Kementrian Praiwisata dan Industri Kreatif Rebuplik Indonesia merupakan Lembaga pemerintah yang bertugas menangani permasalahan pariwisata dan ekonomi kreatif.
Ekonomi kreatif merupakan sebuah proses ekonomi dengan menggabungkan kreativitas, keahlian, dan pengetahuan. Sebagai program pemerintah Ekonomi kreatif dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi secara berkelanjutan untuk menuju Indonesia Emas 2045.
Pemerintah mendukung upaya ini melalui beberapa kebijakan dan program yang dapat dilaksanakan oleh para pelaku usaha. Kebijakan mengenai ekonomi kreatif diatur dalam Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2019.
Program dari pemerintah untuk mengembangkan ekonomi kreatif diantaranya. Pertama, program bantuan insentif dan infrastruktur pemerintah yang diberikan kepada pelaku usaha. Kedua, pemerintah mengadakan program pendidikan dan pelatihan ekonomi kreatif. Di tahun ini, pemerintah mengadakan program yang berpotensi meningkatkan perekonomian di Indonesia.
Pada tahun 2024, pemerintah Indonesia terus mengembangkan program-program ekonomi kreatif untuk meningkatkan perekonomian yang berkelanjutan. Program yang dijalankan ini berharap bisa meningkatkan perekonomian dan daya saing global.
Ekonomi kreatif terdiri dari berbagai sektor yang bisa membuat perekonomian Indonesia maju, seperti seni, budaya, kuliner, fesyen, film, musik, dan aplikasi digital. Beberapa program yang dilakukan pemerintah untuk mengembangkan ekonomi kreatif di tahun 2024.
Baca Juga: Mendukung UKM untuk Ekonomi yang Lebih Baik
Pertama, Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) program dari Kemenparekraf untuk mendorong penguatan pelaku ekonomi kreatif nasional. AKI merupakan program tahunan yang bertujuan sebagai wadah bagi pelaku usaha untuk memasuki ekosistem dan membangun jejaring.
Pada tahun ini program AKI melibatkan tujuh subsektor ekonomi kreatif yaitu kuliner, kriya, fesyen, aplikasi, musik, film serta game. Tidak kalah menariknya pemerintah juga mengadakan program pameran PRO AVL Indonesia 2024.
Kedua, Pameran PRO AVL Indonesia 2024 yaitu pameran teknologi terbaru di industri audio, visual, LED, lighting dan musik. PRO AVL 2024 resmi dibuka pada tanggal 29-31 Oktober 2024. Pameran berlangsung di Hall D2 JIEXPO Kemayoran, Jakarta.
Pameran tahun ini mempertemukan para profesional dari industri audio, visual, lighting dan musik dalam satu ajang besar. Pada waktu pameran para profesional, produsen, distributor, dan pelaku industri menampilkan teknologi serta produk yang mereka ciptakan. Pameran ini merupakan upaya pemerintah untuk meningkatkan ekonomi kreatif di berbagai sektor yang ada di Indonesia.
Ekonomi kreatif di Indonesia mencakup beberapa bidang yang meliputi sektor industri yang ada di Indonesia. Jenis jenis ekonomi kreatif di Indonesia dibagi menjadi 14 sektor industri. Sektor-sektor tersebut jika dikelola dan dikembangkan dengan baik maka akan mendorong pertumbuhan ekonomi.
Ekonomi kreatif dan industri kreatif memiliki sektor yang saling berhubungan dan dapat bekerja sama untuk menciptakan nilai ekonomi, inovasi, dan kreativitas dalam pelaku usaha. Sebagai penompang perekonomian negara Industri kreatif perlu terus di kembangkan.
Industri kreatif secara umum diartikan sebagai proses penciptaan, kreativitas, ide, dan gagasan dari seseorang atau kelompok yang menghasilkan sebuah karya atau produk. Kreativitas yang dihasilkan dari industri kreatif diharapkan dapat membantu pertumbuhan ekonomi dan memberikan lapangan pekerjaan bagi masyarakat yang membutuhkan.
