Penggunaan Sosial Media yang Mempengaruhi Para Remaja dan Perkembangan Bisnis

Sosial Media
Sumber: media.istockphoto.com

Teknologi di zaman sekarang semakin maju, dengan adanya internet bisa memudahkan kehidupan sehari – hari, kegiatan sosial, pendidikan, bisnis dan lainnya Perkembangan teknologi di zaman sekarang termasuk media baru, seperti internet, handphone, sosial media, dan sebagainya. Media sosial merupakan sebuah media online yang dapat mudah diakses.

Tidak hanya untuk mendapatkan informasi, tetapi bisa dapat memudahkan untuk berpasitipasi dan berbagi info baru karena bisa di akses kapan saja dan tidak ada batasan ruang dan waktu. Saat ini, teknologi dan mobile phone bertumbuh dengan pesat.

Dan banyak remaja yang sudah mulai bergantung pada mobile phone dan sosial media nya selama 24 jam di manapun berada. Macam- macam media sosial yang banyak di akses oleh para remaja di antaranya ada Instagram,Facebook,Twitter,Youtube,Whatsaap,Line,Tiktok, dan banyak lainnya.

Media Sosial Menurut Ahli

Menurut B.K. Lewis (2010)

Media sosial adalah suatu label yang merujuk pada teknologi digital yang membuat semua orang untuk saling terhubung dan melakukan interaksi, produksi dan berbagi pesan.

Bacaan Lainnya

Menurut Chris Brogan (2010)

media sosial adalah suatu perangkat alat komunikasi yang memuat berbagai kemungkinan untuk terciptanya bentuk interaksi gaya baru.

Menurut Dave Kerpen (2011)

Media sosial memiliki definisi sebagai suatu tempat kumpulan gambar, video, tulisan hingga hubungan interaksi dalam jaringan, baik antar individu atau antar kelompok seperti organisasi.

Definisi Sosial Media

Media sosial mengajak siapa saja yang tertarik untuk berpartisipasi dengan cara memberi informasi secara terbuka. media sosial memberikan pengaruh yang besar bagi masyarakat penggunanya. Khususnya di kalangan para remaja, di zaman sekarang hampir 100% remaja yang sudah menggunakan media sosial.

Biasanya media sosial bagi remaja digunakan untuk memposting foto, kenangan, kisah pribadi, cerita dan banyak lainnya. Tetapi dengan adanya itu, banyak sosial media yang membuat memalsukan dirinya atau memalsukan identitas. Pengguna sosial media seharusnya untuk yang sudah mencakup umur, sudah mengerti etika menggunakan sosial media dengan baik.

Pengaruh Sosial Media Terhadap Remaja

Dengan adanya penggunaan sosial media memberi pengaruh untuk para remaja. Karena sosial media sudah menjadi candu yang membuat penggunaannya tidak bisa lepas dari sosial media setiap harinya. Pengaruh media sosial berdampak terhadap perilaku remaja yang belum mampu menguasai diri dan belum mengerti penggunaan sosial media yang benar dan baik.

Remaja yang tanpa dibatasi dan pengawasan dapat menyebabkan tindakan yang negatif seperti cyber bullying terhadap orang lain yang dilakukan dengan cara Menghujat,menyindir,menghina dan lain sebagainya. Sosial media sangat berdampak untuk kesehatan mental dan fisik para remaja.

Salah satunya pengaruh sosial media dapat meningkatkan stress, pola hidup yang tidak sehat dan baik, berubahnya pola tidur karena dengan adanya yang dinamanakan “Kecanduan Sosial Media” dapat merubah diri sehingga lupa dengan waktu dan keadaan dan tidak bisa lepas dari handphone. Oleh karena itu, para remaja dan pengguna internet sosial media harus bisa memanajemen waktu dan memberi batasan dalam penggunaan handphone,internet, dan sosial media pada setiap harinya.

Banyak yang menggunakan sosial media yang berdampak melakukan tindakan cyber bullying dengan cara mengkritik,menghina. Perilaku bullying merupakan tindakan yang negatif dan banyak terjadi di kalangan remaja. Perilaku bullying dapat menimbulkan terganggunya psikologis, dapat mempengaruhi otak,fisik,dan mental.

Banyak remaja yang mengalami kecanduan sosial media atau kecanduan game karena tidak bisa memanajemen waktu dan memberi batasan terhadap bermain sosial media. Bullying bisa terjadi kapan saja dan tidak hanya melalui secara langsung, tetapi, banyak yang melakukan bullying pada internet dan lebih banyak kasus bullying yang melalui mobile phone atau sosial media dengan menghujat orang-orang dan mencaci maki dengan cara komentar atau posting foto dan video.

media phone dapat mempengaruhi fisik yang tidak sehat dan menjadi gampang sakit, dan berdampak kepada mata karena terkena paparan layar dari handphone. Maka dengan itu kita harus mengerti bagaimana cara etika ber internet dengan baik, karena di zaman sekarang, semakin banyak yang menggunakan sosial media, semakin banyak yang tidak beraturan dengan menggunakan sosial media dan mobile phone.

Sosial media sangat berdampak pada kesehatan psikologis, fisik, mental. Menurut penelitian, pnegguna sosial media dapat meningkatkan resiko gangguan mental psikologis, fisik pada remaja di usia 18-25 tahun. Pada tahun 2018 beberapa media yang banyak digunakan para remaja di antara lainnya 85% menggunakan youtube, 72% menggunakan instagram, dan 69% memakai snapchat.

Dengan adanya penggunaan sosial media, para remaja tidak mengenal waktu dalam penggunaannya dan menjadi kecanduan sosial media karena menggunakan media sosial lebih dari 3 jam per hari. Sisi positif dari media sosial adalah Dapat memberi pengaruh dalam bisnis online shop dengan cara komunikasi bisnis.

Media tidak hanya untuk berkomunikasi, tetapi menjadi media komunikasi pemasaran,Sosial Media apa saja yang bisa berbelanja melalui online? Ada Shopee, Instagram, Twitter, Facebook, Youtube, dan banyak lainnya.

Maka dengan itu sosial media memiliki dampak positif dan negatif bagi pengguna nya dengan membuka bisnis online shop dan menjual dagangannya melalui online, yang sangat bedampak karena memudahkan masyarakat untuk berbelanja melalui online dan memberikan efek memenghemat waktu.

Beberapa platform marketplace atau online shop yaitu ada Shopee, Tokopedia, Bukalapak, Tiktokshop, Lazada dan banyak lainnya. Tetapi, dengan adanya bisnis online shop dapat mempengaruhi pasar modal yang menurun. Seperti, toko-toko offline store yang tidak laku dan tidak ramai lagi karena kebanyakan orang yang sudah berbelanja melalui online shop dan dengan harga yang lebih murah dan terjangkau.

Dengan adanya online shop, memiliki sisi negatif karena kita tidak bisa melihat detail barangnya secara langsung dan banyak kasus penipuan dalam berdagang. Banyak mitra UKM yang bekerjasama dengan mitra lain karena melalui komunikasi pemasaran, mereka bisa mendapatkan hasil yang baik dan menaik drastis. dengan cara iklan, endorse artis, atau melakukan penjualan melalui live dengan harga yang murah dan mendapatkan discount dan lainnya.

Penulis: Syaadya Ainaya Amiraz
Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Pembangunan Jaya

Editor: Ika Ayuni Lestari

Bahasa: Rahmat Al Kafi

Ikuti berita terbaru di Google News

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses