Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Udayana telah melaksanakan pemasangan banner di gerbang Air Terjun Goa Raja pada Kamis, 15 Desember 2022 di Desa Jehem Tembuku, Bangli pukul 11.00 WITA.
Pemasangan banner ini sudah dilengkapi dengan barcode yang bila di scan pengunjung akan diarahkan ke booklet yang sudah dilengkapi dua bahasa (bahasa inggris dan bahasa Indonesia) dan menyangkut informasi tentang UMKM dan pariwisata yang ada di Desa Jehem. Upaya ini bertujuan untuk meningkatkan social branding Desa Jehem sebagai desa wisata.
Social branding adalah suatu upaya untuk mempromosikan suatu objek kepada masyarakat luas dan membentuk persepsi seseorang dengan suatu objek.
Selain membuat banner dan booklet mengenai desa, mahasiswa juga membentuk channel di Youtube (Let’s Get Lost In Jehem) dan akun di Instagram (@lostin_jehem) guna menambah upaya social branding terhadap pariwisata desa.
Alasan dari pembuatan channel di Instagram dan Youtube adalah supaya masyarakat bisa dengan mudah mengakses informasi tentang Desa Jehem dengan mudah. Jika informasi tentang UMKM dan pariwisata mudah diakses maka semakin banyak masyarakat yang melihat informasi dan membaca booklet sehingga semakin banyak pula masyarakat yang mengetahui keberadaan UMKM dan tempat pariwisata di Desa Jehem.
Diharapkan dengan adanya pemasangan banner dan akun media social ini Desa Jehem bisa menjadi desa yang banyak diminati masyarakat sebagai desa wisata dan dikenal masyarakat sebagai desa yang kreatif.
Laporan oleh:
Tim KKN-T Ilmu Komunikasi Ines Rengganis & Fira zafira
Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Udayana