Magang atau praktik kerja merupakan aktivitas atau kegiatan pembelajaran yang memberikan wawasan dan pengalaman praktis kepada mahasiswa kependidikan dan non kependidikan mengenai riil di lembaga pendidikan dan industri sehingga mahasiswa memiliki kompetensi yang memadai dalam melaksanakan tugas sesuai dengan bidang keahliannya.
Program magang merupakan salah satu kuliah wajib bagi mahasiswa semester akhir yang dilakukan oleh mahasiswa Program Studi Ekonomi Universitas Amikom Yogyakarta.
Kegiatan magang dapat memberikan pengalaman dan pembelajaran dalam dunia kerja yang luar biasa sehingga pada saat lulus kuliah di harapkan mahasiswa bisa memperaktikkan teori yang telah didapat kan ke dalam dunia kerja. Saya selaku mahasiswa peserta magang melaksanakan program magang di PT. Pegadaian Area Yogyakarta.
Pegadaian ( Persero ) merupakan suatu bentuk usaha milik negara ( BUMN ) atau Lembaga pemerintahan yang bergerak di bidang jasa keuangan atau jasa penyaluran uang pinjaman kepada masyarakat atas dasar hukum gadai dengan barang jaminan.
Pelaksanaan magang mahasiswa dilakukan selama 1 bulan 16 hari atau sama dengan 6 minggu yaitu mulai dari 1 oktober sampai dengan 16 september 2024.
Mahasiswa magang di PT. Pegadaian Area Yogyakarta bekerja dari jam 07:30-16.00 WIB pada hari senin – jumat, 07:00-13:00 WIB pada hari sabtu, di hari senin dan jumat selalu melakukan briefing pagi kepada seluruh karyawan PT. Pegadaian Area Yogyakarta.
Mahasiswa di tempatkan di bagian Asisten Marketing, pada saat magang mahasiswa juga harus mengisi presensi dengan daftar hadir serta logbook untuk mengisi kegiatan setiap hari magang.
Mahasiswa magang juga membuat laporan kegiatan magang yang berisi mengenai permasalahan yang didapatkan saat melaksanakan magang di PT. Pegadaian Area Yogyakarta.
Baca Juga: Pengalaman Magang Kampus Mengajar: Meningkatkan Kemampuan Public Speaking di Depan Kelas
Hasil dari laporan magang nantinya akan dipresentasikan sebagai ujian seminar hasil magang program studi ekonomi universitas amikom Yogyakarta. Kegiatan yang dilakukan mahasiswa selama magang di PT. Pegadaian Area Yogyakarta yaitu:
- Memonitoring dan mengevaluasi serta menginput data alat kerja di kantor UPC Pegadaian Yogyakarta
- Membatu mengupload konten dan iklan produk PT. Pegadaian Area Yogyakarta di sosial media milik pribadi
- Mengikuti google meet para panitia dalam penyelenggaraan kegiatan seminar arum hajji dan mengikuti kegiatan seminar arum hajji di hotel & convention Sahid Raya Yogyakarta
- Mengikuti mini gathering agen gadai di kantor pegadaian cabang sleman
- Menginput data seluruh karyawan PT. Pegadaian yang ada di Yogyakarta
- Menginput data closingan emas seluruh karyawan pegadaian area Yogyakarta
- Menginput data Agen Pegadaian Area Yogyakarta.
Kegiatan seminar haji salah satu kegiatan yang diselenggarakan oleh PT. Pegadaian Area Yogyakarta yang diselenggarakan pada hari sabtu, 19 oktober 2024 dalam memperkenalkan produk haji. Dan Untuk kegiatan magang yang saya lakukan di PT. Pegadaian Area Yogyakarta dilakukan dengan berjalan lancar. Adapun beberapa tips dari saya yang harus dilakukan yaitu:
- Bersikap sopan dan ramah terhadap rekan magang dan karyawan serta atasan yang ada
- Jangan malu untuk bertanya kepada pembimbing atau pegawai saat mengalami kesulitan atau belum memahami tugas yang diberikan
- Teliti pada setiap pekerjaan agar menghindari kesalahan, misalnya dalam menginput data karyawan PT. Pegadaian seluruh kota Yogyakarta.
- Menjalankan magang dengan sungguh-sungguh dan dilakukan dengan serius.
Teman magang, pembimbing dan karyawan serta atasan di PT. Pegadaian Area Yogyakarta sangat ramah, baik, dan selalu membimbing mahasiswa magang sehingga memberikan suasana yang akrab dan menyenangkan setiap harinya
Setelah pelaksanaan program magang, banyak ilmu yang didapatkan seperti wawasan mengenai produk-produk yang ada PT. Pegadaian Area Yogyakarta, mengetahui bagaimana dalam berinteraksi langsung kepada nasabah sehingga nasabah tertarik bertransaksi kepada PT. Pegadaian Area Yogyakarta dan juga mahasiswa mendapatkan pengalaman baru terkait dunia kerja yang sangat membutuhkan softskill dan hardskill sehingga ilmunya dapat digunakan di masa depan.
Penulis: Elisabeth Kristia Ningsih
Mahasiswa Prodi S1 Ekonomi Universitas Akademi Manajemen Informatika dan Komputer Yogyakarta
Editor: Ika Ayuni Lestari
Bahasa: Rahmat Al Kafi
Ikuti berita terbaru di Google News