada Kamis (28/07/2022).

Kegiatan pembuatan dongeng kolaboratif diikuti oleh 29 peserta didik tingkat SMP dan SMA. Penyusunan naskah dongeng dikembangkan berdasarkan hasil wawancara dan diskusi dengan guru SLB BC Dharma Anak Bangsa terkait kearifan lokal masyarakat setempat.

Naskah dongeng dikembangkan dengan menyisipkan materi kebencanaan. Fokus tujuan dari pembuatan dongeng ini agar mampu meningkatkan literasi bencana peserta didik melalui dongeng bencana berbasis kearifan lokal.

Bacaan Lainnya
DONASI

Baca Juga: Program Kampus Mengajar Gerakan Literasi Sekolah sebagai Upaya Peningkatan Minat Baca dan Pembiasaan Belajar Peserta Didik di Sekolah Sasaran

Dalam kegiatan ini, peserta didik dibagi dalam empat kelompok yang masing-masing kelompok terdiri dari enam sampai delapan peserta didik. Masing-masing kelompok diberi naskah dongeng berbeda-beda judul yang telah disusun oleh Tim PKM-PM.

Media belajar.

Peserta didik diberikan kesempatan untuk memilih nama tokoh dengan menggunakan media karton dan pita. Nama tokoh dipilih berdasarkan hasil voting terbanyak. Setelah seluruh dongeng mendapatkan nama tokoh, selanjutnya peserta didik melengkapi nama tokoh ke dalam naskah dongeng yang telah dibagikan pada masing-masing kelompok.

Baca Juga: Gaya Belajar pada Peserta Didik Sekolah Dasar untuk Menerapkan Pembelajaran yang Efektif

Peserta didik SLB BC Dharma Anak Bangsa.

Kegiatan selanjutnya, TIM PKM-PM mendongengkan dongeng kepada peserta didik dan di akhir kegiatan TIM PKM-PM berkoordinasi dengan guru untuk memberikan pendampingan intensif untuk mempersiakan kegiatan perlombaan dongeng antar kelompok lainnya. Di mana kegiatan tersebut merupakan akhir dari program kerja Tim PKM-PM.

Penulis: PKM-PM UMS
Mahasiswa Program Studi Pendidikan Geografi dan PGPAUD Universitas Muhammadiyah Surakarta

Editor: Ika Ayuni Lestari

Bahasa: Rahmat Al Kafi

Kirim Artikel

Pos terkait

Kirim Artikel Opini, Karya Ilmiah, Karya Sastra atau Rilis Berita ke Media Mahasiswa Indonesia
melalui WhatsApp (WA): 0822-1088-8201
Ketentuan dan Kriteria Artikel, baca di SINI