Oleh dari itu, industri kreatif merupakan bidang penting yang harus dikembangkan seiring berjalannya waktu dan dibangun secara bersama-sama. Industri kreatif menghasilkan beberapa karya yang bisa membantu pertumbuhan ekonomi kreatif.
Sebagai salah satu penompang perekonomian negara industri kreatif memiliki banyak contoh karya kreativitas dan inovasi. Pertama, karya produksi kain batik yang membutuhkan proses panjang dan kreativitas. Kedua, Proses pembuatan karya film dan percetakan buku yang merupakan buah dari kreativitas dalam setiap proses. Pagelaran wayang atau sendratari contoh karya industri kreatif yang kental dengan budaya Indonesia. Terakhir karya industri kreatif, peragaan busana dan konten kreator. Itu beberapa contoh karya dari industri kreatif. Industri kreatif juga memiliki segudang manfaat untuk masyarakat dan negara.
Manfaat utama industri kreatif adalah menumbuhkan kreativitas dan inovasi bagi setiap pelaku bisnis. Industri ini membuka peluang kerja dari berbagai kalangan sehingga bisa mengurangi angka pengangguran. Kreativitas dan inovasi pelaku usaha industri kreatif dapat memperkuat identitas budaya suatu bangsa.
Selain itu, industri kreatif mendorong pengembangan keterampilan dan kemampuan berpikir kritis, karena pelaku usaha harus bisa beradaptasi dengan perubahan trend serta teknologi.
Industri bahkan sering berkontribusi dalam pengembangan pariwisata, karena produk-produk kreatif yang menarik minat wisatawan. Oleh karena itu, penting untuk mengeksplorasi ide dan kreativitas dari setiap pelaku usaha. Guna mendukung produksi industri kreatif, diperlukan sumber daya manusia dengan ide-ide yang kreatif. Sebagai individu yang dinamis, sumber daya manusia dituntut untuk bereksperimen dengan ide tanpa batas.
Pasalnya industri kreatif akan terus berkembang mengikuti zaman dan harus didukung oleh hadirnya sumber daya manusia yang memiliki ide-ide kreatif. Karena pentingnya keberadaan industri untuk ekonomi kreatif sektor ini tidak bisa tergantung sepenuhnya pada sumber daya alam dan harus fokus pada pengembangan kreativitas.
Mengingat sumber daya alam yang sifatnya terbatas, Indonesia harus mengambil langkah yang tepat dalam mengelola sektor alam untuk mengembangkan ekonomi kreatif. Dengan bantuan sumber daya manusia yang berbakat, sumber daya alam yang sterbatas dapat diolah secara optimal tanpa mengurangi kelestariannya.
Indonesia memiliki banyak sumber daya manusia khususnya dalam usia kerja produktif yang mampu mengelola sumber daya alam dengan ide-ide kreatif. Dalam sebuah ekonomi kreatif tidak akan terlepas dari industri kreatif yang mengelola sektor baik alam maupun non-alam.
Kerja sama antara sektor industry kreatif memiliki peran penting dalam mendorong pertumbuhan ekonomi kreatif di Indonesia. Kolaborasi kreatif ini menciptakan peluang baru bagi berbagai sektor seperti desain, seni, kuliner, musik, film, hingga teknologi digital.
Sektor ekonomi kreatif tersebut mampu meningkatkan nilai tambah produk serta minat pasar dalam dan luar negeri. Pertumbuhan sektor ekonomi kreatif yang semakin pesat, diharapkan kerja sama yang sinergis mampu memperkuat ekonomi nasional serta dapat mengurangi ketergantungan terhadap sumber daya alam.
Penulis: Tri Lestari
Mahasiswa Jurusan Ekonomi Pembangunan, Universitas Tidar
Editor: I. Khairunnisa
Bahasa: Rahmat Al Kafi
Ikuti berita terbaru Media Mahasiswa Indonesia di Google News